Keutamaan Dan Waktu Mulai Sholat Tahajud

Islam93 Dilihat

Keutamaan Dan Waktu Mulai Sholat Tahajud – Waktu mulai sholat tahajud dimulai dari setelah waktu sholat isya sampai sebelum waktu sholat subuh. Namun perlu diingat bahwa ibadah sholat tahajud hanya dapat dilakukan setelah Anda bangun dari tidur. Ada banyak keutamaan dari sholat tahajud yang perlu Anda ketahui seperti penjelasan di bawah ini!

Waktu Mulai Sholat Tahajud

Sholat Sunnah Anjuran Rasulullah SAW

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam menganjurkan umatnya untuk melaksanakan sholat sunnah setelah sholat wajib. Salah satu sholat sunnah yang paling dianjurkan adalah sholat tahajud atau sholat malam. Anjuran Rasulullah mengenai sholat malam ini bukan tanpa alasan, beliau tahu betul bahwa keutamaan ibadah ini sangat banyak.

Bahkan beliau saja yang sudah dijamin surga oleh Allah, masih melaksanakan sholat tahajud hingga pernah mengalami kaki bengkak. Beliau melaksanakan sholat tahajud sebagai wujud syukur atas nikmat dan anugerah yang dicurahkan Allah padanya. Oleh karena itulah Rasulullah menjadikan sholat tahajud sebagai sholat sunnah yang paling diutamakan atau dianjurkan.

Rajin Tahajud Imbalan Surga

Pada sebuah hadits dengan jelas Rasulullah mengucapkan seruan untuk kaum muslimin melaksanakan sholat malam. Beliau bahkan menekan bahwa siapapun yang melaksanakan sholat malam niscaya akan masuk surga dengan aman. Namun sebelumnya, Anda harus tahu waktu dan cara sholat tahajud yang benar untuk mendapatkan imbalan surga sesuai janji Allah.

Waktu Mulai Sholat Tahajud

Tahajud Meninggikan Derajat

Siapapun yang melaksanakan sholat tahajud atau sholat malam maka Allah akan mengangkat derajatnya. Hal itu sesuai janji Allah dalam hadits riwayat Ahmad yakni, Allah akan mempersiapkan surga yang di dalamnya terdapat kamar-kamar bagi orang yang bangun malam ketika banyak orang sedang terlelap. Hadits tersebut dengan jelas mengatakan bahwa Allah akan mempersiapkan tempat terbaik bagi hambanya yang rela terjaga di malam hari saat masuk waktu mulai sholat tahajud.

Baca Juga:  Tata Cara Sholat Malam Tahajud Lengkap Dengan Niatnya, Cek Disini!

Sholat Sunah Tahajud Paling Utama Setelah Sholat Wajib

Sholat tahajud memang merupakan ibadah sunnah, tapi di antara banyaknya sholat sunnah yang paling dianjurkan Rasulullah adalah sholat tahajud. Hal itu karena sholat tahajud keutamaan sholat tahajud yang bisa diperoleh siapapun. Allah akan menghapus dosa-dosa yang telah lalu serta mencegah Anda dari perbuatan dosa.

Selain itu Anda juga akan diberkahi kehormatan dari pandangan orang lain apabila rajin sholat malam. Hadits Riwayat Al Hakim menjelaskan bahwa sesungguhnya kehormatan seorang mukmin terletak pada sholat malamnya, sementara kemuliaannya terletak ketika ia tidak meminta-minta kepada orang lain.

Cara sholat tahajud sama dengan sholat sunnah lainnya yakni diawali dengan mensucikan alias berwudhu lalu niat. Lafadz niat dapat dibaca dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Arab karena memiliki arti yang sama.

Itulah penjelasan singkat mengenai cara dan waktu sholat tahajud. Semoga kita senantiasa mampu beribadah kepada Allah serta menjaga rukun iman di dalam diri.