Inilah Doa Nabi Yusuf Yang Bisa Anda Amalkan Setiap Hari

Islam104 Dilihat

Doa Nabi Yusuf Yang Diamalkan Setiap Hari – Doa Nabi Yusuf yang ditujukan kepada Allah Swt. Ini mengajarkan untuk selalu bersyukur atas rahmat dan karunia yang Allah Swt. berikan, sehingga bisa menjalani kehidupan ini menjadi lebih bermanfaat.

Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan sosok Nabi Yusuf as. Perjalanan hidupnya memberikan banyak pelajaran bagi umat manusia agar senantiasa taat kepada Allah Swt. Apakah  Anda sedang mencari doa Nabi Yusuf as? Temukan penjelasannya dalam artikel berikut ini.

Doa Nabi Yusuf

Mengenal Nabi Yusuf as

Sebelum membahas lebih jauh, sebaiknya Anda ketahui dulu latar belakang dari Nabi Yusuf as. Nabi Yusuf as merupakan nabi Allah Swt. yang berasal dari Bani Israel. Putra dari Nabi Ya’qub dan Ribka ini memiliki 11 saudara dan dikenal sebagai sosok yang cerdas, jujur, serta dikaruniai wajah yang sangat tampan hingga membuat banyak orang terpesona.

Dalam perjalanan hidupnya, ada banyak sekali ujian yang dialami oleh Nabi Yusuf as, mulai dari dibuang ke sumur oleh saudaranya, difitnah hingga masuk penjara, dan masih banyak lagi. Meskipun begitu, Nabi Yusuf as tetap menjadi sosok yang sabar, tabah, memiliki keteguhan, dan kekuatan iman yang tinggi.

Keutamaan dan Manfaat Membaca Surat Yusuf

Kisah hidup Nabi Yusuf as yang penuh dengan pembelajaran ini tertulis di dalam Al-Qur’an yakni surat Yusuf. Surat Yusuf termasuk dalam golongan surat makkiyah yang terdiri dari 111 ayat.

Baca Juga:  Doa Untuk Kedua Orang Tua Dalam Al Quran Dan Hadist Shahih

Surat ke-12 dari Al-Qur’an ini menceritakan perjalanan hidup Nabi Yusuf as dalam menjalankan amanah sebagai utusan Allah Swt. Banyak sekali pelajaran yang bisa diteladani, terutama sifat-sifat yang dimiliki oleh Nabi Yusuf as.

Selain cerita perjalanan hidup Nabi Yusuf as, membaca surat Yusuf juga memberikan beberapa keutamaan dan manfaat yang bisa Anda dapatkan, termasuk manfaat surat yusuf untuk pengasihan, beberapa keutamaan tersebut diantaranya adalah,

  1. Orang yang membaca surat Yusuf setiap hari akan diberikan kemuliaan dan rezeki yang luas oleh Allah Swt. Selain itu, pada hari kiamat nanti akan dibangkitkan dengan wajah yang indah berseri, serta akan dicatat sebagai hamba yang sholeh.
  2. Membaca surat Yusuf setelah sholat subuh dan sholat maghrib membuat Anda memiliki daya kharisma.
  3. Keutamaan membaca surat Yusuf ayat 68, Allah Swt akan menjadikan anak Anda sebagai anak yang sholeh.
  4. Surat yusuf ayat 4 juga memiliki beberapa keutamaan jika Anda rajin membacanya, seperti sebagai salah satu ikhtiar untuk mendapatkan jodoh, menumbuhkan rasa cinta kepada pasangan jika Anda membacanya setiap mendirikan sholat, menumbuhkan hubungan yang harmonis, serta membuat wajah Anda berseri dan disenangi oleh banyak orang jika membacanya setiap selesai sholat.
  5. Surat yusuf untuk memikat wanita juga bisa Anda dapatkan, yakni surat Yusuf ayat 31. Pada ayat 31 ini menceritakan betapa ketampanan Nabi Yusuf as memikat wanita-wanita yang diundang Zulaikha, hingga saking takjubnya wanita-wanita tersebut tidak sadar kalau jarinya terpotong pisau.

Asihan Nabi Yusuf as memang sudah cukup terkenal di kalangan banyak orang, maka dari itu tidak heran banyak orang yang berusaha mengamalkannya setiap hari dan menyebut surat Yusuf sebagai doa yang mustajab terutama untuk urusan mendapatkan jodoh.

Baca Juga:  Mengetahui Penjelasan Tahajud Jam 4 Pagi Bolehkah?

Doa Nabi Yusuf

Doa Nabi Yusuf as

Seperti yang Anda ketahui, Nabi Yusuf as memiliki ilmu pengetahuan yang luar biasa dan terkenal dengan parasnya yang sangat tampan. Kedua hal inilah yang membuat banyak orang mencari doa yang dipanjatkan Nabi Yusuf as.

Doa Nabi Yusuf falamma atau yang ada pada surat Yusuf ayat 31 sering diamalkan oleh laki-laki untuk memikat hati wanita. Potongan ayat tersebut biasanya dibacakan setiap selesai sholat sunah dan sholat wajib.

Surat yusuf pengasihan tersebut dibaca 313 kali setelah selesai sholat hajat dan dibaca 100 kali setelah sholat subuh selama 7 hari berturut-turut. Jika Anda sudah melaksanakannya selama 7 hari, Anda bisa membacakan surat Yusuf ayat 31 ini sebanyak 7 kali setelah sholat wajib.

Selain surat Yusuf ayat 31 yang banyak diamalkan oleh orang-orang, ada juga ayat lain yang sering diamalkan, yakni surat Yusuf ayat 4. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya beberapa fadilah surat yusuf ayat 4 bisa Anda dapatkan jika rajin mengamalkannya.

Berikut ini beberapa doa yang bisa Anda amalkan sehari-hari dengan meneladani sifat dan perilaku Nabi Yusuf as yang terpuji, dintaranya adalah,

Doa agar memiliki akhlak yang mulia

Akhlak mulia Nabi Yusuf as memang sangatlah pantas untuk diteladani, mulai dari teguh, tabah, dan tawakal kepada Allah Swt. Doa yang bisa Anda bacakan yaitu,

اَللّٰهُمَّ كَمَا حَسَّـنْتَ خَلْقِـيْ فَحَسِّـنْ خُلُقِـيْ

Yang artinya: “Ya Allah, sebagaimana telah Engkau indahkan rupaku, maka indahkan pula akhlakku” (H.R. Ahmad)

Doa nabi yusuf wajah berseri

Tentunya Anda juga ingin memiliki wajah yang cerah bercahaya dan juga berseri seperti Nabi Yusuf as, maka tidak ada salahnya untuk secara rutin memanjatkan doa berikut ini,

الَّلهُمَّ جَئَلْنِى نُوْرُ يُوْسُفَ عَلَى وَجْهِي فَمَنْ رَ اَنِى يُحِبُّنِي مَحَبَّتَنْي

Baca Juga:  Tata Cara Sholat Malam Tahajud Lengkap Dengan Niatnya, Cek Disini!

Yang artinya: “Ya Allah, jadikanlah nur cahaya Nabi Yusuf as pada wajahku, dan bagi siapa yang melihat akan menjadi kagum serta memiliki cinta kasih kepadaku.”

Doa terhindar dari perbuatan maksiat

Ketampanan wajah Nabi Yusuf as tidak hanya menjadi karunia yang dimilikinya, tetapi juga ujian hidupnya karena orang-orang banyak yang merasa iri dan memfitnah Nabi Yusuf as. Maka dari itu, untuk menghindarkan diri dari melakukan perbuatan maksiat dan tidak tergoda oleh godaan setan, Anda bisa mengamalkan doa berikut ini,

بِّ ٱلسِّجْنُ أَحَبُّ إِلَىَّ مِمَّا يَدْعُونَنِىٓ إِلَيْهِ ۖ وَإِلَّا تَصْرِفْ عَنِّى كَيْدَهُنَّ أَصْبُ إِلَيْهِنَّ وَأَكُن مِّنَ ٱلْجَٰهِلِينَ

Yang artinya: “Wahai Tuhanku, penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka kepadaku. Dan jika tidak Engkau hindarkan dari padaku tipu daya mereka, tentu aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentulah aku termasuk orang-orang yang bodoh.”

Doa meminta perlindungan

Untuk mendapatkan perlindungan dari Allah Swt, Anda bisa memanjatkan doa berikut ini

رَبِّ قَدْ اٰتَيْتَنِيْ مِنَ الْمُلْكِ وَعَلَّمْتَنِيْ مِنْ تَأْوِيْلِ الْاَحَادِيْثِۚ فَاطِرَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ اَنْتَ وَلِيّٖ فِى الدُّنْيَا وَالْاٰخِرَةِۚ

Yang artinya: “Ya Rabbku, Sesungguhnya Engkau telah menganugerahkan kepadaku sebahagian kerajaan dan telah mengajarkan kepadaku sebahagian tabir mimpi. (Ya Rabb) Pencipta langit dan bumi. Engkaulah Pelindungku di dunia dan di akhirat.” (Q.S. Yusuf: ayat 101)

Doa agar wajah tampan seperti Nabi Yusuf

Siapa yang tidak ingin memiliki ketampanan seperti Nabi Yusuf as? Tentu semua orang ingin memilikinya, termasuk juga Anda bukan? Maka dari itu, amalkan doa berikut ini agar mendapatkan wajah yang tampan seperti Nabi Yusuf as.

الَّلهُمَّ جَئَلْنِى نُوْرُ يُوْسُفَ عَلَى وَجْهِي فَمَنْ رَ اَنِى يُحِبُّنِي مَحَبَّتَنْي

Yang artinya: “Ya Allah, jadikanlah nur cahaya Nabi Yusuf pada wajahku, dan bagi siapa yang melihat akan menjadi kagum serta memiliki cinta kasih kepadaku.”

Itulah beberapa doa Nabi Yusuf as yang bisa Anda amalkan sehari-hari. Semoga bermanfaat.