Waktu Dan Cara Sholat Tahajud Yang Benar

Islam99 Dilihat

Waktu Dan Cara Sholat Tahajud – Ketahuilah bahwa ibadah sunnah yang satu ini memiliki keutamaan berlimpah sehingga Anda harus melaksanakannya setidaknya sekali seumur hidup. Sholat tahajud atau sholat malam paling sering dilaksanakan saat orang sedang ingin berkomunikasi secara intens dengan Allah. Inilah waktu dan cara sholat tahajud yang benar.

Waktu Dan Cara Sholat Tahajud

Apa itu Sholat Tahajud?

Selain sholat wajib, umat Islam juga dianjurkan untuk melaksanakan ibadah sholat sunnah. Salah satu sholat sunnah yang paling diutamakan adalah sholat tahajud. Sholat tahajud merupakan sholat malam yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah.

Bahkan Rasulullah mengatakan bahwa siapapun yang rutin melaksanakan sholat tahajud, maka Allah akan memudahkan segala urusannya di dunia maupun akhirat. Hidupnya juga akan dijauhkan dari berbagai bentuk kesengsaraan, kesulitan dan kesukaran. Allah juga akan memuliakan hidupnya dengan mengangkat derajatnya. Sesuai dengan rukun iman, Anda sebagai hamba Allah harus percaya dengan segala bentuk ketetapan-Nya.

Setiap malam, Allah akan turun ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah mengabulkan permintaan hamba-Nya dan mengampuni dosa hamba-Nya yang beristighfar. Tahajud jam 4 pagi bolehkah? Tahajud dapat dilaksanakan mulai dari setelah sholat isya sampai sebelum waktunya sholat subuh. Jadi, apabila jam 4 pagi di wilayah Anda belum memasuki waktu subuh maka diperbolehkan untuk sholat tahajud.

Waktu Dan Cara Sholat Tahajud

Cara Sholat Tahajud

Waktu dan cara sholat tahajud yang benar akan dijelaskan sebagai berikut. Anda bisa mengambil waktu sholat tahajud di sepertiga malam pertama yakni setelah sholat isya hingga pukul 22.00. Sepertiga malam kedua yakni pukul 23.00 hingga pukul 01.00 dini hari. Sepertiga malam terakhir yakni pukul 01.00 hingga memasuki waktu sholat subuh.

  1. Baca niat sholat tahajud dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Arab karena memiliki arti yang sama.
  2. Mengucap takbir “Allahu Akbar”.
  3. Membaca doa iftitah seperti sholat wajib dan sunnah lainnya.
  4. Membaca Al Fatihah.
  5. Membaca ayat pendek.
  6. Ruku’ dan doa ruku’.
  7. I’tidal dan doa I’’tidal.
  8. Sujud pertama dan doa sujud.
  9. Duduk di antara dua sujud dan doanya.
  10. Sujud kedua dan doa sujud.
  11. Berdiri dan lanjut rakaat kedua.
  12. Ulang dari nomor 4 hingga 10.
  13. Tahiyat akhir dan doa tahiyat akhir.
  14. Salam
Baca Juga:  Niat Dan Tata Cara Pelaksanaan Sholat Tahajud

Setelah melaksanakan sholat tahajud dianjurkan membaca doa dan zikir. Anda bisa menceritakan berbagai hal kepada Allah setelah melaksanakan sholat tahajud. Ungkapkan semua yang Anda rasakan sebagai beban, mintalah pula kepada Allah keinginan yang membawa kebaikan dunia dan akhirat. Jangan lupa akhiri dengan shalawat kepada Rasulullah.

Itulah penjelasan singkat mengenai waktu dan cara sholat tahajud yang benar. Semoga kita senantiasa diberikan kesehatan sehingga bisa terus beribadah kepada Allah.