Mengetahui Penjelasan Tahajud Jam 4 Pagi Bolehkah?

Islam141 Dilihat

Tahajud Jam 4 Pagi Bolehkah? – Waktu shalat tahajud wajib diketahui jika berniat melaksanakan ibadah ini. Alasannya, ada waktu-waktu tertentu yang terbukti menjadi waktu terbaik untuk melaksanakan shalat tahajud. Lantas, tahajud jam 4 pagi bolehkah?

Sering kali sekali ketika Anda melakukan sholat tahajud pada waktu terbaik, tetapi melewatkannya. Segera cari tahu waktu sholat tahajud yang terbaik di artikel ini!

Tahajud Jam 4 Pagi Bolehkah

Mengetahui Tahajud Jam 4 Pagi Bolehkah

Sholat tahajud merupakan shalat sunnah yang dilakukan mulai sepertiga malam sebelum sholat subuh dari pukul 01:00 WIB dan sebelum matahari terbit sampai adzan. Sholat ini adalah shalat yang hanya bisa dilakukan saat bangun dari tidur malam dalam singkat.

Jadi, tentunya jika Anda bangun atau begadang, maka tidak bisa melaksanakan shalat tahajud. Waktu sholat tahajud terbagi menjadi 3 bagian. Namun, jumlah waktu yang diperbolehkan untuk melakukan sholat sunnah ini dapat dipilih sesuai kemampuan.

Jadi, tahajud jam 4 pagi bolehkah? Jumlah waktu sholat tahajud dimulai minimal dua jam sampai maksimal tergantung keinginan sobat. Jadi sekarang Anda tahu mengapa shalat tahajud dianjurkan, mari kita cari tahu kapan sholat tahajud terbaik.

Ustadz Adi Hidayat telah mengawali di website detik Edu bahwa waktu sholat tahajud yang paling baik adalah sepertiga malam terakhir. Hal ini karena sepertiga malam terakhir merupakan salah satu waktu yang paling penting ketika rahmat Allah diturunkan.

Tahajud Jam 4 Pagi Bolehkah

Jadi jam berapa sepertiga malam terakhir?

Sepertiga malam pertama dimulai sejak pukul 20.00, WIB pukul 22.00. sepertiga kedua malam, mulai pukul 23:00. WIB sampai pukul 01:00 Kemudian sepertiga malam terakhir yang juga merupakan waktu terbaik untuk sholat tahajud adalah dari pukul 02:00 WIB hingga 04:00.

Baca Juga:  Doa Nabi Sulaiman Cepat Kaya Raya Dan Selalu Bersyukur

Jadi waktu terbaik untuk sholat tahajud adalah pukul 02:00 WIB hingga 04:00 WIB. Akan tetapi, jika Anda memiliki kendala atau alasan dan tidak dapat melakukannya sampai setelah pukul 04:00, jelas tidak apa-apa. Pastikan saja azan subuh belum terdengar.

Tata cara sholat tahajud sebetulnya sama dengan sholat sunni lainnya. Sholat ini akan diawali dengan membaca waktu sholat Tahajud. Sholat sunnah ini dilakukan sampai dua rakaat diikuti dengan salam, jika ingin menambah rakaat lagi sholatlah dua rakaat dan mengulang salam dll.

Meski banyak sekali umat Islam yang mengetahui bahwa pahala shalat tahajud sangat besar, ternyata shalat tahajud masih dianggap terlalu sulit untuk dilakukan. Padahal, shalat tahajud ini termasuk salah satu cara untuk memperoleh banyak nikmat baik di dunia maupun akhirat.

Itu saja beberapa informasi tentang waktu shalat tengah malam dan waktu sholat tengah malam. Semoga informasinya bermanfaat dan memberikan wawasan tambahan.