Niat Dan Tata Cara Pelaksanaan Sholat Tahajud

Islam99 Dilihat

Waktu Sholat Tahajud Dan Niatnya – Mungkin masih banyak umat muslim yang belum mengetahui tentang waktu sholat tahajud dan niatnya. Padahal hal ini cukup penting mengingat sholat tahajud sendiri memiliki keistimewaan yang terletak pada waktu pelaksanaannya. Berikut adalah penjelasan mengenai niat salat tahajud beserta tata cara pelaksanaannya.

waktu sholat tahajud dan niatnya

Niat Sholat Tahajud

Perlu diketahui bahwa setiap amalan atau ibadah yang dilakukan memiliki manfaat dan keistimewaan tersendiri tanpa terkecuali dengan sholat tahajud ini. Mengenai waktu sholat tahajud dan niatnya sendiri menjadi salah satu bagian terpenting yang wajib dipahami agar dalam pelaksanaannya lebih tepat.

Yang mengatakan bahwa sepertiga malam merupakan Waktu sholat tahajud karena di waktu tersebut manusia sedang terlelap. Sehingga ketika ada umat muslim yang justru terbangun dan melakukan ibadah seperti salat tahajud maka Allah menjanjikan pahala yang luar biasa.

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa semua umat muslim dianjurkan untuk melaksanakan ibadah sholat sunah yang satu ini. Hanya saja memang tidaklah mudah untuk mengalahkan rasa kantuk dan rasa malas untuk bangun dan menjalankan salat tahajud. Karena memang waktu pelaksanaannya bertepatan dengan jam-jam istirahat.

Namun jika ingin termasuk ke dalam golongan umat yang dicintai dan dimuliakan oleh Allah maka tentunya tidak ada alasan untuk Malas mengerjakan sholat tahajud ini.

Setiap jenis ibadah baik itu yang berupa salat maupun yang lainnya tentu memiliki niat yang harus dilafadzkan. Masuk juga dengan sholat tahajud ini. Berikut niat untuk melakukan sholat tahajud beserta artinya.

” Ushollî sunnatat tahajjudi rak‘ataini lillâhi ta‘âlâ. “

Yang mana memiliki makna sengaja melaksanakan sholat tahajud karena Allah semata.

Baca Juga:  Mengetahui Tata Cara Sholat Tahajud Sebelum Sahur

waktu sholat tahajud dan niatnya

Tata Cara Sholat Tahajud

Perlu diketahui bahwa waktu sholat tahajud dan niatnya sangat penting untuk diketahui agar dapat memahami bacaan niat serta Kapankah waktu terbaik untuk melaksanakan sholat sunah tersebut. Dan mengenai waktu yang pas untuk sholat tahajud sendiri Memang dianjurkan dilaksanakan di sepertiga malam atau antara jam 01.00 pagi sampai dengan jam 03.00 pagi. Serta pelaksanaannya tersebut dianjurkan setelah terbangun dari tidur.

Namun jika terdapat kekhawatiran di jam tersebut tidak bisa terbangun dari tidur Maka terdapat waktu lain yang juga bisa digunakan untuk melaksanakan tahajud yaitu antara jam 07.00 malam Hingga jam 01.00 dini hari.

Setelah membahas tentang waktu sholat tahajud dan niatnya, maka hal yang tak kalah penting untuk diketahui yaitu tentang tata cara pelaksanaannya. Berikut ini adalah penjelasan mengenai bagaimana cara melaksanakan tahajud yang tepat.

  1. Pastikan badan dan pakaian dalam keadaan suci bebas dari najis
  2. Lakukan wudhu
  3. Membaca niat sholat tahajud
  4. Mengucapkan Allahu Akbar (Takbirotul Ikhrom)
  5. Membaca surah pendek apapun yang dikuasai
  6. Lakukan ruku’ secara tuma’ninah
  7. Lakukan i’tidal secara tuma’ninah
  8. Lakukan sujud secara tuma’ninah
  9. Usahakan duduk di antara dua sujud secara tuma’ninah
  10. Lakukan sujud kedua secara tuma’ninah
  11. Berdiri lagi untuk melaksanakan rakaat kedua
  12. Baca surat Al Fatihah
  13. Baca surat pendek apapun yang dikuasai
  14. Lakukan ruku secara tuma’ninah
  15. Lakukan i’tidal secara tuma’ninah
  16. Lakukan sujud secara tuma’ninah
  17. Usahakan duduk di antara dua sujud secara tuma’ninah
  18. Lakukan sujud yang kedua secara tuma’ninah
  19. Tasyahud akhir secara tuma’ninah
  20. Mengucap salam ke arah kanan dan kiri (usahakan wajah samping terlihat dari arah belakang)

Itulah beberapa penjelasan mengenai niat melaksanakan sholat tahajud serta seperti apa tata cara pelaksanaannya. Semoga bermanfaat.