2 Bacaan Dzikir Dan Doa Sesudah Sholat Tahajud Yang Bisa Anda Amalkan

Islam99 Dilihat

Bacaan Dzikir Dan Doa Sesudah Sholat Tahajud – Sebagai seorang muslim, salah satu ibadah yang bisa Anda lakukan untuk membuat banyak urusan menjadi lebih mudah adalah sholat Tahajud. Sudah menjadi hal yang lumrah ketika seseorang menjalankan sholat Tahajud, banyak sekali hikmah yang bisa didapatkan dalam kehidupan. Tentu saja sholat Tahajud juga membuat kita sebagai umat muslim menjadi jauh lebih dekat dengan Allah. Dzikir dan doa sesudah sholat Tahajud merupakan hal penting yang bisa Anda amalkan.

Dzikir Dan Doa Sesudah Sholat Tahajud

Sholat Tahajud

Sebelum memahami doa sholat Tahajud dan dzikirnya, tentu saja Anda harus mengetahui apa itu sholat Tahajud. Sholat Tahajud sendiri adalah sholat yang bisa Anda lakukan pada malam hari, ketika sudah tidur sebelumnya. Hal ini menjadi salah satu syarat ketika Anda ingin melaksanakan sholat Tahajud. Waktu pelaksanaan sholat Tahajud adalah setelah isya hingga mendekati subuh.

Waktu tidur yang banyak dimiliki oleh masyarakat Indonesia adalah pukul 22.00, sehingga bangun untuk bisa sholat tahajud adalah hal yang sangat istimewa. Pastikan Anda tidak langsung tidur kembali, karena dzikir dan doa sesudah sholat tahajud bisa Anda amalkan setiap waktu. Tentu saja hal ini bisa membawa kebaikan pada Anda.

Dzikir Dan Doa Sesudah Sholat Tahajud

Dzikir Sesudah Sholat Tahajud

Lalu apa saja yang bisa Anda amalkan setelah sholat tahajud? Untuk dzikir, Anda bisa memulainya dengan membaca Subhanallah dengan arti Maha Suci Allah sebanyak 100 kali, hal ini juga kerap disebut dengan bertasbih.

Setelah itu, Anda bisa melanjutkan dzikir dan doa sesudah sholat tahajud dengan mengucapkan kalimat tahmid yaitu Alhamdulillah sebanyak 100 kali. Tahmid memiliki arti Segala puji bagi Allah. Bertakbir dengan mengucapkan Allahu akbar dan beristighfar dengan mengucapkan Astaghfirullah sebanyak 100 kali juga menjadi bagian dalam dzikir sesudah Tahajud.

Baca Juga:  Doa Sholat Malam Tahajud Dan Keutamaan Melaksanakan Sholat Sunnah Ini

Dzikir setelah sholat Tahajud diakhiri dengan mengucapkan Astaghfirullah hal adzim aladzi laailaha illa huwal khayyul qoyyumu wa atuubu ilaiih yang memiliki arti Aku memohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, Yang Tiada Tuhan Selain Dia, Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat Kepada-Nya.

Doa Sesudah Sesudah Tahajud

Bagian terakhir dari bacaan dzikir dan doa sesudah sholat tahajud adalah dengan berdoa kepada Allah. Doa yang bisa Anda ucapkan adalah “Allahumma Anta Rabbi, la ilaha illa Anta khalaqtani, wa ana ‘abduka, wa ana ala ahdika wawa’dika mastatha’tu, a’uzubika min syarri ma shana’tu, abu’u laka bini’matika alayya wa abu’u laka bi dzanbi, faghfirli, fa innahu la yaghfiru zunuba illa Anta.”

Bacaan dzikir dan doa sesudah sholat Tahajud merupakan hal yang sangat penting, terutama ketika Anda memahami artinya. Semakin banyak amalan yang bisa Anda lakukan karena Allah, maka semakin mudah semua hal yang Anda lakukan di dunia.