Inilah Bacaan Mandi Wajib Setelah Berhubungan

Islam106 Dilihat

Bacaan Mandi Wajib Setelah Berhubungan – Berhubungan antara suami dan istri itu adalah hal yang wajar bahkan tergolong hal yang wajib dilakukan karena hal ini termasuk ke dalam hal nafkah batin. Mandi wajib itu tidak sama dengan mandi biasa karena mandi wajib setelah berhubungan itu ada doa dan tata caranya. Jika Anda melakukan mandi wajib tidak benar dan tidak sesuai dengan aturan maka akan merusak segala amalan Anda,lalu bagaimana caranya? Simak artikel berikut ini.

Bacaan Mandi Wajib Setelah Berhubungan

Penyebab Mandi Wajib

Ketika melakukan mandi wajib itu ada berbagai penyebab yang haru Anda ketahui yaitu melakukan jimak atau berhubungan intim dengan pasangan,  keluarnya air mani bagi seorang laki-laki, serta keluarnya darah haid bagi seorang perempuan, Mualaf serta memandikan jenazah.

Melakukan mandi wajib setelah berhubungan itu adalah hal yang penting untuk di lakukan setelah berhubungan. Melakukan hubungan intim itu hukumnya sunah bagi suami istri tetapi bisa di katakan wajib karena hal ini masuk kedalam golongan nafkah batin. Tidak hanya itu saja melakukan hubungan intim itu juga termasuk jembatan untuk mendapatkan keturunan dalam melangsungkan kehidupan.

Bacaan Mandi Wajib Setelah Berhubungan

Berikut adalah doa mandi besar setelah berhubungan intim

نويت اغسل لرفح ا لحد ث ا الذي كبر من ا لجنبت فر ض لله تعل

Terjemahan: ” Aku niat mandi untuk menghilangkan berbagai hadas besar dari jinabat fardhu karena Allah lilahitaala”

Setelah mengetahui doa mandi wajib setelah berhubungan Anda juga harus paham mengenai tata cara mandi junub  agar ibadah Anda tetap sah

  1. Langkah pertama yang dapat Anda lakukan yaitu membaca niat mandi wajib
  2. Setelah Anda membaca niat, Anda dapat membersihkan telapak tangan Anda sebanyak 3 kali, setelah itu Anda dapat membersihkan kemaluan dari berbagai kotoran yang ada pada kemaluan. Ketika Anda membersihkannya lebih baik gunakan tangan kiri.
  3. Jika Anda sudah selesai membersihkan kemaluan Anda dapat mencuci tangan Anda dengan cara menggosok dengan menggunakan tanah atau sabun .
  4. Setelah itu Anda dapat bersuci dengan wudhu yang dapat Anda mulai dari tangan sampai dengan membasuh kedua kaki.
  5. Langkah selanjutnya Anda dapat memasukkan kedua tangan Anda ke dalam air setelah itu Anda dapat menyela pada bagian pangkal rambut dengan menggunakan jari tangan pastikan jari tangan Anda telah menyentuh kulit kepala dan Anda dapat mengguyur kepala Anda sebanyak 3 kali ya.
  6. Setelah itu Anda dapat membilas seluruh tubuh Anda dengan menggunakan air bersih, pastikan Anda memulai dengan bagian sebelah kanan setelah itu ke arah kiri.
  7. Jika Anda melakukan mandi wajib pastikan bahwa lipatan yang ada pada tubuh Anda sudah dibersihkan sehingga tidak ada kotoran yang tertinggal.
Baca Juga:  Ramadan Dan Transformasi Spiritual: Sebuah Panduan Lengkap Menjalankan Ibadah Kepada Allah SWT

Hal di atas adalah berbagai tata cara mandi wajib setelah berhubungan yang harus Anda ketahui , agar amalan ibadah Anda tetap mendapatkan pahala.