Doa Mandi Wajib Setelah Berhubungan Dan Tata Cara Lengkap

Islam73 Dilihat

Doa Mandi Wajib Setelah Berhubungan – Setelah Anda berhubungan atau selesai haid dan nifas, maka sedang dalam kondisi junub. Artinya Anda memiliki hadas besar yang memerlukan mandi wajib untuk menyucikannya. Kondisi junub membuat seorang muslim dilarang menjalankan ibadah wajib seperti mengerjakan salat, membaca Al-Quran, berdiam di mesjid, dan lainnya. Agar sah, wajib membaca doa mandi wajib setelah berhubungan berikut:

Doa Mandi Wajib Setelah Berhubungan

Doa Mandi Wajib Setelah Berhubungan

Bagi Anda yang belum mengetahui niat mandi setelah berhubungan dengan pasangan, Anda bisa menghapal doa berikut:

Jangan lupa dalam hati ucapkan niat, dengan menyebut nama aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari jinabah (bersetubuh), wajib karena Allah Ta’ala.

Berdasarkan madzhab Syafi’i, niat tersebut harus dilakukan bersamaan dengan Anda mengucurkan air pertama kali ke tubuh. Kemudian mengguyur seluruh bagian luar badan, termasuk rambut, mata, hidung, dan bulu-bulunya.

Doa Mandi Wajib Setelah Berhubungan

Tata Cara Mandi Wajib

Untuk melakukan mandi wajib tersebut, harus sesuai tata cara mandi junub dalam ketentuan Fiqih. Berikut caranya:

  1. Wajib Membaca Niat

Membaca niat mandi junub terlebih dahulu. Membaca niat ini hukumnya wajib karena untuk membedakan mandi besar dengan mandi biasa. Bacalah niat dalam hati berbarengan dengan Anda mengguyur air ke seluruh tubuh.

  1. Basahi Seluruh Tubuh

Basahi seluruh tubuh Anda secara merata dengan air bersih dari ujung rambut hingga ujung kaki. Namun, ketika melaksanakan mandi wajib ini lebih disunatkan mendahulukan membasuh tubuh bagian kanan terlebih dahulu, baru bagian kiri.

Selain itu, pastikan semua lipatan kulit dan area tubuh yang tersembunyi ikut dibersihkan, termasuk area kemaluan dan bagian mata dengan mengguyur area wajah sambil mata dikedip-kedipkan.

Baca Juga:  Ketahui Doa Mandi Besar Berbagai Penyebab Dalam Islam

ketentuan ini sesuai dengan hadis yang menyebutkan dari Aisyah, jika Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam mandi karena junub, beliau memulainya dengan mencuci kedua telapak tangannya, kemudian berwudhu sebagaimana wudhu untuk salat, kemudian memasukkan jari-jarinya ke dalam air dan menggosokkannya ke kulit kepala. Setelah itu, beliau menyiramkan air ke atas kepalanya dengan menggunakan kedua telapak tangannya sebanyak tiga kali, lalu beliau mengalirkan air ke seluruh kulitnya (H.R. Bukhari).

Selain hadis tersebut, dijelaskan dalam hadis riwayat Muslim, Dari Aisyah dia berkata, apabila Rasulullah shallallahu alaihi wasallam mandi karena junub, maka beliau memulainya dengan membasuh kedua tangan. Beliau menuangkan air dengan tangan kanan ke atas tangan kiri, lalu membasuh kemaluan dan berwudhu seperti wudhu untuk melakukan salat.

Kemudian beliau menyirami rambut sambil memasukkan jari ke pangkal rambut hingga merata. Setelah selesai, beliau membasuh kepala sebanyak tiga kali, lalu beliau membasuh seluruh tubuh dan terakhir membasuh kedua kaki.

Demikian doa mandi wajib setelah berhubungan yang bisa Anda hapalkan agar bisa melaksanakan kewajiban beribadah. Semoga bermanfaat.