Kapan Waktu Mustajab Untuk Memanjatkan Doa Kedua Orang Tua Arab? Simak Penjelasannya

Islam104 Dilihat

Waktu Mustajab Untuk Memanjatkan Doa Kedua Orang Tua Arab – Waktu mustajab adalah waktu terbaik untuk memanjatkan doa kedua orang tua arab serta meminta kebaikan dunia dan akhirat. Seorang muslim yang berdoa di waktu mustajab akan diijabah oleh Allah SWT. Bahkan, hajatnya mustahil ditolak bila berdoa di waktu-waktu terbaik.

Rasulullah sendiri telah menganjurkan umatnya untuk memperbanyak doa di waktu mustajab, salah satunya pada sepertiga malam terakhir. Selain itu, ada waktu-waktu mustajab yang sebaiknya digunakan untuk berdoa.

Doa Kedua Orang Tua Arab

Waktu Mustajab Menurut Islam untuk Berdoa

Ada banyak doa untuk kedua orang tua dalam Al-quran yang dapat dipanjatkan oleh seorang anak untuk memohonkan kebaikan kedua orang tuanya. Bila dipanjatkan pada waktu yang mustajab, doa untuk kedua orang tua akan dikabulkan oleh Allah SWT. Berikut ini beberapa waktu mustajab yang dapat dimanfaatkan untuk berdoa kepada Allah.

1. Di Hari Jum’at

Hari Jum’at merupakan salah satu hari yang mulia dalam agama Islam. Di hari jum’at setiap doa akan diijabah oleh Allah SWT. Tak terkecuali doa untuk kedua orang tua dari anak yang sholeh dan shalihah. Sebab itulah, pada hari Jum’at setiap hamba dianjurkan untuk memperbanyak doa serta meminta kebaikan dunia dan akhirat kepada-Nya.

Salah satu waktu terbaik untuk berdoa di hari Jum’at adalah sejak imam naik ke mimbar hingga shalat Jum’at selesai. Selain itu, waktu setelah ashar hingga terbenamnya matahari juga menjadi di hari Jum’at juga menjadi saat terbaik untuk memanjatkan doa.

Baca Juga:  Tuliskan Doa Untuk Kedua Orang Tua Yang Masih Hidup Dan Sudah Meninggal

2. Sebelum Salam di Shalat Wajib

Waktu mustajab berikutnya untuk memanjatkan doa kedua orang tua arab adalah saat sebelum salam di shalat wajib. Para sahabat Rasul merutinkan untuk berdoa di waktu sebelum salam saat shalat wajib. Untuk itu, panjatkan doa dalam hati untuk kedua orang tua pada waktu mustajab tersebut.

Doa Kedua Orang Tua Arab

3. Ketika Turun Hujan

Hujan merupakan salah satu rahmat yang Allah turunkan untuk manusia. Menariknya, pada saat hujan turun inilah menjadi salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa. Bahkan, sebuah hadist mengatakan bahwa ketika hujan turun tidak akan ditolak doanya oleh Allah SWT. Oleh karenanya, perbanyaklah mendoakan kebaikan dunia akhirat bagi kedua orang tua saat turun hujan.

4. Di Hari Arafah

Waktu mutajab yang berikutnya adalah di hari arafah, yakni pada tanggal 9 Dzulhijjah. Pada hari tersebut, para jamaah haji melakukan wukuf di Arafah. Bagi seluruh umat muslim yang berhaji maupun tidak dianjurkan untuk memperbanyak doa. Sebab setiap doa yang dipanjatkan kaum muslimin akan diijabah oleh Allah SWT.

Itu tadi 4 waktu yang mustajab untuk memanjatkan doa kedua orang tua arab. Selain itu, perbanyak doa kedua orang tua di waktu antara dzuhur dan ashar pada hari rabu serta ketika sujud dalam shalat agar dikabulkan oleh Allah.