Kumpulan Doa Untuk Kedua Orang Tua, Beserta Arti Dan Waktu Yang Tepat Untuk Memanjatkannya

Islam105 Dilihat

Kumpulan Doa Untuk Kedua Orang Tua – Selayaknya anak, tentunya harus berbakti pada orang tua. Tidak hanya mentaati aneka perintah yang baik, dan diberikan oleh orang tua. Namun sebaiknya diselingi juga dengan lantunan doa untuk kedua orang tua. Mendoakan orang tua, selain memberikan keberkahan tersediri pada orang tua, seperti halnya amalan pahala terhadap orang tua, juga sebagai amalan pahala, pada sang anak itu sendiri. Dalam hal ini amalan pahala anak yang shaleh / shalehah. Berikut ini adalah beberapa doa untuk orang tua yang dimaksud :

Doa Untuk Kedua Orang Tua

1. Doa orang tua selama hidup didunia

Seperti diketahui bersama, memanjatkan doa kepada Allah untuk kedua orang tua, jadi salah satu amalan yang tidak akan pernah putus. Dalam hal ini Rasululah pernah bersabda, bahwa ada 3 perkara yang tidak akan pernah putus pahalanya, yaitu amal jariah, ilmu yang bermanfaat, serta anak yang sholeh.

Salah satu amalan anak sholeh adalah mampu memanjatkan doa untuk kedua orang tua dengan baik. Apabila kedua orang tua masih hidup, maka doa kedua orang tua arab yang sebaiknya dipanjatkan, yaitu :

اَللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Atau Anda juga dapat membacanya dengan :

“Allahumma Fighfirlii Wa Liwaa Lidhayya Warham Humaa Kamaa Rabbayaa Nii Shaghiraa.”

Adapun arti doa kedua orang tua tersebut, yaitu :

“ Ya Allah, ampunilah semua dosa yang telah hamba perbuat, dan juga dosa dosa dari kedua orang tua hamba, selain itu berikanlah belas kasihan pada keduanya, seperti ketika mereka memberikan belas kasihannya pada hamba, di waktu kecil.”

Baca Juga:  Beberapa Amalan Kaya Nabi Sulaiman Yang Perlu Anda Ketahui

2. Mendoakan orang tua yang sedang sakit

Lalu Bagaimana ketika kedua orang tua sedang sakit. Maka doa yang sebaiknya dilantunkan berbeda. Karena dalam hal ini, Anda selaku anak akan berdoa, untuk meminta Allah SWT, menyembuhkan dan mengangkat penyakit yang tengah diderita oleh salah satu dari orang tua tersebut. Adapun doa kedua orang tua dan artinya yang dapat Anda amalkan, yaitu :

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِه وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Atau dapat dibaca dengan :

“Allahumma robbannaasi adzhibil ba’sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syfaauka, syifaan laa yughaadiru saqaama.”

Arti dari doa tersebut, yaitu :

“ Ya Allah, Rab dari Manusia dan juga alam semesta, semoga Engkau dapat menghilangkan kesusahan dan juga memberikan beliau kesembuhan, karena Engkau-lah Dzat yang maha menyembuhkan.”

Doa Untuk Kedua Orang Tua

3. Mendoakan orang tua yang sedang sakit berat

Sedangkan ketika salah satu dari kedua orang tua,atau bahkan kedua orang tua, mengalami sakit yang berat, ada baiknya memberikan doa yang berbeda, dari doa sebelumnya. Adapun doa kedua orang tua beserta artinya yang sebaiknya dipanjatkan, yaitu :

اللَّهُمَّ اَحْيِنِي مَاكَا نَتِ الْحَيَاةُ خَيْرً الِّى وَتَوَ فَّنِى مَاكَا نَتْ الوَ فَاةُ خَيْرًا لِى

Atau Anda dapat membacanya dengan :

“Allahumma ahyini maa kaa natil khayatu khairalli, watawaf fanni adza kaanat aafaatu khiralli.”

Adapun arti dari lantunan doa untuk kedua orang tua dalam Al Quran, ketika salah satu atau kedua orang tua mengalami sakit berat, yaitu :

“Ya Allah, Semoga Enggau mau menyembuhkan penyakit yang diderita orang tua hamba, apabila itu lebih baik bagi beliau. Atau cabutlah nyawa orang tua hamba, apabila kematian memang lebih baik bagi beliau.”

4. Mendoakan orang tua yang sudah meninggal

Ketika salah satu atau bahkan kedua orang tua sudah meninggal, maka doa kedua orang tua rabbighfirli, yang sebaiknya dipanjatkan. Dalam hal ini, mendoakan orang tua yang sudah meninggal, akan menjadi salah satu cara berbakti penting. Karena lantunan doa anak yang sholeh / shlehah akan dijabah. Ini dapat terkirim pada orang tua yang sudah meninggal.

Baca Juga:  Mari Mengenal Arsitektur Islam: Keindahan Masjid Dan Bangunan Bersejarah

Adapun lantunan doa yang sebaiknya dipanjatkan, yaitu :

اللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Atau  bisa juga dibaca dengan :

“Allahummaghfir Lahu Warhamhu Wa ‘Aafihi Aa’fu ‘anhu Wa Akrim Nuzulahu Wa Wassi’ Madkhalahu, Waghsilhu Bil Maa i Wats-tsalji Walbarodi Wa Naqqihii Minal khathaa Ya Kamaa Yunaqqats-Tsawbul Abyadhu Minad Danas. Wa Abdilhu Daaran khairan Min Daarihii Wa Ahlan Khairan Min Ahlihii Wa Zawjan Khairan Min Zawjihi, Wa Adkhilhul Jannata Wa A ‘Idzhu Min ‘Adzaabil Qobri Wa Fitnatihi Wa Min ‘Adzaabin Naar.”

Adapun arti dari doa untuk kedua orang tua yang sudah meninggal yang dipanjatkan yaitu :

“ Ya Allah, semoga Engkau mengampuni dan memberikan rahmat, bebaskanlah, serta lepaskanlah kedua orang tua hamba. Serta muliakanlah tempat tinggalnya, luaskan juga jalan masuknya, serta bersihkanlah kedua orang tua hamba, dengan menggunakan air yang sejuk dan juga jernih. Bersihkan juga kedua orang tua hamba, dari berbagai kesalahan yang ada, selayaknya pakaian yang putih, bersih dari kotoran. Gantikan juga tempat tinggalnya, dengan tempat tinggal yang lebih layak, dibandingkan tempat tinggalnya sekarang. Serta keluarga yang lebih baik, daripada keluarga yang ditinggalkannya. Masukkan juga kedua orang tua hamba ke surga, serta berikanlah perlindungan dari siksa kubur dan juga fitnah dari siksa api neraka.”

5. Doa meminta ampunan Allah untuk orang tua

Sebagai anak yang sholeh atau juga sholehah, mendoakan orang tua, agar diampuni segala dosa dosanya kepada Allah SWT, tentu menjadi hal yang sebaiknya dilakukan. Karena pada dasarnya manusia tidak akan terlepas dari berbagai macam dosa dan juga kesalahan yang dilakukan. Doa anak yang sholeh / sholehah, pastinya akan dijabah oleh Alah SWT.

Baca Juga:  2 Bacaan Setelah Sholat Tahajud Yang Bisa Kamu Baca Dan Lafalkan Setiap Malam!

Berikut ini adalah tuliskan doa untuk kedua orang tua agar semua dosa yan pernah diperbuat, diampuni oleh Alah SWT.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ مِنْ مَشَارِقِ الْاَرْضِ إِلَى مَغَارِبِهَا بَرِّهَا وَبَحْرِهَا، خُصُوْصًا إِلَى آبَاءِنَا وَاُمَّهَاتِنَا وَأَجْدَادِنَا وَجَدَّاتِنَا وَأَسَاتِذَتِنَا وَمُعَلِّمِيْنَا وَلِمَنْ أَحْسَنَ إِلَيْنَا وَلِأَصْحَابِ الحُقُوْقِ عَلَيْنَا

Atau Anda juga dapat memanjatkannya sebagai berikut :

“Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiro, waliljamii’il muslimiina walmuslimaati, walmu’miniina wal mu’minaati Al ahyaa’i minhum wal amwaati, wataabi’ bainanaa wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa annta khoirur roohimiin, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil’aliyyil adhiimi.”

Adapun arti dari doa kepada orang tua yang baru saja dipanjatkan, yaitu :

“ Ya Allah, berikan ampunan pada hamba, atas semua dosa yang pernah diperkuat, dan juga semua dosa yang pernah dilakukan oleh orang tua hamba, kasihanilah pula mereka, sebagaimana keduanya merawat hamba ketika masih kecil. Demikian pula pada semua muslimin dan muslimat, semua orang beriman baik laki lai atau juga perempuan, baik yang masih hidup atau yang sudah meninggal, ikutkanlah kami serta mereka pada kebaikan yang ada. Ya Allah, berikan juga ampunan serta belas kasihan, lantaran Engkau Tuhan yang penuh dengan belas kasih, serta tidak ada upaya selain meminta pertolongan-Mu.”

Demikianlah beberapa macam doa untuk kedua orang tua, yang dapat Anda panjatkan secara rutin. Anda dapat memilih salah satu doa yang dirasa tepat, untuk nantinya dipanjatkan pada kedua orang tua. Alangkah lebih baik, jika doa dipanjatkan pada waktu yang tepat, agar lebih mudah diijabah.