Biasakan Dzikir Setelah Sholat Tahajud Untuk Dapatkan Banyak Hikmah

Islam115 Dilihat

Biasakan Dzikir Setelah Sholat Tahajud – Banyak orang tentu tahu bahwa dzikir setelah sholat tahajud sangat disarankan saat ibadah. Menggunakan runtutan bacaan untuk dzikir, dapat membuat pemantapan ibadah lebih baik setelah sholat apapun.

Walaupun begitu, jangan anggap dzikir sholat tahajud lengkap adalah keharusan. Anda yang hanya sempat sholat saja karena masalah kesibukan, tetap bisa melewatkan proses dzikir. Namun, alangkah lebih baik jika tidak ada yang mendesak jika melakukan hal tersebut.

Dzikir Setelah Sholat Tahajud

Mengapa Disarankan Dzikir Setelah Sholat Tahajud?

Walaupun tidak diharuskan, dzikir sudah dikenal sebagai tahapan ibadah yang dianjurkan oleh Allah SWT beserta rasul-Nya. Melakukan dzikir setiap selesai melakukan solat dikenal memberikan banyak manfaat.

Walaupun banyak manfaat, alasan utama hal ini dianjurkan adalah untuk mendekatkan diri dengan Allah dengan memperpanjang masa ibadah. Saat memakan waktu lebih lama ibadah, baik harapan, doa, ucapan dan isi hati dapat difokuskan untuk Allah.

Saat lebih fokus ibadah, tentu saja hati terasa damai dan hubungan hati dengan Allah SWT akan terasa lebih dekat. Dipercaya jika sudah dekat dengan Allah, doa – doa akan dikabulkan dan tentunya rahmat serta hikmah lebih dirasakan.

Karena faktor ini, banyak orang memilih dzikir setelah sholat malam saat waktu hening. Memfokuskan diri seperti meditasi tapi tetap mengucapkan doa adalah status ibadah yang paling khusyuk. Jadi pastikan coba dzikir selalu setelah melakukan sholat sehari – hari.

Baca Juga:  Doa Mandi Wajib Setelah Berhubungan Suami Istri Yang Perlu Anda Tahu

Berbagai Manfaat yang Didapat Dari Dzikir Setelah Sholat Tahajud

Dalam penjelasan mengapa dzikir untuk sholat tahajud dianjurkan, disinggung seputar manfaat yang banyak dirasakan. Untuk memberi detail manfaat apa yang dapat dirasakan ini, mari bahas beberapa contohnya di bawah ini:

Mendekatkan Diri Dengan Tuhan

Banyak – banyak ibadah jelas mendekatkan diri dengan Allah SWT. Jadi jika meluangkan waktu lebih banyak untuk doa, shalat dan bentuk ibadah lain, pasti rasa kedekatan iman ini lebih dirasakan. Dzikir tidak dapat dilakukan dengan cepat dan harus tekun mengulang bacaan secara jelas berkali – kali.

Menyisihkan waktu tersebut untuk ibadah dibandingkan untuk kegiatan lain adalah hal yang positif. Karena lebih diisi dengan kegiatan baik dan ibadah, tentu doa Anda akan lebih didengar dan lebih mudah terkabulkan.

Meningkatkan Kualitas Ibadah

Dalam tata cara dzikir setelah sholat tahajud, diharapkan fokus mengulang bacaan dengan irama yang seragam dan konsentrasi tinggi. Pada situasi ini, pikiran dan suasana hati akan lebih tenang karena berbagai pikiran lain hilang.

Dalam kondisi ini, kualitas ibadah pasti lebih baik. Karena pikiran tidak ke mana – mana dan lebih fokus pada Allah SWT. Doa yang diucapkan setelah dzikir, umumnya lebih datang dari hati karena kualitas ibadah yang lebih baik ini.

Memiliki Efek Positif Pada Kesehatan

Banyak orang tidak tahu bahwa dzikir memiliki kemampuan membuat tubuh lebih sehat. Hal ini karena dzikir dalam waktu lama dapat memanipulasi kebiasaan bernafas dan status mental pikiran. Dzikir dengan cara benar, akan bantu pernafasan lebih seragam dan detak jantung menjadi lebih tenang.

Untuk Anda yang punya masalah pernafasan seperti mendengkur atau mudah panik jantungan, dzikir dapat menjadi terapi yang baik. Jadi selain lebih baik ibadahnya, Anda mendapatkan benefit kesehatan juga.

Baca Juga:  Macam-Macam Doa Kepada Kedua Orang Tua Dan Artinya

Membantu Rahmad Turun

Konteks rahmad turun adalah suatu solusi atau pemikiran yang datang untuk menyelesaikan masalah dalam hal ini. Terkadang manusia yang terbeban pikiran kehidupan sehari – hari berusaha mencari solusi akan masalahnya. Untuk mencari masalah, rahmat Tuhan tentu diperlukan.

Menggunakan dzikir setelah sholat tahajud, status hati dan pikiran menjadi lebih tenang dan terbuka. Jadi bisa saja pemikiran solusi dari masalah yang tidak ditemukan sebelumnya menjadi lebih jelas. Karena hal seperti inilah, banyak ahli agama yang menyarankan Anda banyak – banyak ibadah, sholat dan dzikir jika memiliki beban masalah.

Melegakan Hati dan Turunkan Tingkat Stress

Dzikir dan doa sesudah sholat tahajud, dapat juga menjadi terapi untuk menjaga kejernihan hati dan hilangkan beban mental. Di kehidupan sehari – hari, beban pikiran yang menumpuk mudah sekali berubah menjadi stress berat.

Stress tidak hanya membebani mental, tapi juga dapat menjadi penyakit. Contoh saja kondisi sulit tidur, badan selalu lemas dan bahkan rambut rontok dapat disebabkan oleh stress. Untuk kurangi masalah tersebut, dzikir dapat menjadi solusi yang membantu demi melegakan hati dan juga hilangkan stress.

Dzikir Setelah Sholat Tahajud

Bacaan Dizkir yang Disarankan Setelah Sholat Tahajud

Untuk bacaan setelah sholat tahajud yang dapat dijadikan dzikir, ada beberapa pilihan yang dapat digunakan. Pilihan bacaan di bawah ini diulang 100 kali sudah cukup untuk menyelesaikan ibadah dzikir. Berikut adalah pilihan bacaannya:

  • Tasbih (Subhanallah)
  • Tahmid (Alhamdulillah)
  • Takbir (Allahu Akbar)
  • Istighfar pendek (Astaghfirullah)
  • Istighfar panjang (Astaghfirullah hal’adzim, aladzi laailaha illahuwal khayyul qoyyuumu wa atuubu ilaiih)

Anda yang ingin lebih panjang dzikir, silahkan menambahkan ulangan bacaan 100 kali. Banyak orang bahkan mengulang masing – masing tasbih, tahmid dan takbir masing – masing 100 kali untuk mendapatkan rasa tenang lebih nyaman.

Baca Juga:  Doa Wirid Sesudah Sholat Tahajud Dan Waktu Terbaik

Tambahkan Doa Setelah Tahajud Agar Lebih Khusyuk

Selain Dizkir, Anda dapat menambahkan doa juga. Contoh doa yang sering ditambahkan adalah doa wirid. Menggunakan doa wirid sesudah sholat tahajud sering meningkatkan rasa damai dan membuat ibadah terasa lebih khusyuk.

Anda tentu tahu, bacaan wirid sholat tahajud adalah bentuk dzikir yang dibaca berulang. Isi dzikir tidak harus satu bacaan seperti yang dibahas pada bagian sebelumnya. Menggunakan bacaan doa wirid, pengucapan dapat berantai antara Tasbih, Tahmid dan Takbir yang diulang 33 kali.

Pengulangan ini masih dapat ditambah lagi dengan pengulangan bacaan dzikir lain sampai 100 kali. Pilihan menggunakan bacaan wirid ataupun dzikir biasa bisa menggantikan satu sama lain ataupun ditambahkan.

Tentu saja, pilihan menggunakan doa wirid bukan satu – satunya yang dapat dipilih. Anda dapat menggunakan beberapa doa lain yang sesuai dengan kebutuhan hati Anda. Kebanyakan orang bahkan mengambil rekomendasi doa dari ahli agama dan rekomendasi doa dari media Islami sebagai inspirasi.

Menambahkan doa dan dzikir setelah sholat dhuha dan tahajud memang tidak kaku dan banyak pilihannya. Selama doa dan dzikir datang dari hati yang tulus, pasti manfaat yang dirasa akan makin baik. Doa tidak harus menggunakan bahasa Arab untuk dapat didengarkan oleh yang di atas.

Berdasarkan Sekretaris Komisi Fatwa MUI, KH Miftahul Huda menjelaskan bahwa doa menggunakan bahasa Arab dan bahasa ajam diperbolehkan. Jadi tidak perlu Anda bingung mencari doa bahasa Arab untuk membuat ibadah makin khusyuk.

Pilihan doa sholat tahajud dan dzikir dapat disesuaikan lagi dengan kondisi hati dan harapan yang Anda miliki. Jangan takut mengucapkan doa dan pastikan memiliki motivasi ibadah sesuai dengan keinginan hati. Jika tulus dan jujur, dipadat dipastikan Allah SWT, akan mendengarnya.

Sekian bahasan tentang dzikir setelah sholat tahajud serta doa – doa sebagai pelengkapnya. Mudah – mudahan bahasan di atas dapat berguna dan membuat ibadah Anda makin baik. Terima kasih sudah baca artikel ini!