Bacaan Dzikir Setelah Sholat Malam, Lengkap Dengan Keutamaannya

Islam90 Dilihat

Dzikir Setelah Sholat Malam, Lengkap Dengan Keutamaannya – Dzikir setelah sholat malam sebaiknya dilakukan bagi anda yang melakukan sholat tahajud. Selain untuk mendekatkan diri kepada Allah SWY, dzikir yang dikerjakan juga membuat hati menjadi lebih tenang. Selain itu, masih banyak keutamaan yang bisa diperoleh jika mengerjakan dzikir ini.

Sholat malam sendiri atau sholat tahajud  dikerjakan pada waktu sepertiga malam merupakan salah satu amalan yang disenangi oleh Rasulullah SAW. Anda bisa memanjatkan doa dan meminta hajat anda setelah melakukan sholat malam.

Dzikir Setelah Sholat Malam

Bacaan Dzikir Setelah Sholat Malam

Biasanya setelah melakukan sholat tahajud, maka banyak menganjurkan untuk melakukan dzikir. Meski sifatnya sunnah yakni boleh Anda lakukan ataupun tidak, namun dzikir setelah sholat tahajud memiliki banyak manfaat. Adapun bacaan dzikir yang biasa membacanya setelah melakukan sholat tahajud adalah sebagai berikut:

  1. Membaca Istigfar “Astagfirullah”
  2. Membaca bacaan Tasbih “Subhanallah”
  3. Membaca Alhamdulillah
  4. Membaca Allahu Akbar
  5. Membaca Laa illaaha illallah
  6. Membaca Sholat Nabi
  7. Membaca Surat Al-Ikhlas
  8. Membaca Surat Al-Falaq
  9. Membaca Surat An-Nas
  10. Membaca Al-Fatihah

Setelah membaca bacaan dzikir setelah sholat malam tersebut, bisa melanjutkannya dengan membaca doa setelah sholat thajud sebagai pelengkap. Berikut bacaannya:

“Allaahumma lakal hamdu anta qayyumus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. Walakalhamdu antamalikus samaawaati wal ardhi wamanfiihinna, walakalhamdu antanuurus samaawaati wal ardhi waman fiihinna, walakal antalhaqqu, wawa’dukal haqqu, waliqaa’uka haqqu, waqaulukal haqqun, waljannatu haqquw wannaaru haqquw wan-nabiyyuuna haqquw wa Muhammadun shallallahu ‘alaihi wa sallama haqquw wassaa’atu haqq.”

“Allaahummalaka aslamtu wabika aamantu wa ‘alaika tawakkaltu wailaika anabtu, wabika khaashamtu wailaika haakamtufaghfirlii maa qoddamtu wamaa akhkhartu wamaa asrartu wamaa a’lantu wamaaanta a’lamu bihiminnii. antal muqoddimu wa antal mu’akhkhiru laailaahaanta. walaahaulawalaa quwwataillaabillaah.”

Baca Juga:  Doa Nabi Sulaiman Cepat Kaya Raya Dan Selalu Bersyukur

Dzikir Setelah Sholat Malam

Keutamaan Membaca Dzikir Setelah Sholat tahajud

Secara garis besar, bacaan dzikir bisa membacanya setelah menjalankan sholat wajib maupun sunnah. Bacaan di atas juga bisa untuk dzikir setelah sholat dhuha dan tahajud. Hanya yang membedakan doa setah dzikir yang di baca saja.

Bagaimanapun juga, dzikir memiliki banyak manfaat serta keutamaan untuk kita. Lantas, apa saja keutamaan yang Anda dapatkan apabila mengerjakan salah satu amalan yang oleh Rasulullah SAW sarankan ini? Berikut ulasan singkatnya:

  1. Mendapat perlindungan dari Allah SWT
  2. Mendekatkan diri kepada Allah SWT
  3. Menghapus Doa
  4. Memberikan Ketenangan Hati dan Pikiran
  5. Mendapatkan surga
  6. Membersihkan Hati

Nah, itulah ulasan mengenai bacaan dzikir setelah sholat malam serta keutamaan yang Anda dapatkan jika mengerjakan ibadah ini.