Doa Nabi Yusuf Dari Surat Yusuf Pengasihan Dan Cara Mengamalkannya

Islam132 Dilihat

Surat Yusuf Pengasihan Dan Cara Mengamalkannya – Surat Yusuf dalam Al-Quran bercerita tentang cerita Nabi Yusuf (AS) dan bagaimana dia mengalahkan fitnah, menghadapi cobaan, dan menyampaikan takdir Allah yang tidak dapat dipungkiri. Surat ini juga dikenal sebagai surat Yusuf pengasihan, karena di dalamnya mengandung banyak pelajaran tentang kebaikan moral dan bertahan dari cobaan.

Nabi Yusuf menerima ujian yang berat selama hidupnya seperti ditinggal ibunya, dibuang ke dalam sumur, akan dibunuh oleh saudaranya sendiri, difitnah, dan masih banyak lagi. Nabi Yusuf memiliki ketabahan, kekuatan iman, kesabaran, dan keteguhan yang luar biasa.

Karena keistimewaan yang dimilikinya, kisah Nabi Yusuf pun tertuang dalam Al Quran yakni di surat Yusuf. Yusuf sering mendapatkan ujian dan cobaan selama hidupnya sehingga membuatnya menjadi salah satu manusia dengan kedudukan yang tinggi. Berikut adalah beberapa doa Yusuf berdasarkan surat Yusuf pengasihan yang dapat dilantunkan.

Surat Yusuf Pengasihan

Doa Agar Memiliki Akhlak Mulia

Selama hidupnya, berdoa menjadi hal yang selalu dilakukan oleh Nabi Yusuf. Doa tersebut bertujuan untuk mendapatkan akhlak mulia. Hal ini pula yang membuatnya memiliki aura wajah yang bagus. Nabi Yusuf selalu berdoa seperti berikut selama hidupnya.

“Allahumma kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii.”

Doa tersebut memiliki arti berikut: “Ya Allah, sebagaimana Engkau telah indahkan rupaku, indahkanlah pula akhlakku.” (H.R. Ahmad)

Doa Agar Dicintai dan Memiliki Wajah Bercahaya

Ketampanan dan akhlak yang baik membuat Nabi Yusuf banyak dicintai oleh para pengikutnya. Jadi Anda juga bisa mengamalkan doa Nabi Yusuf agar dicintai. Selain dapat digunakan untuk berdoa agar dicintai secara umum, ini juga dapat menjadi surat Yusuf untuk memikat wanita.

Baca Juga:  Doa Nabi Yusuf Falamma Untuk Membuka Aura Ketampanan Pria

“Allaahumma ‘alnii nuuru yusufa ala wajhii fa man ro aanii yuhibbunii mahabbatan.”

Doa ini memiliki arti:  “Ya Allah, jadikan Nur cahaya Yusuf di wajahku, dan bagi siapa pun yang melihatnya menjadi kagum dan mencintaiku.”

Surat Yusuf Pengasihan

Doa Untuk Meminta Perlindungan

Nabi Yusuf pernah bermimpi melihat bintang. Untuk memohon perlindungan dari Allah SWT, Nabi Yusuf memanjatkan doa berikut

رَبِّ قَدْ اٰتَيْتَنِيْ مِنَ الْمُلْكِ وَعَلَّمْتَنِيْ مِنْ تَأْوِيْلِ الْاَحَادِيْثِۚ فَاطِرَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ اَنْتَ وَلِيّٖ فِى الدُّنْيَا وَالْاٰخِرَةِۚ

Doa tersebut memiliki arti:  “Ya Rabb, Engkau sesungguhnya telah memberiku anugerah sebagian kerajaan dan telah mengajarkanku sebagian tentang tabir mimpi. Ya Rabb Pencipta langit dan bumi. Hanya Engkau Pelindungku di dunia akhirat.

(QS. Yusuf ayat 101)”

Bagaimana Mengamalkan Doa Yusuf?

Mengamalkan doa Yusuf tentu akan mendapatkan banyak manfaat. Berikut ini adalah cara mengamalkan doa yang baik kepada Allah SWT.

  • Menjaga wudhu saat berdoa
  • Berdoa usai sholat Fardhu yaitu di akhir setelah sholat dilantunkan sebanyak 7 kali.
  • Berdoa dengan cara menahan nafas di antara setiap bacaan doa.
  • Berdoa saat bercermin atau memakai wewangian
  • Berdoa sesuai waktu yang diijabah oleh Allah SWT seperti sepertiga malam terakhir, malam lailatur qadr, waktu sholat fardhu, saat adzan berkumandang, saat berbuka puasa, dan di antara adzan dan iqomah.

Demikian doa Yusuf dari surat yusuf pengasihan. Anda dapat melantukannya sesuai waktu-waktu tersebut. Pastikan Anda juga tetap melantunkannya ketika mendapatkan manfaatnya.