Waktu Sholat Tahajud Yang Paling Terbaik Dan Tata Cara Pelaksanaannya

Islam142 Dilihat

aWaktu Sholat Tahajud Terbaik Dan Tata Cara Pelaksanaannya – Sholat tahajud merupakan satu-satunya sholat sunnah yang ditulis dalam Al-Qur’an. Waktu sholat tahajud umumya akan dilakukan ketika sudah tengah malam yang membuat sebagian umat muslim berat untuk mengerjakannya. Padahal, sholat tahajud ini memiliki keutamaan yang sangat luar biasa bagi yang mau mengerjakannya.

Sebagai umat muslim yang berkeinginan untuk menjalankan ibadah sholat tahajud, tentu harus tahu waktu paling baik sholat tahajud agar bisa mendapatkan pahala yang benar-benar sempurna. Waktu yang bisa dikatakan terbaik untuk menjalankan sholat tahajud adalah saat memasuki sepertiga malam terakhir.

Pengertian Sholat Tahajud

Shalat tahajud merupakan ibadah sunnah yang biasanya akan dikerjakan di sepertiga malam sampai sebelum menjelang shalat subuh, yaitu di mulai dari pukul 01.00 WIB sampai sebelum memasuki adzan subuh. Sholat tahajud ini hanya dapat dikerjakan ketika sudah bangun dari tidur malam walaupun cuma sebentar.

Jadi ketika Anda sedang terjaga maupun begadang pasti tidak dapat melakukan sholat sunnah yang satu ini. Waktu mulai sholat tahajud ini terbagi ke dalamm 3 bagian. Walaupun begitu, jumlah rakaat yang diperbolehkan bisa dipilih sesuai kemampuan Anda. Dimulai dari yang paling sedikit, yaitu 2 rakaat dan maksimal yang sesuai dengan keinginan.

Baca Juga:  Beginilah Waktu Sholat Tahajud Terbaik

Waktu yang Dianjurkan

Waktu Dan Cara Sholat Tahajud ini memang terbilang sangat panjang. Mulai dari setelah shalat isya sampai menjelang subuh. Jam yang pas untuk sholat tahajud ini ada tiga bagian dimana Rasulullah SAW pernah menjalankan di ketiga waktu tersebut, yaitu:

Setelah Shalat Isya – Pukul 22.00

Sholat tahajud ini sudah dapat dikerjakan di sepertiga malam yang pertama yaitu di mulai dari setelah shalat isya – pukul 22.00. Jika Anda ingin menunaikan sholat tahajud yang tidak terlalu malam dapat melaksanakannya pada waktu tersebut.

Namun, harus selalu diingat bahwa sholat tahajud ini hanya dapat dilaksanakan setelah bangun dari tidur malamnya. Boleh jika bangun jam 10 malam untuk mengerjakan sholat tahajud setelah sebelumnya tidur selepas sholat isya. Sholat tahajud tapi belum sholat isya ini merupakan sebuah kebiasaan yang tidak baik, jadi lebih baik kerjakan shalat isya terlebih dahulu.

Pukul 23.00 – pukul 01.00

Jadwal sholat tahajud yang baik berikutnya adalah di sepertiga malam kedua, yaitu di mulai dari pukul 23.00-pukul 01.00 dini hari. Waktu ini memang dirasa berat bila akan menjalankan sholat tahajud karena waktu di mana orang-orang kebanyakan sudah tertidur pulas.

Baiknya Anda niatkan dengan sungguh-sungguh agar bisa melaksanakan sholat tahajud nantinya. Jika dibutuhkan, pasang alarm maupun minta bangunkan salah satu anggota keluarga lainnya agar tidak terlewat untuk menunaikan ibadah sholat tahajud. Nantinya ada banyak sekali pahala menanti untuk yang melaksanakannya.

Pukul 01.00- adzan sholat subuh

Sepertiga malam yang terakhir ini merupakan waktu sholat tahajud yang paling utama dan memang terbaik. Waktu ini akan dimulai dari pukul 01.00 hingga nantinya memasuki waktu sholat subuh. Jadi, tahajud jam 4 pagi bolehkah? Boleh karena saat inilah, hamba Allah SWT yang bertaqwa mendekatkan diri dengan Tuhannya dan memohon ampunan untuk segala dosa yang dilakukannya.

Baca Juga:  Tata Cara Shalat Dhuha 4 Rakaat 1 Salam, Silakan Dicoba

Ketiga waktu yang ada di atas adalah waktu yang paling terbaik untuk mengerjakannya. Bukan hanya di sepertiga malam terakhir atau sholat tahajud sebelum sahur, di sepertiga malam pertama maupun kedua bagi yang menjalankannya akan diberikan keistimewaan dan fadhila oleh Allah SWT.

Mengerjakan sholat tahajud ini bukan hanya permasalahan bisa bangun ketika tengah malam saja atau tidaknya. Lebih dari pada itu, melaksanakan sholat tahajud harus dikerjakan dengan penuh pengharapan dengan ridho Allah SWT, keikhlasan dan juga istiqomah. Orang-orang yang seperti itulah pada akhirnya bisa benar-benar merasakan manfaat serta keutamaan dari menjalankan ibadah sholat tahajud.

Tata Cara yang Baik dan Benar

Mengetahui waktu dan cara sholat ini yang baik dan benar memang menjadi sebuah keharusan, agar nantinya kita bisa benar-benar mendapatkan keutamaannya. Lalu, seperti apa tata cara yang baik dan benar ini?

Membaca niat sholat tahajud

Anda bisa membaca doa niat terlebih dahulu. “Ushalli sunnata ttahajjudi rakataini mustaqbilal qiblati lillahi taalla”.

Takbiratul Ihram

Gerakan takbiratul ihram dapat Anda lakukan dengan cara mengangkat kedua tangan yang dibarengi dengan mengucapkan kalimat takbir yaitu “Allaahu Akbar”.

Membaca doa iftitah dan Al-fatihah

Setelah melakukan gerakan takbiratul ihram, maka Anda bisa membaca doa ifitah yang memang sudah Anda hafalkan. Baru setelahnya membaca surat Al-fatihah yang wajib dibaca setiap mengerjakan sholat.

Membaca ayat-ayat Al-Quran yang di hafal

Surat-surat pendek yang ada di dalam Al-Quran ini dibaca pada saat dua rakaat yang pertama dan hukumnya adalah sunnah.

Rukuk

Berikutnya melakukan rukuk yang diberangi dengan membaca doa “Subbahanna robbiyal adziimi wabihamdih” yang dibaca 3x.

Itidal

Selanjutnya baca “Samiallah hulimanhamidah” dan sambil berdiri ucapkan “Robbana lakal hammdu milusamawati wamiul ardhi wamilumaasyita”.

Baca Juga:  Cara Sholat Tahajud 2 Rakaat Dan Waktu Terbaik Untuk Melaksanakannya

Sujud

Ketika sujud baca “ Subhaana robbiyal ala wabihamdih”, yang dibaca sebanyak 3x.

Duduk di antara sujud

Ketika duduk di antara sujud juga membaca “Robbighfirli warhamni wajburnni warfanni warzuqni wahdinni waafinni wafuanni”. Setelah selesai baru lakukan gerakan sujud kembali sampai rakaat yang kedua dan ditutup dengan doa tahiyat akhir.

Keutamaan dari Sholat Tahajud

Berikut ini akan kita berikan rangkum beberapa keutamaan bila rajin untuk menjalankan ibadah sholat tahajud:

Menghapus dosa-dosa

Jika rajin untuk menjalankan ibadah saholat tahajud ini maka akan dihapuskan segala dosa dan kesalahan yang sudah pernah dilakukan.

Diberikan tempat yang paling terpuji di sisi Allah SWT

Bagi orang yang melaksanakannya dan niatnya yang tulus, tekun, ikhlas dan berserah diri pada Allah, maka akan diberikan tempat yang paling terpuji dan mulia di sisinya Allah SWT.

Lebih rendah hati

Allah SWT menegaskan bila seseorang yang melakukanny akan selalu mempunyai sifat yang lebih rendah hati serta bersahabat. Ketenteraman yang merupakan cerminan ketenangan jiwa ketika menjalani kehidupan sehari-hari akan membuat kita lebih rendah hati.

Jembatan untuk masuk surga

Keutamaan dari waktu sholat ini yang berikutnya adalah dapat menjadi jembatan agar bisa masuk surga. Allah SWT sudah menjanjikan surga untuk para umatnya yang memang taat kepada-Nya. Sebaliknya, Ia akan menjadikan neraka sebagai hukuman untuk para hambanya yang durhaka kepada-Nya.

Bukan hanya itu saja, Allah SWT juga sudah menunjukkan kepada setiap umatnya cara-cara untuk bisa menggapai surga-Nya. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk bisa masuk surga adalah dengan melaksanakan ibadah sunnah ini.

Amalan yang akan membantu di akhirat nanti

Pada surat Az-Zariyat ayat 15-18 disebutkan orang yang melakukan sholat tahajud, akan diberikan balasan yang setimpal oleh Allah SWT ketika kelak berada di akhirat.