Kapan Jadwal Sholat Tahajud Yang Baik? Yuk Ketahui Dibawah Ini!

Islam112 Dilihat

Jadwal sholat tahajud yang baik patut untuk anda ketahui jika anda sudah mempunyai niat untuk melaksanakan ibadah sunah satu ini. Apalagi mengingat memang terdapat waktu-waktu tertentu yang ternyata akan menjadi waktu yang terbaik untuk dapat melaksanakan sholat tahajud. Sayang sekali jika anda sebenarnya dapat mengerjakan sholat tahajud di waktu terbaiknya tapi malah dilewatkan begitu saja.

Tanpa lama-lama lagi, yuk langsung aja cari tahu kapan waktu sholat tahajud terbaik dibawah ini:

Jadwal Sholat Tahajud Yang Baik

Mengetahui tentang Sholat Tahajud

Sholat tahajud sendiri merupakan ibadah sunnah yang dimana waktu paling baik sholat tahajud akan dikerjakan di waktu sepertiga malam sampai dengan sebelum sholat subuh, yaitu mulai dari jam 01.00 WIB hingga sebelum adzan subuh berkumandang.

Sholat tahajud sendiri termasuk shalat sunnah yang hanya dapat anda kerjakan jika sudah bangun dari tidur malam walaupun hanya sebentar. Jadi, jika anda sedang terjaga atau juga begadang, tentu saja tidak dapat melakukan sholat tahajud.

Jadwal sholat tahajud yang baik biasanya akan terbagi menjadi 3 bagian. Walaupun begitu, jumlah rakaat yang biasanya diperbolehkan untuk melaksanakan sholat sunnah satu ini bisa anda pilih sesuai kemampuan saja.

Jumlah rakaat sholat tahajud yang dapat dilakukan adalah mulai dari paling sedikit 2 rakaat sampai dengan maksimal sesuai yang anda inginkan.

Hal satu ini sesuai dengan adanya hadis dari Rasul riwayat Ahmad, Bukhari, serta Muslim berikut berarti, “Rasulullah SAW pernah bersabda, “Shalat malam itu, dua dua.”

Lalu, kenapa sholat tahajud menjadi ibadah sunnah yang telah diajarkan sejak lama? Jawabannya telah tertera dalam salah satu hadis Rasul berikut yang memiliki arti, “Perintah Allah turun ke langit dunia pada waktu tinggal sepertiga yang terakhir dari waktu di malam hari, lalu berseru: adakah orang-orang yang sedang memohon (Berdoa), pastikan akan kukabulkan, adakah orang yang sedang meminta, pasti akan Ku beri dan adakah orang yang mengharap atau memohon ampunan, pasti akan Ku ampuni baginya. Sampai waktu subuh tina.”

Baca Juga:  Baca Doa Penglaris Dagangan Nabi Sulaiman Agar Usaha Jadi Laris Dan Berkah

Jadwal Sholat Tahajud Yang Baik

Waktu Melaksanakan Sholat Tahajud

Setelah anda mengetahui mengapa mengerjakan sholat tahajud telah dianjurkan, selanjutnya anda perlu mengetahui kapan saja bisa melaksanakan sholat tahajud.

Diketahui Ustadz Adi Hidayat telah menyatakan jika waktu sholat tahajud yang terbaik adalah saat sepertiga malam terakhir. Pasalnya, pada saat sepertiga malam terakhir, waktu itu termasuk pada waktu-waktu yang paling utama ketika karunia Allah diturunkan.

Lalu, jam berapa saja waktu sholat tahajud sepertiga malam terakhir itu? Sepertiga malam pertama diketahui akan dimulai di jam 20.00 WIB sampai dengan jam 22.00. Kemudian sepertiga malam kedua yaitu pada jam 23.00 WIB sampai dengan jam 01.00.

Lalu, sepertiga malam terakhir yang juga telah menjadi salah satu waktu sholat tahajud terbaik adalah pada jam 02.00 WIB sampai dengan jam 04.00. Waktu ini juga dikenal dengan jadwal sholat tahajud yang baik.

Walaupun begitu, jika anda memang mempunyai halangan maupun idzur dan bari dapat melaksanakannya diatas jam 04.00 itu tidak apa-apa, asal azan subuh masih belum berkumandang.