Doa Sholat Malam Tahajud Dan Keutamaan Melaksanakan Sholat Sunnah Ini

Islam127 Dilihat

Doa Sholat Malam Tahajud Dan Keutamaannya – Umat islam memang dianjurkan untuk membaca doa sholat malam setelah menjalankan sholat sunnah tahajud sebelum mengakhirinya. Seperti sudah diketahui bahwa umat islam memang dianjurkan agar menjalankan sejumlah sholat sunnah termasuk jjuga dengan tahajud.

Adapun tata cara sholat tahajud perempuan dan pria sebenarnya sama dengan shalat fardu. Dan yang membedakannya hanyalah terdapat salam di setiap  selesai 2 rakaat pada shalat ini. Dan ibadah inipun ternyata tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah SAW sehingga mempunyai keutamaan yang cukup besar.

Doa Sholat Malam

Doa Sholat Malam Tahajud Yang Perlu Diketahui

Bagi seorang muslim yang senantiasa dalam menjalankan ibadah ini maka hidupnya akan dimuliakan oleh Allah SWT. Serta akan dijauhkan dengan kesengsaraan, kesukaran hingga kesulitan selama hidupnya tersebut.

Apabila Anda ingin menjalankan sholat satu ini, maka  perlu memahami tata cara sholat tahajud terlebih dahulu. Disarankan agar ibadah ini dilakukan sesudah bangun tidur di malam hari serta tidak ada batasan maksimal jumlah rakaat.

Untuk urutan sholatnya sendiri juga sama seperti ketika Anda menjalankan ibadah fardhu. Nantinya sesudah di akhir, Anda akan disarankan membaca doa sholat tahajud terlebih dahulu. Terdapat beberapa doa yang bisa Anda pilih termasuk dibawah ini

Robbi adkhilnii mudkhala shidqin wa akhrijinii mukhroja shidqin waj’allii min ladunkan sulthoonaan nashiiroo. (Surat Al Isra)

Dimana maknanya adalah Ya Tuhanku, masukkanlah hamba secara masuk yang benar dan keluarkanlah aku dengan cara benar juga dan berikanlah hamba dari sisi Engkau kekuasaan yang menolong.

Doa Sholat Malam

Keutamaan Sholat Malam Yang Perlu Diketahui

Tidak bisa dipungkiri apabila menjalankan ibadah sunnah inipun ternyata akan memberikan sejumlah keutamaan atau manfaat kepada para muslim. Apabila Anda masih malas untuk menjalankannya maka dapat menyimak keutamaan dan manfaatnya berikut:

  1. Diberikan Tempat Terpuji di Sisi Allah SWT
Baca Juga:  Bacaan Dzikir Setelah Sholat Malam, Lengkap Dengan Keutamaannya

Keutamaan yang pertama adalah Anda akan diberikan tempat terpuji sekaligus mulia di sisi Allah SWT. Ini merupakan janji dari Allah SWT dimana akan mengangkat umat-Nya ke tempat-tempat terpuji apabila sudah menjalankan ibadah sholat tahajud dengan rutin.

  1. Merupakan Penghapus Dosa dan Kesalahan

Siapa sangka ternyata sholat inipun juga menjadi penghapus dosa sekaligus kesalahan dari umat manusia. Hal tersebut sesuai dengan sabda Rasulullah SAW dimana barangsiapa bangun pada malam hari dan membangunkan keluarga untuk sholat dua rakaan, maka akan dimasukkan ke dalam golongan yang ingat Allah.

  1. Menjadi Pribadi Rendah Hati

Secara tidak langsung dengan menjalankan ibadah ini secara rutin maka Anda juga bisa menjadi seorang pribadi rendah hati dan bersahabat. Seperti sudah diketahui bahwa ketentraman sendiri menjadi cerminan dari adanya ketenangan hati dan jiwa.

Selain beberapa keutamaan diatas, ternyata juga masih terdapat keutamaan seperti mampu membantu ketika di Akhirat. Sudah tahu bukan doa sholat malam serta keutamaan yang terdapat didalamnya tersebut.