15 Tata Cara Sholat Tahajud Lengkap Dan Wirid Tahajud

Islam112 Dilihat

Tata Cara Sholat Tahajud Lengkap Dan Wirid Tahajud – Dalam agama Islam, ibadah terbagi menjadi 2 yakni ibadah sunnah dan ibadah wajib terutama ibadah sholat. Sholat wajib seperti sholat 5 waktu hukumnya wajib ‘ain dan harus, jika tidak dilakukan 1 kali saja dosanya sangat besar. Sedangkan sholat sunnah hukumnya bebas, artinya jika dilaksanakan dengan kesadaran hati penuh maka mendapatkan pahala berlimpah tapi jika tidak dilaksanakan tidak mendapatkan dosa dan pahala. Nah, kita sebagai umat muslim alangkah baiknya jika banyak sholat sunnah seperti tata cara sholat tahajud karena dengan banyak melakukannya bisa mempermudah segala urusan dan doa atau keinginan kita terkabul.

Tata Cara Sholat Tahajud

Tata cara lengkap sholat tahajud

Tata cara sholat tahajud malam pada 2 rakaat:

  1. Wudhu
  2. Niat dan bacaan sholat tahajud, dengan bacaan Ushollii Sunnatat Tahajjudi Rak’ataini Lillaahi Ta’aalaa
  3. Kemudian membaca bacaan niat tersebut dalam hati sambil takbiratul Ihram.
  4. Lanjutkan dengan membaca doa iftitah dan kemudian surah Alfatihah.
  5. Lanjutkan dengan membaca surat al kafirun saat rakaat pertama
  6. Setelah itu Anda ruku’ dan sujud seperti biasa.
  7. Masuk ke rakaat kedua, Anda baca surah al fatihah yang kemudian dilanjutkan dengan mambaca surah Al-ikhlas.
  8. Kemudian ruku’ dan sujud seperti biasa.
  9. Anda lakukan duduk thumaninah
  10. Duduk diantara dua sujud dengan Thumaninah
  11. Duduk akhir
  12. Kemudian membaca tasyahud atau tahiyyaat akhir pada duduk akhir
  13. Sangat dianjurkan juga membaca sholawat Nabi pada duduk akhir
  14. Membaca salam tengok ke kanan kemudian membaca salam dan tengok ke kiri
  15. Tertib
Baca Juga:  Apa Makna Surat Yusuf Ayat 4? Apa Manfaat Yang Bisa Didapat Dengan Mengamalkannya?

Setelah selesai cara sholat tahajud 2 rakaat, Anda wirid sholat tahajud. Wirid tersebut bisa dilakukan dan tidak tetapi akan jauh lebih baik jika selalu membaca wiridnya.

Doa setelah sholat tahajud

Bacaan tahajud:

Allaahumma rabbana lakal hamdu anta qayyimussamaa waati wal ardi wa man fiihinna. Wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. Wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna. Wa lakal hamdu antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqun, wa qauluka haqqun, wal jannatu haqqun, wannaaru haqqun, wannabiyyuuna haqqun, wa muhammadun shallallaahu ‘alaihi wasallama haqqun wassaa’atu haqqun.

Allaahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa ‘alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfirlii maa qaddamtu, wa maa akh-khartu, wa maa asrartu, wa maa a’lantu, wa maa anta a’lamu bihiminnii. Antal muqaddimu, wa antal mu’akhkhiru, laa ilaaha illaa anta, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

Artinya doa sholat malam,

Ya Allah, bagiMu segala pujian. Engkaulah, cahaya langit dan bumi dan apapun yang ada diantara keduanya. BagiMu segala pujian. Engkau penyangga langit dan bumi dan segala isinya. BagiMu segala pujian. Engkaulah Yang Maha Besar dan janjiMu benar, dan firmanMu benar, dan pertemuan dengan Mu adalah sesuatu yang benar dan surgaMu benar, dan neraka benar, dan hari kiamat benar dan para Nabi benar dan Muhammad benar ya Allah kepadaMu aku memasrahkan diri, kepadaMu aku kembali, kepadaMu aku bertawakal kepadamu aku beriman, kepadaMu aku kembali, kepadaMu aku berjuang dan kepadaMu aku menimbang, ya Allah ampunilah dosaku yang telah lalu dan dosa yang aku tampakkan. Engkaulah yang Maha Awal dan Engkaulah yang Maha Akhir, tiada Tuhan selain Engkau atau tiada Tuhan selain Engkau. Dan tiada daya dan kekuatan selain Engkau.

Baca Juga:  Mari Mengenal Arsitektur Islam: Keindahan Masjid Dan Bangunan Bersejarah

Tata Cara Sholat Tahajud

Waktu yang baik sholat tahajud

  1. Waktu pertama adalah sepertiga malam pertama, mulai dari sekitar jam 19.00 atau setelah sholat isya hingga jam 22.00.
  2. Waktu kedua adalah sepertiga malam kedua, sekitar jam 22.00 hingga jam 01.00 dini hari pagi.
  3. Waktu terbaik adalah sepertiga malam yang ketiga, sekitar jam 01.00 dini hari pagi sampai jam 03.30 dini hari mendekati sholat subuh. Waktu ini adalah waktu terberat karena masa manusia sedang nyaman tidur dan sedang nyaman bermimpi tetapi di sisi lainnya malaikat sedang turun untuk menjaga para mukmin. Apabila Anda bangun dan sholat tahajud dengan mengalahkan segala godaan tersebut maka doa sangat mungkin untuk terkabul asalkan istiqomah dan sabar.

Syarat yang lebih utama tata cara sholat tahajud adalah Anda harus tidur terlebih dahulu dengan catatan tidur yang benar-benar tidur bukan untuk membuat sah sholat tahajud di waktu pertama (jam 19.00).

Jumlah rakaat sholat tahajud

Jumlah tata cara sholat malam tahajud minimal 2 rakaat salam dan tidak ada batasan niat sholat tahajud 2 rakaat sendiri. Nabi Muhammad pernah mengerjakan sholat tahajud 13 rakaat dengan 12 rakaat tahajud dan terakhir dengan 1 rakaat witir. Apabila Anda hanya sanggup 2 rakaat saja tentu tidak ada paksaan dan jika mampu hingga 12 rakaat dan 1 rakaat witir akan mendapatkan pahala yang lebih maksimal.

Melaksanakan sholat tahajud tidak terbatas setiap harinya dengan jumlah yang sama, misalkan hari pertama Anda lakukan 2 rakaat, hari kedua lakukan tata cara sholat tahajud 4 rakaat dan hari ketiga 2 rakaat lagi tidak menjadi masalah karena saat malam tentunya ada kemampuan badan dalam melakukannya. Ketika kaki Anda sedang sakit tentu tidak mungkin melakukan rakaat 12 dan hanya mampu 2 rakaat saja sudah mendapatkan pahala.

Baca Juga:  Mengetahui Tata Cara Sholat Tahajud Sebelum Sahur

Apakah sholat tahajud boleh setiap hari?

Boleh, asalkan waktunya malam. Namun, hukumnya bukan menjadi wajib ya, sehingga mungkin saat Anda lelah dan tidak menjalankan doa sholat tahajud dan witir tersebut tidak berdosa. Bacaan doa sholat tahajud tidak terbatas surah tertentu, sesuai kemampuan Anda. Jika Anda baru bisa membaca surah an-naas, al- kafirun saja selama 4 rakaat tidak menjadi masalah.

Kapankah efek doa sholat tahajud bisa Anda rasakan?

Menunaikan sholat tahajud dan berdoa dengan segala hajat Anda tentu ada pengharapan agar bisa terkabul. Allah telah menjamin umatnya yang taat dengan mengabulkan segala permintaan. Hanya saja ada umat yang begitu meminta selang beberapa hari doanya terkabul tapi ada juga yang cukup lama. Tujuannya, Allah SWT sedang menguji umatnya tersebut apakah tetap bisa istiqomah, sabar dan berbaik sangka. Saat Allah SWT belum memberikan keinginan Anda maka teruslah beribadah hingga tidak ada rasa putus asa.

Apakah ada tata cara sholat tahajud pria dan wanita?

Tidak ada, semua sama, untuk tata cara sholat tahajud perempuan memakai mukena tertutup sedangkan pria memakai pakaian menutup aurat dan boleh juga memakai peci. Selama Anda sholat tahajud 7 hari berturut-turut akan mulai merasakan ketenangan batin yang luar biasa. Penyakit hati dan fisik bisa perlahan memudar.

Sholat malam tahajud adalah salah satu ibadah sholat sunnah yang cukup mudah tapi berat untuk melakukannya karena harus malam hari dan setelah tidur. Mulailah tata cara sholat tahajud bukan karena Anda ada hajat saja tetapi sebagai bentuk iman dan taqwa kepada Allah SWT.