Berikut Penjelasan Rukun Islam Yang Ke 4 Harus Dijalankan!

Islam95 Dilihat

Penjelasan Rukun Islam Yang Ke 4 Harus Dijalankan – Sebagai umat muslim, kita sudah tahu bahwa jumlah rukun Islam ada 5 sebagaimana yang telah disebutkan di atas. Tapi, bagaimana dan contoh untuk mengamalkan rukun Islam tersebut? Berikut ini ada beberapa contoh yang dapat dilakukan dalam menerapkan rukun Islam di kehidupan sehari hari.

Rukun Islam Ke 4

Cara yang dapat dilakukan untuk mengamalkan rukun Islam dalam kehidupan sehari hari

  1. Syahadat, apabila seseorang telah mengucapkan dua kalimat syahadat. Maka orang tersebut sudah memeluk agama Islam dengan tekad yang bulat dan sudah sah menjadi umat muslim. Salah satu syarat utama atau urutan rukun Islam yang pertama yaitu dengan mengucapkan dua kalimat syahadat. Yang memiliki lafaz, “Asyhadu an laa ilaha illallah, wa asyhadu anna muhammadar rasulullah. Dengan lafaz tersebut, seseorang itu akan menjalankan perintah Allah dan menjauhi segala larangan Nya serta mengikuti sunnah yang telah dijalankan oleh Nabi Muhammad SAW.
  2. Shalat, sebelum rukun Islam yang ke 4 yaitu ada Shalat sebagai rukun Islam yang kedua. Shalat ini wajib hukumnya bagi umat Muslim. Ada 5 waktu yang perlu dijalankan oleh umat muslim, mulai dari Isya, Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib.
  3. Puasa, umat Muslim wajib hukumnya untuk menjalankan puasa selama satu bulan di bulan Ramadhan, yaitu dengan menahan diri dari lapar dan haus.
  4. Zakat, ada pun rukun Islam yang ke 4 yaitu Zakat. Apabila umat muslim telah menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, diwajibkan untuk membayarkan zakat fitrah sebanyak 2,5kg beras atau makanan pokok.
  5. Haji, ibadah ini dilakukan bagi umat muslim yang mampu. Karena diperlukannya kesiapan hati serta perjalanan yang tidak sebentar untuk menuju tanah suci.
Baca Juga:  Sejarah Nabi Muhammad SAW: Dari Mekkah Hingga Madinah

Rukun Islam Ke 4

Hikmah menjalankan rukun Islam

  1. Dua kalimat syahadat, merupakan bentuk persaksian yang pertama bagi seseorang yang sudah memantapkan diri untuk menjadi seorang muslim. Makna dari kalimat ini yaitu Manusia hanya boleh menyembah Allah dan memiliki Tuhan yang Esa atau satu.
  2. Mendirikan Shalat. Ada lima shalat yang wajib dilakukan oleh umat muslim, saat akan menjalankan ibadah shalat wajib seorang muslim wajib untuk mensucikan badan, pakaian dan tempat shalat. Hal ini dapat menjadi cara yang tepat untuk membiasakan hidup bersih.
  3. Menjalankan ibadah Puasa, ketika menjalankan ibadah puasa ada kegiatan rutin yang biasa dilakukan yaitu makan sahur di waktu subuh. Puasa yang wajib dilakukan oleh umat muslim dibulan ramadhan akan menjadi salah satu ajang untuk menambah pahala.
  4. Memberikan zakat, rukun Islam yang ke 4 yaitu mengeluarkan zakat. Hikmah yang dapat Anda ambil yaitu dapat membantu perekonomian negara, serta dapat membantu fakir miskin.
  5. Haji bagi yang mampu, untuk menjalankan ibadah ini memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, sehingga diwajibkan bagi umat Islam yang mampu, salah satu hikmahnya yaitu dapat meningkatkan ketaatan dalam hal ibadah kepada Allah SWT.