Bacaan Dzikir Sholat Tahajud Lengkap Dengan Doanya, Bisa Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Islam97 Dilihat

Bacaan Dzikir Sholat Tahajud Lengkap Dengan Doanya – Dzikir sholat tahajud lengkap dalam informasi di bawah ini akan membantu anda yang masih bingung terkait bacaan dzikir apa saja yang dibaca setelah sholat tahajud. Adapun, bacaan dzikir ini bisa mendekatkan diri kita kepada Allah SWT.

Sholat tahajud sendiri disebut bisa mendatangkan banyak manfaat dan keutamaan bagi yang melaksanakannya. Terlebih jika ditambahkan dengan dzikir yang dilakukan usai melakukan salah satu sholat malam ini.

Dzikir setelah sholat merupakan amalan sunnah yang dapat mendekatkan diri seseorang kepada Yang Maha Kuasa dan Pencipta. Meski sifatnya sunnah yakni boleh dikerjakan ataupun tidak, namun melakukan dzikir setelah sholat malam sangat dianjurkan oleh agama Islam.

Lantas, bagaimana dzikir setelah sholat tahajud? Apa saja bacaan yang dibaca agar keutamaan yang didapatkan dapat maksimal? Namun, sebelum dijelaskan mengenai bacaan dzikir tersebut, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa itu sholat tahajud dalam ulasan berikut.

Dzikir Sholat Tahajud Lengkap

Apa Itu Sholat Tahajud?

Sholat Thajud adalah sholat yang dilakukan di  waktu malam. Berbeda dengan sholat Isya, sholat Tahajud bersifat sunnah artinya boleh dikerjakan ataupun tidak. Jika dikerjakan akan mendapatkan ganjaran baik, namun jika tidak dikerjakan tidak akan mendapatkan dosa.

Adapun sholat tahajud dianjurkan dilakukan dengan syarat orang yang melaksanakannya harus sudah tidur terlebih dulu.

Untuk waktu pengerjaannya sendiri yakni bisa dikerjakan kapan saja dalam kurun waktu setelah sholat Isya’ hingga shubuh. Namun, waktu yang dianjurkan yakni pada sepertiga malam terakhir.

Allah SWT berfirman bahwa barang siapa yang menjalankan sholat tahajud dan berdzikir di waktu itu, akan diberikan ampunan dosa-dosa serta dikabulkan hajatnya.

Baca Juga:  Jam Yang Pas Untuk Sholat Tahajud Dan Keistimewaannya

Berikut niat sholat tahajud:

Ushalli sunnatat tahajjudi rak‘ataini lillahi ta‘ala.

Niat di atas memiliki Arti, “Aku menyengaja sembahyang sunnah tahajud dua rakaat karena Allah SWT.”

Dzikir Sholat Tahajud Lengkap

Dzikir Sholat Tahajud

Setelah mengetahui apa itu sholat tahajud, anda juga harus mengetahui dzikir sholat tahajud lengkap yang dibaca setelah melaksanakan sholat tersebut. Bacaan dzikir usai melakukan sholat tahajud sesuai anjuran sunnah Nabi Muhammad SAW adalah:

  • Bertasbih mengucapkan “Subhanallah”, artinya Maha Suci Allah, dibaca sebanyak 100 kali
  • Bertahmid mengucapkan “Alhamdulillah”, artinya Segala Puji bagi Allah, dibaca sebanyak 100 kali
  • Bertakbir mengucapkan “Allahuakbar”, artinya Allah Maha Besar, dibaca sebanyak 100 kali
  • Beristigfar pendek megucapkan “Astagfirullah”, artinya aku memohon ampun kepada Allah. Dibaca sebanyak 100 kali
  • Beristigfar paanjang mengucapkan “Astaghfirullah hal adzim aladzi laailaha illa huwal khayyul qoyyumu wa atuubu ilaiih”

Kemudian setelah membaca semua bacaan di atas, disarankan untuk membaca doa setelah sholat tahajud. Ini termasuk salah satu amalan yang dianjurkan. Berikut bacaan doanya:

“Allahumma Anta Rabbi, la ilaha illa Anta khalaqtani, wa ana ‘abduka, wa ana ala ahdika wawa’dika mastatha’tu, a’uzubika min syarri ma shana’tu, abu’u laka bini’matika alayya wa abu’u laka bidzanbi faghfirli fa innahula yaghfiruzunuba illaAnta.”

Nah, demikianlah bacaan dzikir sholat tahajud lengkap dengan doa yang dianjurkan dibaca setelah melakukan sholat tahajud. Ada pula penjelasan singkat mengenai sholat tahajud di atas. Semoga bermanfaat.