Tata Cara Sholat Malam Tahajud Lengkap Dengan Niatnya, Cek Disini!

Islam126 Dilihat

Tata Cara Sholat Malam Tahajud Lengkap – Tata cara sholat malam memang perlu untuk diketahui dengan baik oleh para umat muslim di seluruh dunia termasuk Indonesia. Sebab tidak sedikit dari masyarakat memang merasa bingung bagaimana cara menjalankannya dengan baik, terutama kalau takut mengalami kesalahan.

Seperti sudah diketahui bahwa sholat tahajud menjadi sholat sunnah yang dikerjakan pada malam hari. Oleh karena itulah, tidak sedikit dari masyarakat menyebutnya sebagai sholat malam. Pada saat, Anda menjalankan ibadah sunnah ini, ternyata banyak keistimewaan dan manfaat yang dapat dikerjakan.

Tata Cara Sholat Malam

Tata Cara Sholat Malam (Tahajud)

Dalam bahasa Arab, shalat sunnah tahajud sendiri dikenal dengan sholatun lail dimana mempunyai arti sholat malam. Ibadah satu ini memang sangat dianjurkan oleh Allah SWT dan dapat dikerjakan pada waktu sepertiga malam hingga menjelang waktu subuh.

Tepatnya adalah mulai dair pukul 01.00-04.00 sebelum waktu subuh. Didalam Al-Quran juga disebutkan bahwa tahajud ini akan mengangkat derajat seseorang yang sudah mengamalkannya di tempat terpuji di mata Allah SWT. Bagi Anda yang akan melaksanakannya, maka perlu memahami tata cara sholat tahajud ini dahulu.

Tata cara tersebut sesuai dengan sunnah dan hampir sama dengan salat pada umumnya dan perbedaannya hanya terletak pada niat, waktu serta jumlah rakaatnya. Berikut ini, tata cara pelaksanaan sholat tahajud yang perlu diperhatikan.

  1.       Niat sholat tahajud terlebih dahulu
  2.       Melakukan takbiratul ihram dan diikuti dengan doa iftitah
  3.       Membaca surah Al-Fatihah
  4.       Membaca surat yang terdapat di Al-Quran. Untuk Nabi SAW sendiri biasanya membaca surat panjang
  5.       Rukuk sambil membaca doa I’tidal
  6.       Sujud dengan tuma’ninah dan membaca doa sujud
  7.       Mengulang Gerakan seperti rakaat pertama
  8.       Di tahiyat akhir dapat membaca doa tahiyat akhir
  9.       Gerakan salam
  10.   Sesudah salam, Anda akan disunahkan membaca bacaan wirid, tahmid, tasbih, takbir, selawat, istighfar dan diikuti dengan membaca doanya.
Baca Juga:  Niat Sholat Tahajud 2 Rakaat Sendiri Dan Tata Caranya

Tata Cara Sholat Malam

Bacaan Doa Sesudah Sholat Tahajud

Sesudah Anda menjalankan sholat ini, sesudahnya perlu membaca doa sholat malam dan dianjurkan untuk melakukannya. Hal tersebut ternyata diperintahkan Allah SWT melalui surat Al-Ahzab ayat 41-4 dimana memiliki makna:

Hai para orang beriman, berzikirlah dengan menyebut nama Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya

Dan bertasbihlah kepada Allah di waktu pagi dan petang

Dari perjelasan di atas, maka doa sholat tahajud juga disunnahkan untuk dilakukan dengan tujuan memohon ampuh serta meminta petunjuk dari Allah SWT tersebut. Dengan begitu maka sholat malam inipun bisa lebih optimal.

Kehadiran dari shalat inilah ternyata diyakini sebagai ibadah yang cukup istimewa karena Anda bisa berkesempatan mendapatkan keistimewaan di mata Allah SWT. Sudah memahami tata cara sholat malam diatas bukan?