Doa Untuk Kedua Orang Tua Yang Sudah Meninggal

Islam80 Dilihat

Doa untuk kedua orang tua yang sudah meninggalDoa untuk orang tua yang telah meninggal berbeda dengan doa untuk kedua orang tua yang masih hidup, yang sudah diajarkan kepada kita sejak kecil. Dengan mendoakan orang tua yang sudah meninggal, diharapkan mereka bisa masuk surga serta terlindung dari siksa api neraka. Tuliskan doa untuk kedua orang tua yang sudah meninggal, dan bacalah setiap hari.

Doa Untuk Kedua Orang Tua Yang Sudah Meninggal

Doa Untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal

اللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّ

“Allahummaghfir lahu warhamhu wa’aafihi wa’fuanhu wa akrim nuzulahu wa wassi’ madkhalahu, waghsilhu bil maa i wats-tsalji walbarodi wa naqqihii minal khathaa ya kamaa yunaqqats-tsawbul abyadhu minad danas. Wa abdilhu daaran khairan min daarihii wa ahlan khairan min ahlihii wa zawjan khairan min zawjihi, wa adkhilhul jannata wa a’idzhu min adzaabil qobri wa finatihi wa min adzaabin naar.”

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah kedua orang tuaku. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, bersihkanlah kedua orang tuaku dengan air yang jernih dan sejuk. Dan bersihkanlah kedua orang tuaku dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran. Dam gantilah tempat tinggalnya dengan tempat tinggal yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya juga. Masukkanlah kedua orang tuaku ke surga, dan lindungilah dari siksa kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka.”

Baca Juga:  Macam-Macam Doa Kepada Kedua Orang Tua Dan Artinya

Doa Untuk Kedua Orang Tua Yang Sudah Meninggal

Waktu Terbaik Untuk Memanjatkan Doa

Ada beberapa waktu yang lebih dianjurkan dan mustajab untuk berdoa kepada Allah, dibanding waktu-waktu lainnya. Berikut adalah waktu terbaik untu memanjatkan doa, termasuk doa untuk kedua orang tua yang sudah meninggal.

Di Hari Arafah

Hari arafah jatuh pada tanggal 9 Dzulhijjah. Ini adalah hari dimana para jamaah haji melakukan wukuf di padang arafah. Pada hari arafah, disarankan untuk memperbanyak doa bagi para muslim karena ini adalah waktu yang mustajab di mana doa-doa baik akan dikabulkan. Rasulullah SAW sendiri pernah bersabda bahwa hari arafah adalah hari terbaik untuk berdoa.

Saat Hujan Turun

Hujan merupakan salah satu nikmat dari Allah SWT untuk semua umatnya. Terdapat hadist yang mengatakan bahwa saat hujan turun adalah waktu yang baik untuk memanjatkan doa karena tidak akan ditolak. Ini adalah waktu yang penuh rahmat sehingga terdapat doa khusus saat hujan turun. Gunakan waktu yang mustajab ini untuk memanjatkan doa untuk kedua orang tua yang sudah meninggal.