Keutamaan Shalat Tahajud Dan Bacaan Dzikir Untuk Sholat Tahajud

Islam78 Dilihat

Keutamaan Dan Bacaan Dzikir Untuk Sholat Tahajud – Di samping salat wajib, umat Muslim juga dapat menambah pahala dan mendekatkan dirinya kepada Allah SWT melalui shalat tahajud. Ibadah sunnah yang dilakukan saat tengah malam ini memiliki keutamaan besar bagi yang menjalankannya, apalagi ditambah dengan dzikir untuk sholat tahajud.

Apakah anda belum pernah melaksanakan ibadah sunnah satu ini? Kalau begitu, mari simak panduannya berikut ini.

Dzikir Untuk Sholat Tahajud

Keutamaan Salat Tahajud

Shalat tahajud adalah ibadah yang dilaksanakan saat tengah malam dengan minimal 2 rakaat. Pengerjaannya dilakukan setelah anda tidur terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan shalat tahajud, witir, dan berdzikir.

Lantas, apa saja keutamaan dari ibadah tersebut?

  1. Waktu tepat untuk berdoa

Bagi seseorang yang sedang memiliki keinginan atau hajat, di waktu inilah anda dapat berdoa lebih khusyuk dan mendalam dengan harapan doa segera dikabulkan oleh Allah SWT.

Dalam Hadist Riwayat Muslim no.757 pun tertuang jika Allah SWT bakal mengabulkan doa hambaNya yang mendirikan shalat ketika tengah malam (tahajud).

  1. Diangkat derajatnya

Setiap umat Muslim pastinya ingin diangkat derajatnya oleh Allah SWT. Salat tengah malam ini merupakan salah satu cara untuk mereka yang mau lebih dekat lagi dengan Sang Pencipta.

Selain itu, barangsiapa yang mengerjakannya akan diangkat derajatnya ke tempat terpuji. Tentunya, anda pun harus menjalankan ibadah ini secara konsisten dan khusyuk.

Menambahkan dzikir untuk sholat tahajud pun jangan sampai terlewatkan demi mendapat pahala lebih dari Allah SWT.

  1. Jembatan masuk surga

Bisa masuk surga adalah impian semua umat Muslim setelah wafat nanti. Salah satu jalan mempersiapkan bekal di akhirat adalah shalat tahajud.

Baca Juga:  Bacaan Mandi Wajib Dan Tata Cara Melaksanakannya

Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa seseorang yang menunaikan shalat di saat orang lain tidur di malam hari akan masuk surga.

  1. Menenangkan hati dan pikiran

Menenangkan pikiran dan hati memang bisa dilakukan dengan banyak cara, dan salah satu cara paling bermanfaat adalah dengan salat di tengah malam.

Suasana sepi dini hari dapat memberikan sensasi relaksasi bagi anda yang sedang stres, ditambah semakin khusyuknya dalam beribadah dan berdoa. Jangan lupa ditambah dzikir setelah sholat tahajud.

Dzikir Untuk Sholat Tahajud

Bacaan Dzikir Setelah Tahajud

Dzikir adalah bacaan pendek berisi puji-pijian kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW. Agar makin menambah pahala, berikut bacaan wirid sholat tahajud yang bisa dibaca seusai salat.

  • Tasbih “Subhanallah” sebanyak 100 kali.
  • Baca kalimat tahmid, “Alhamdulillah” hingga 100 kali.
  • 100 kali membaca takbir “Allahu Akbar”.
  • Mengucap istighfar “Astaghfirullah” untuk memohon ampun sebanyak 100 kali.
  • Baca istighfar panjang “Astaghfirullah hal adzim aladzi laailaha illa huwal khayyul qoyyumu wa atuubu ilaiih”.

Itulah keutamaan dari salat tahajud, lengkap dengan bacaan dzikir untuk sholat tahajud. Semoga artikel ini dapat memberikan hidayah bagi anda untuk mulai melaksanakan salat tahajud.