Doa Kedua Orang Tua Beserta Artinya Bagi Orang Tua Yang Lagi Sakit Atau Meninggal

Islam85 Dilihat

Doa kedua orang tua beserta artinya – Ada beberapa doa kedua orang tua beserta artinya, termasuk doa khusus untuk orang tua yang sedang sakit. Tidak sama dengan doa Nabi Yusuf wajah berseri, berikut adalah doa untuk kedua orang tua, terlebih yang sedang sakit.

Doa Kedua Orang Tua Beserta Artinya yang Sedang Sakit

Panjatkan doa ini saat orang tua sedang sakit, agar segera diberi kesembuhan dan sehat seperti sebelumnya.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِه وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

“Allahumma robbannaasi adzhibil ba’sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa a illa syifaauka syifaan laa yughaadiru saqaama”

Artinya: “Ya Allah, Rabb manusia dan alam semesta, hilangkanlah kesusahan dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau zat yang maha menyembuhkan.”

Doa Untuk Orang Tua yang Sedang Sakit Berat

Terkadang, bisa jadi sakit yang diderita orang berat atau parah. Saat hal ini terjadi, seorang anak harus bersabar dan mendoakan orang tua agar mendapatkan yang terbaik.

اللَّهُمَّ اَحْيِنِي مَاكَا نَتِ الْحَيَاةُ خَيْرً الِّى وَتَوَ فَّنِى مَاكَا نَتْ الوَ فَاةُ خَيْرًا لِى

“Allahumma ahyini maa kaa natil khayatu khairalli, watawaf fanni adza kaanat aafaatu khiralli.”

Artinya: “Ya Allah, sembuhkanlah penyakitnya jika itu lebih baik baginya, dan cabutlah nyawanya jika kematian itu lebih baik baginya.”

Doa Untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal

Orang tua yang sudah meninggal pun masih perlu didoakan agar masuk surga dan terlindung dari api neraka.

Baca Juga:  Tata Cara Sholat Dhuha 2 Rakaat, Ibadah Yang Setara Dengan 360 Sedekah

اللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّا

“Allahummaghfir lahu warhamhu wa’aafihi wa’fuanhu wa akrim nuzulahu wa wassi’ madkhalahu, waghsilhu bil maa i wats-tsalji walbarodi wa naqqihii minal khathaa ya kamaa yunaqqats-tsawbul abyadhu minad danas. Wa abdilhu daaran khairan min daarihii wa ahlan khairan min ahlihii wa zawjan khairan min zawjihi, wa adkhilhul jannata wa a’idzhu min adzaabil qobri wa finatihi wa min adzaabin naar.”

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah kedua orang tuaku. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, bersihkanlah kedua orang tuaku dengan air yang jernih dan sejuk. Dan bersihkanlah kedua orang tuaku dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran. Dam gantilah tempat tinggalnya dengan tempat tinggal yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya juga. Masukkanlah kedua orang tuaku ke surga, dan lindungilah dari siksa kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka.”

Itu tadi adalah beberapa doa kedua orang tua beserta artinya untuk yang sedang sakit.