Tuliskan Doa Untuk Kedua Orang Tua Yang Masih Hidup Dan Sudah Meninggal

Islam96 Dilihat

Ajarkan tuliskan doa untuk kedua orang tua sejak dini – Islam mengajarkan umatnya untuk berbuat baik kepada siapa pun, tidak terkecuali kepada kedua orang tua. Salah satu bentuk kebaikan seorang anak adalah memanjatkan doa untuk kedua orang tua. Dalam Islam sendiri, orang tua memiliki derajat yang tinggi karena perannya dalam mendidik anaknya.

Mengajarkan kebaikan pada anak sebaiknya dilakukan sejak usia dini dengan mengenalkan mereka pada tuliskan doa untuk kedua orang tua. Mendoakan kedua orang tua tidak hanya ketika mereka masih hidup saja. Bahkan, bagi orang tua yang sudah meninggal sekalipun, anak masih memiliki kewajiban untuk mendoakannya.

Berikut ini kumpulan doa untuk orang tua yang masih hidup, sedang sakit, dan sudah meninggal yang seharusnya dipanjatkan pada waktu-waktu mustajab.

Tuliskan Doa Untuk Kedua Orang Tua

1. Doa untuk Kedua Orang Tua Selama Hidup di Dunia

Anak wajib berbakti kepada kedua orang tuanya selama mereka mengajak pada kebenaran. Sebagai seorang anak, salah satu bentuk baktinya terhadap kedua orang tua adalah dengan mencurahkan rasa sayangnya secara tulus. Selain itu, anak juga dianjurkan untuk senantiasa mendoakan kedua orang tuanya.

Mendoakan kedua orang tua tidak hanya memintakan kebaikan atas mereka kepada Allah SWT. Namun, juga sebagai sarana untuk membangun kedekatan jiwa antara anak dan orang tua. Makin sering seorang anak mendoakan kedua orang tuanya, maka semakin bagus pula.

Bagi kedua orang tua yang masih hidup, anak dapat memanjatkan doa kedua orang tua rabbighfirli. Arti doa ini adalah, “Ya Allah, ampunilah semua dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, serta berbelas kasihlah kepada mereka berdua seperti mereka berbelas kasih kepadaku di waktu aku kecil.”

Tuliskan Doa Untuk Kedua Orang Tua

2. Doa untuk Kedua Orang Tua yang Sedang Sakit

Anak memiliki kewajiban untuk berbakti kepada kedua orang tua dalam kondisi sehat maupun sakit. Ketika sakit, anak harus merawatnya dengan baik serta mendoakan kedua orang tuanya, baik dalam kondisi sakit ringan maupun sakit keras.

Baca Juga:  Kapan Waktu Mustajab Untuk Memanjatkan Doa Kedua Orang Tua Arab? Simak Penjelasannya

Tidaklah seorang anak memanjatkan doa bagi kedua orang tuanya yang sedang sakit melainkan semata-mata mengharap kesembuhan dari Allah SWT. Berikut ini arti dari tuliskan doa untuk kedua orang tua yang sedang sakit ringan: “Ya Allah, Rabb Manusia dan alam semesta, hilangkanlah kesusahan dan berikanlah dia kesembuhan. Engkau dzat yang Maha Menyembuhkan.”

3. Doa untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal

Meskipun kedua orang tua telah meninggal, anak tetap harus mendoakannya untuk memohonkan ampunan. Selain itu, anak yang sholeh dan sholihah juga memberikan pahala bagi kedua orang tua yang telah meninggal. Lafaz doa untuk orang tua yang sudah meninggal adalah seperti berikut:

“Allahummaghfirlahu warhamhu wa’aafihi wa’fu ‘anhu.

Itu tadi tuliskan doa untuk kedua orang tua yang masih hidup, dalam kondisi sakit, maupun yang sudah meninggal.