Dzikir Setelah Sholat Dhuha Dan Tahajud Yang Paling Utama

Islam84 Dilihat

Dzikir Setelah Sholat Dhuha Dan Tahajud – Sholat dhuha dan tahajud memiliki berbagai keutamaan yang tidak dimiliki oleh sholat-sholat lainnya. Keutamaan ini akan semakin bertambah apabila Anda membaca dzikir-dzikir tertentu setelah melakukan sholat. Jika dilakukan secara rutin dan dengan sepenuh hati serta keikhlasan, dzikir-dzikir tersebut dapat menyempurnakan ibadah dan melipatgandakan pahala. Ketahui lebih banyak tentang dzikir setelah sholat dhuha dan tahajud dalam artikel berikut ini.

Dzikir Setelah Sholat Dhuha Dan Tahajud

Dzikir Setelah Sholat Dhuha

Sholat dhuha tidak hanya dapat membuka pintu rejeki. Sholat ini juga dapat menghapus dosa seorang hamba meski dosa itu sebanyak buih di lautan. Adapun dzikir terbaik yang bisa diamalkan setelah sholat dhuha adalah sebagai berikut.

Allohummaghfirlii wa tub ‘alayya innaka antat tawwabur rohimu”. Dzikir ini memiliki arti: Ya Allah, ampuni dosaku dan terimalah taubatku. Sesungguhnya Engkau Maha Penerima Taubat dan Maha Pengampun. Anda dianjurkan untuk membaca dzikir ini sebanyak 100 kali setelah sholat dhuha secara rutin.

Dzikir Setelah Sholat Dhuha Dan Tahajud

Dzikir Setelah Sholat Tahajud

Dzikir setelah sholat tahajud bisa dimulai dengan melafalkan tasbih (Subhanallah), tahmid (Alhamdulillah), dan takbir (Allahu Akbar) masing-masing sebanyak 100 kali. Ketiga dzikir ini baik dibaca setelah sholat apapun, termasuk dhuha dan tahajud. Subhanallah memiliki arti “Maha Suci Allah”, Alhamdulillah berarti “segala puji bagi Allah”, sedangkan Allahu Akbar memiliki arti “Allah Maha Besar.” Setelah tasbih, tahmid, dan takbir, Anda bisa melanjutkan dzikir setelah sholat dhuha dan tahajud dengan membaca istighfar.

Anda bisa melafalkan istighfar pendek (Astaghfirullah) yang berarti “aku memohon ampun kepada Allah”. Sebagai alternatif, Anda juga bisa membaca istighfar yang lebih panjang yaitu “Astagfirullah hal’adzim, aladzi laailaha illahuwal khayyul qoyyuumu wa atuubu ilaih”.

Baca Juga:  Memahami Arti Doa Kedua Orang Tua Dan Cara Berbakti Kepadanya

Istighfar ini memiliki arti “Aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung. Tiada tuhan selain Dia dan Dia yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri. Aku bertaubat kepada-Nya.” Sebelum memulai, pastikan Anda memperhatikan tata cara dzikir setalah tahajud dengan baik dan benar.

Selain itu, Anda juga bisa membaca sayyidul istighfar. Menurut Imam Bukhari, bacaan istigfhfar ini sering dibaca oleh Baginda Nabi Muhammad S.A.W. Bacaan sayyidul istighfar adalah sebagai berikut:

Allahumma Anta Rabbi, la ilaha illa Anta khalaqtani, wa ana ‘abduka, wa ana ala ahdika wawa’dika mastatha’tu, audzubka min syarrima shana’tu, abu’u laka bini’matika alayya wa abu’u laka bi dzanbi, faghfirli, fa innahu la yaghfirudzunuba illa Anta.

Artinya: Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku tidak ada Tuhan yang berhak diibadahi selain Engkau. Engkau telah menciptakanku dan aku adalah hamba-Mu. Aku menepati perjanjian-Mu dan janji-Mu sesuai dengan kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku, aku mengakui dosaku kepada-Mu dan aku akui nikmat-Mu kepadaku, maka ampunilah aku. Sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain-Mu.”

Demikianlah dzikir setelah sholat dhuha dan tahajud yang bisa Anda amalkan secara rutin. Semoga bermanfaat.