Cara Sholat Tahajud 2 Rakaat Dan Waktu Terbaik Untuk Melaksanakannya

Islam108 Dilihat

Cara Sholat Tahajud 2 Rakaat Dan Waktu Terbaik – Ada beberapa sholat sunnah yang dianjurkan dalam agama Islam. Namun, hanya sholat tahajud yang disebutkan secara langsung di dalam Al-Qur’an. Hal ini menunjukkan betapa istimewanya salat tahajud. Kendati demikian, belum semua muslim paham tata cara sholat tahajud 2 rakaat.

Lalu, bagaimana tata cara sholat tahajud dan kapan waktu terbaiknya? Setiap muslim yang ingin melaksanakan shalat tahajud harus mengetahui hal tersebut. Untuk itu, simak penjelasannya dalam artikel kali ini.

Cara Sholat Tahajud 2 Rakaat

Cara Tepat Melaksanakan Sholat Tahajud

Bagi muslim yang ingin melaksanakan shalat tahajud tak perlu khawatir. Karena pada dasarnya, pelaksanaan shalat sunnah ini sama seperti shalat sunnah lainnya. Tahajud diawali dengan mengambil wudhu dan membaca niat terlebih dahulu.

Setelah itu, barulah menunaikan shalat minimal 2 rakaat lalu salam. Jika ingin menambah rakaat, bisa langsung disambung setelah salam. Sholat tahajud sendiri haruslah dilakukan pada sepertiga malam setelah seseorang tertidur terlebih dahulu.

Cara Sholat Tahajud 2 Rakaat

Waktu Terbaik untuk Sholat Tahajud

Setelah mengetahui cara sholat tahajud 2 rakaat, kini saatnya mengenal waktu terbaik untuk melaksanakan sholat tahajud.

  1. Sepertiga Malam yang Pertama

Waktu terbaik untuk melaksanakan tata cara sholat malam adalah pada sepertiga malam pertama, yaitu mulai setelah salat isya hingga pukul 22.00. Namun, perlu diingat bahwa shalat tahajud harus dikerjakan setelah seseorang bangun dari tidur malamnya. Artinya, ketika seorang muslim tertidur setelah isya dan terbangun pada pukul 10 malam, sudah boleh melaksanakan sholat tahajud.

  1. Sepertiga Malam yang Kedua

Waktu terbaik yang berikutnya untuk melaksanakan sholat tahajud adalah pada sepertiga malam kedua, yaitu pukul 23.00 hingga 01.00 dini hari. Sepertiga malam kedua ini bisa dibilang sebagai waktu yang paling berat, karena kebanyakan orang tengah tertidur lelap di jam tersebut.

Baca Juga:  Bacaan Dzikir Setelah Sholat Malam, Lengkap Dengan Keutamaannya

Meski begitu, jika diniatkan dengan sungguh-sungguh, bukan hal yang sulit untuk melaksanakan tahajud pada jam tersebut. Apalagi jika mengingat keutamaan yang diperoleh dengan melaksanakan shalat tahajud.

  1. Sepertiga Malam yang Terakhir

Sepertiga malam terakhir menjadi waktu yang paling utama untuk menjalankan sholat tahajud. Sepertiga malam terakhir dimulai dari pukul 01.00 hingga sebelum memasuki waktu subuh. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim menjelaskan bahwa pada sepertiga malam terakhir, Allah akan mengabulkan do’a-do’a hambanya yang memohon ampunan dan mengerjakan shalat tahajud. Terlebih lagi, sepertiga malam terakhir adalah salah satu mustajab untuk berdo’a.

Itulah cara sholat tahajud 2 rakaat dan waktu terbaik untuk menunaikannya. Menunaikan sholat tahajud sebenarnya bukan hanya perkara bisa bangun atau tidaknya di waktu sepertiga malam. Namun, juga perkara keikhlasan hati, di mana salat tahajud sebaiknya dikerjakan semata-mata hanya karena mengharap ridho Allah dan dikerjakan secara istiqomah.