Apa Makna Surat Yusuf Ayat 4? Apa Manfaat Yang Bisa Didapat Dengan Mengamalkannya?

Islam93 Dilihat

Makna Surat Yusuf Ayat 4 Dan Manfaatnya – Surat Yusuf adalah salah satu surat yang ada di dalam Kitab Suci Al-Quran. Surat Yusuf termasuk di dalam surat Makkiyah, yaitu surat yang diturunkan di kota Mekkah. Surat Yusuf memiliki 111 ayat dan merupakan surat ke-12 dari 144 surat Al-Quran. Sesuai namanya, surat Yusuf menceritakan kisah tentang Nabi Yusuf AS dan sangat baik untuk diamalkan, salah satunya adalah Surat Yusuf ayat 4, karena diyakini dapat membawa kebaikan bagi umat Muslim yang mengamalkannya.

Apa makna Surat Yusuf Ayat 4 serta bagaimana cara untuk mengamalkannya? Simak pembahasannya berikut ini.

Surat Yusuf Ayat 4

Makna Surat Yusuf 4

Surat Yusuf ayat 4 menceritakan kisah tentang Nabi Yusuf yang bercerita kepada ayahnya, Nabi Yaqub AS tentang mimpi yang dilihatnya. Nabi Yusuf yang saat itu belum menjadi nabi bermimpi melihat sebelas bintang, bulan dan matahari yang bersujud kepadanya.

Sang Ayah yang juga seorang Nabi mengetahui makna dari mimpi yang dilihat oleh Nabi Yusuf, yaitu merupakan wahyu yang menunjukkan kalau Nabi Yusuf akan menjadi Nabi di masa depan.

Namun, Nabi Yakub mengatakan pada Nabi Yusuf supaya tidak mengatakan tentang mimpi tersebut kepada siapapun termasuk kepada saudara-saudaranya yang lain.

Permintaan tersebut bukanlah tanpa alasan, melainkan bertujuan untuk melindungi Nabi Yusuf dari perasaan iri yang muncul dari sekelilingnya termasuk saudara-saudaranya.

Sehingga bisa dikatakan kalau makna dari surat Yusuf ayat 4 ini adalah ajaran agama Islam untuk tidak memperlihatkan nikmat ataupun kemewahan yang dimiliki. Hal ini bertujuan untuk tidak memunculkan rasa iri dan juga dengki dari orang lain.

Sebab, sejatinya setiap nikmat yang datang dari Allah SWT memiliki pendengki dengan tingkat yang berbeda.

Baca Juga:  2 Bacaan Dzikir Dan Doa Sesudah Sholat Tahajud Yang Bisa Anda Amalkan

Dengan begitu, umat muslim dimanapun diharapkan untuk bisa bersikap bijaksana dengan cara menjauhkan diri dari sikap sombong dan pamer.

Perlu diingat bahwa meskipun Anda tidak bisa mengendalikan reaksi dan perasaan orang lain, akan lebih baik jika Anda berusaha untuk mengurangi kemungkinan terjadinya hal tersebut.

Surat Yusuf Ayat 4

Manfaat Mengamalkan  Surat Yusuf Ayat 4

Setelah tahu tentang makna yang ada di balik Surat Yusuf ayat 4 , Anda tentu juga ingin mengetahui apa saja manfaat dari mengamalkan surat tersebut bukan?

Selain untuk menghindarkan rasa dengki dan iri dari orang lain, membaca dan mengamalkan surat Yusuf diyakini akan membuat wajah Anda terlihat berseri serta disegani oleh orang lain.

Tidak sedikit juga yang meyakini kalau membaca surat Yusuf akan membantu untuk mendekatkan jodoh serta menjauhkan manusia dari kesulitan hidup. Bahkan ada sebutan doa asihan Nabi Yusuf.

Itulah informasi tentang makna surat Yusuf ayat 4 serta manfaat yang bisa Anda dapatkan jika mengamalkannya. Silakan cari juga informasi tentang doa nabi Yusuf untuk menambah wawasan Anda.