Mengetahui Tata Cara Sholat Tahajud Sebelum Sahur

Islam101 Dilihat

Tata Cara Sholat Tahajud Sebelum Sahur – Sholat tahajud sebelum sahur merupakan salah satu ibadah salat sunnah yang juga dianjurkan karena dilaksanakan oleh Rasulullah SAW. Shalat tahajud sendiri juga termasuk ke dalam rangkaian shalat malam serta termasuk dianggap sebagai ibadah yang paling istimewa.

Dengan sering menjalankan ibadah sholat tahajud yang satu ini, seseorang diketahui bisa mendapatkan banyak kemudahan serta Allah SWT juga akan mengangkatnya ke tempat yang lebih terpuji. Hal ini sudah sesuai dengan firman Allah pada Surat Al-Isra ayat 79, yang artinya “Dan pada sebagian malam, lakukanlah shalat tahajud (menjadi suatu ibadah) tambahan untukmu, mudah-mudahan Tuhanmu rapat mengangkatmu ke tempat yang lebih terpuji.”

Tapi bagi yang belum tau, saat bulan Ramadhan, bagaimanakah cara pelaksanaan shalat tahajud ini? Bolehkah shalat tahajud dilakukan sebelum melakukan sahur? Berikut ini beberapa rangkuman informasinya yang telah dilansir dari NU Online.

Sholat Tahajud Sebelum Sahur

Waktu pelaksanaan shalat tahajud

Sebenarnya umat Muslim sendiri dapat melaksanakan waktu sholat tahajud dan niatnya kapanpun. Apalagi dengan kurun waktu setelah sholat isya sampai dengan waktu sebelum sholat subuh. Tapi anda tentunya akan sangat dianjurkan agar dapat melaksanakannya di waktu sepertiga malam terakhir yaitu pada sekitar pukul 01.30 sampai 04.30.

Dalam melaksanakan waktu sholat tahajud juga terdapat ketentuan khusus yang perlu diperhatikan. Dimana anda dapat melaksanakan shalat tahajud sehabis tidur, meskipun anda tidur dengan rentang waktu yang sebentar saja.

Seperti shalat sunnah yang lainnya, shalat tahajud juga dapat dilakukan sebanyak dua rakaat. Tapi tetap tidak ada batasan tentang jumlah maksimal rakaatnya

Baca Juga:  Waktu Dan Cara Sholat Tahajud Yang Benar

Sholat Tahajud Sebelum Sahur

Pelaksanaan shalat tahajud dan shalat witir saat bulan Ramadhan

Walaupun memang harus dilakukan pada malam hari, sholat tahajud sebelum sahur ini tidak bisa menjadi penutup shalat malam. Karena yang dianjurkan menjadi shalat penutup di malam hari hanyalah shalat witir. Hal tersebut dijelaskan dalam hadits dengan arti “Jadikanlah sholatmu yang paling akhir pada waktu malam berupa shalat witir.”

Biasanya ketika bulan Ramadhan sendiri, salat witir dilaksanakan setelah melaksanakan shalat tarawih. Sehingga hal ini telah menimbulkan banyak pertanyaan, seperti apakah boleh melaksanakan shalat tahajud setelah melakukan witir.

Para ulama Mazhab Syafi’i sendiri telah memberikan penjelasan jika shalat tahajud setelah witir boleh-boleh saja untuk dilakukan. Karena menjalankan shalat witir menjadi shalat penutup hanyalah bersifat anjuran, bukanlah memiliki sifat wajib untuk dilakukan.

Apakah boleh shalat tahajud dilakukan sebelum sahur?

Ketika telah melihat berbagai keutamaan serta waktu pelaksanaannya shalat tahajud, itu berarti shalat tahajud boleh saja untuk melaksanakan sholat tahajud sebelum sahur.

Tapi karena shalat ini juga mempunyai ketentuan khusus yaitu harus dilakukan di malam hari setelah bangun tidur, tentu anda juga harus berusaha untuk mematuhinya.