Beginilah Waktu Sholat Tahajud Terbaik

Islam106 Dilihat

Waktu Paling Baik Sholat Tahajud – Sholat tahajud sendiri adalah sholat malam yang biasa dilaksanakan setelah seseorang tertidur dahulu. Sholat ini dapat dilakukan paling tidak minimal 2 rakaat dan tidak ada batasan maksimal untuk jumlah rakaatnya. Setelah anda melakukan sholat tahajud, biasanya akan ditutup dengan melakukan shalat witir yang mempunyai rakaat ganjil.

Mengenal tentang sholat Tahajud

Tata cara untuk sholat tahajud sebelum sahur maupun di lain bulan puasa ini sebenarnya sama saja dengan sholat sunnah yang lainnya. Sholat ini akan diawali dengan membaca dahulu niat sholat tahajud. Jika anda ingin menambah rakaat saat sholat tahajud, maka anda perlu melakukan shalat dua rakaat kemudian kembali lagi melakukan salam, dan seterusnya.

Bagi anda yang ingin melaksanakan sholat tahajud, tentu perlu mengetahui waktu paling baik sholat tahajud agar bisa mendapatkan pahala yang sempurna. Tapi kapan waktu yang baik dalam melakukan sholat tahajud?

Waktu Sholat Tahajud Terbaik

Waktu sholat tahajud sendiri terbilang cukup panjang. Mulai dari setelah shalat isya sampai dengan menjelang subuh. Akan tetapi, semua orang yang hendak melakukan sholat tahajud diharuskan untuk tidur lebih dahulu walaupun hanya sebentar saja.

Diketahui terdapat sekitar tiga waktu sholat tahajud, di mana Rasulullah SAW juga pernah melaksanakan sholat tahajud pada ketiga waktu tersebut. Waktu-waktu dari pelaksanaan sholat tahajud tersebut adalah sebagai ini,

Pada Sepertiga Malam Pertama

Sholat tahajud sudah dapat anda lakukan pada sepertiga malam pertama, yaitu mulai dari setelah shalat isya sampai dengan pukul 22.00. Untuk itu, bagi yang ingin menunaikan sholat tahajud tapi tidak terlalu malam dapat langsung melaksanakannya pada rentang waktu tersebut.

Baca Juga:  Bagaimana Doa Niat Sholat Dhuha

Namun sekali lagi, perlu diingat jika sholat tahajud hanya dapat dilaksanakan setelah seseorang sudah bangun dari tidur malam. Boleh saja jika seseorang bangun sekitar jam 10 malam untuk melakukan sholat tahajud setelah melakukan sebelumnya tidur setelah sholat isya.

Pada Sepertiga Malam Kedua

Waktu paling baik sholat tahajud yang berikutnya terdapat pada sepertiga malam yang kedua, yaitu mulai dari pukul sekitar jam 23.00 sampai dengan jam 01.00 dini hari. Waktu ini diketahui lebih terasa berat untuk melakukan sholat tahajud dikarenakan itu adalah waktu di mana orang-orang tertidur dengan pulasnya.

Ada baiknya anda mengatakannya dengan sungguh-sungguh untuk melaksanakan sholat tahajud ini. Jika perlu, anda bisa memasang alarm ataupun minta bangunkan anggota keluarga yang lain supaya tidak terlewat menunaikan sholat tahajud. Karena sesungguhnya ada banyak sekali pahala yang menanti bagi yang melaksanakannya.

Pada Sepertiga Malam Terakhir

Sepertiga malam terakhir sendiri merupakan waktu paling baik sholat tahajud dan yang utama. Waktu ini dimulai dari pukul 01.00 sampai dengan waktu sholat subuh. Di saat inilah, banyak hamba Allah SWT yang akan bertaqwa dan mendekatkan diri pada Tuhannya serta memohon ampunan untuk semua dosa-dosanya.