2 Bacaan Setelah Sholat Tahajud Yang Bisa Kamu Baca Dan Lafalkan Setiap Malam!

Islam83 Dilihat

2 Bacaan Setelah Sholat Tahajud  – Bacaan setelah sholat Tahajud merupakan hal yang masih banyak ditinggalkan oleh umat muslim. Tentu saja hal ini dikarenakan rasa kantuk yang sangat kuat atau memilih untuk mengerjakan pekerjaan lainnya. Banyak sekali amalan yang bisa Anda dapatkan ketika sudah menerapkan dzikir setelah sholat Tahajud dan juga doa yang ada.

Anda bisa melafalkannya setiap malam setelah sholat Tahajud selesai. Berikut adalah bacaan setelah sholat tahajud yang akan memberikan manfaat untuk kamu!

Bacaan Setelah Sholat Tahajud

Waktu Shalat Tahajud

Sebelum mengetahui dzikir sholat Tahajud lengkap, Anda harus mengetahui waktu shalat Tahajud. Banyak sekali yang masih tidak memahami hal ini. Terdapat tiga waktu yang bisa Anda ketahui untuk melakukan sholat Tahajud, yaitu waktu utama, lebih utama, dan paling utama.

Waktu utama dalam Sholat Tahajud adalah sepertiga malam, yaitu jam 7 malam setelah sholat Isya selesai hingga pukul 10 malam. Lalu waktu lebih utama saat pukul 10 malam hingga 1 pagi. Waktu yang paling utama untuk melakukan shalat Tahajud adalah pukul 1 hingga masuk waktu Subuh.

Tentu saja Anda bisa memilih waktu mana yang Anda utamakan, karena seluruh waktu yang ada bisa menjadi waktu Shalat Tahajud.

Sayyidul Istighfar

Bacaan setelah sholat Tahajud yang pertama adalah Dzikir seperti biasa dan ditambah dengan Sayyidul Istighfar. Sayyidul Istighfar sendiri merupakan rajanya doa, yang menjadi salah satu bacaan apabila Anda mengharapkan Surga dari Allah.

Arti dari Sayyidul Istighfar adalah “Hai Tuhanku, Engkau Tuhanku. Tiada tuhan yang disembah selain Engkau. Engkau yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku berada dalam perintah iman sesuai perjanjian-Mu sebatas kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang kuperbuat. Kepada-Mu, aku mengakui segala nikmat-Mu padaku. Aku mengakui dosaku. Maka itu ampunilah dosaku. Sungguh tiada yang mengampuni dosa selain Engkau.” (HR Bukhari).

Baca Juga:  Doa Nabi Sulaiman Cepat Kaya Raya Dan Selalu Bersyukur

Bacaan Setelah Sholat Tahajud

Doa Setelah Tahajud Lengkap

Bacaan setelah sholat Tahajud yang terakhir adalah doa yang bisa Anda baca karena memiliki bacaan yang cukup panjang. Doa tersebut adalah:

Allâhumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta nûrus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu antal haq. Wa wa‘dukal haq. Wa liqâ’uka haq. Wa qauluka haq. Wal jannatu haq. Wan nâru haq. Wan nabiyyûna haq. Wa Muhammadun shallallâhu alaihi wasallama haq. Was sâ‘atu haq.

Arti dari doa setelah tahajud tersebut adalah:

“Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar.

Bacaan setelah sholat Tahajud yang sudah dijelaskan di atas dapat Anda lafalkan dengan mudah mulai malam ini.