Doa Kepada Orang Tua Serta Waktu Yang Tepat Untuk Memanjatkannya

Islam71 Dilihat

Doa kepada orang tua adalah hal yang setiap anak wajib ketahui. Mendoakan kedua orang tua, baik yang masih hidup maupun sudah meninggal, merupakan salah satu cara berbakti kepada mereka. Doa kedua orang tua beserta artinya yang umum adalah sebagai berikut:

للّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

“Allahummaghfirlii waliwa lidayya warhamhuma kamaa rabbayaani saghiraa”

Artinya: “Ya Allah, ampunilah aku dan kedua orang tuaku, dan sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangiku sewaktu aku masih kecil.”

Selain mengetahui doa untuk kedua orang tua, perlu juga mengetahui waktu-waktu yang tepat untuk memanjatkan doa tersebut. Berikut adalah waktu-waktu yang dianjurkan untuk mendoakan orang tua.

Doa Kepada Orang Tua

Saat Sujud dalam Shalat

Gerakan sujud dalam shalat adalah titik di mana seorang hamba berada paling dekat dengan Allah. Karena itulah, seorang muslim sangat disarankan untuk memanjatkan doa saat bersujud ketika shalat, terutama sujud terakhir. Di sujud terakhir, doakan kedua orang tua untuk segala sesuatu yang baik, seperti diberikan umur yang panjang, kesehatan yang berkah, dan lain sebagainya.

Jika orang tua sedang sakit, seorang anak bisa mendoakan untuk kesembuhannya. Selain berdoa untuk kedua orang tua, manfaatkan waktu bersujud untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah.

Sepertiga Malam Terakhir

Sudah banyak ayat dan hadist yang menjelaskan berkahnya shalat tahajud yang dilakukan pada sepertiga malam terakhir. Sepertiga malam terakhir disebut-sebut sebagai salah satu waktu yang paling mujarab untuk berdoa kepada Allah SWT. Hal ini karena di saat semua orang tertidur, Allah akan melihat siapa yang akan berusaha bangun untuk mendekat kepada-Nya.

Baca Juga:  Waktu Sholat Tahajud Yang Paling Terbaik Dan Tata Cara Pelaksanaannya

Doa-doa baik akan dikabulkan oleh Allah dengan cara yang luar biasa. Karena itulah, sepertiga malam terakhir menjadi waktu yang sangat dianjurkan untuk mendoakan kedua orang tua. Jika seorang anak memiliki hajat untuk kedua orang tuanya, lebih baik mendoakan mereka saat shalat tahajud pada sepertiga malam terakhir.

Doa Kepada Orang Tua

Waktu Doa Kepada Orang Tua Antara Adzan dan Iqamah

Waktu terbaik selanjutnya untuk memanjatkan doa kepada orang tua adalah antara adzan dan iqamah. Setelah menjawab adzan, ada beberapa waktu sebelum dikumandangkannya iqamah, yang bisa dimanfaatkan untuk mendoakan kebaikan untuk orang tua. Rasulullah SAW menganjurkan untuk berdoa kepada Allah pada waktu ini, karena tidak akan tertolak.

Waktu antara adzan dan iqamah adalah waktu yang mustajab. Karena terdapat 5 kali adzan setiap hari, tentunya kamu tidak ingin meninggalkan amalan ini.

Selain waktu-waktu yang sudah disebutkan di atas, masih ada waktu-waktu mustajab lainnya untuk mendoakan kebaikan kepada orang tua. Contohnya, saat berbuka puasa. Pada saat berbuka puasa, ini adalah waktu yang penuh dengan keberkahan, terlebih setelah hampir seharian berpuasa. Sehingga merupakan waktu yang tepat untuk memanjatkan doa kepada orang tua.