Ketahui Doa Mandi Besar Berbagai Penyebab Dalam Islam

Islam84 Dilihat

Macam-Macam Doa Mandi Besar – Sudah tahu belum doa mandi besar yang tepat menurut agama Islam? Berbicara tentang mandi wajib tentu saja berbeda dengan mandi biasa, tentunya ada tata cara sendiri yang harus dijalankan oleh laki-laki atau perempuan. Jika praktik mandi wajib atau besar tidak benar, maka khawatir akan merusak semua amalan yang akan dilakukan selanjutnya.

Bagi anda umat muslim yang merasa sudah beraligh dan berakal sehat, maka disarankan untuk mengetahui tata cara mandi junub sesuai aturan Islam. Banyak sekali pasangan yang sudah menikah menyepelekan hal penting seperti ini, padahal praktik mandi akan mempengaruhi ibadah ke depannya. Penasaran dengan doa mandi wajib yang benar sesuatu syariat Islam?

Doa Mandi Besar

Penyebab Seseorang Perlu Mandi Wajib

Sebelum mengetahui doa mandi wajib, maka anda harus memahami tata cara mandi wajib sesuai dengan syariat Islam yang berlaku. Hal seperti ini tentunya sangat penting bagi ummat muslim karena kalau tidak memahaminya, maka akan merusak ibadah lainnya. Rusaknya ibadah karena badan masih dianggap belum suci dari hadas besar sehingga tidak sah saat menjalankannya.

Sebab pertama seseorang perlu melaksanakan mandi wajib yaitu melakukan hubungan intim yang biasa dilakukan oleh suami atau istri. Sebelum memutuskan untuk menikah, wajib pahami doanya setelah berhubungan sekaligus dengan tata caranya. Apalagi melakukan hubungan suami istri masuk kategori nafkah batin sehingga penting untuk dipahami.

Hubungan intim merupakan salah satu sarana untuk memperoleh keturunan. Jika pasangan suami istri menjalankannya sesuai syariat Islam, maka bisa mempengaruhi kualitas keturunan nantinya. Kewajiban memahami doa ini dan melaksanakannya sesuai aturan sudah tertulis langsung oleh hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA.

Baca Juga:  2 Bacaan Dzikir Dan Doa Sesudah Sholat Tahajud Yang Bisa Anda Amalkan

Penyebab lain seseorang perlu melaksanakan mandi wajib yaitu mengeluarkan air mani baik disengaja maupun tidak disengaja, mualaf dan keluarnya darah haid/nifas bagi perempuan. Jika anda mengalami beberapa hal yang disebutkan di atas, maka segeralah melakukan mandi wajib agar ibadah seterusnya bisa diterima oleh Allah SWT.

Doa Mandi Besar

Berbagai Macam Doa Mandi Wajib Bagi Umat Islam

  • Doa Mandi Wajib Setelah Haid/Nifas

(Nawaitu Guslal Lirof’il Hadaasil Akbari Minal Haidi Fardhu Lillaahi Ta’alaa) Haid

(Nawaitu Guslal Lirof’il Hadaasil Akbari Minal Haidi Fardhu Lillaahi Ta’alaa) Nifas

  • Doa Mandi Wajib Bagi Mu’alaf

Mu’alaf artinya seseorang yang baru saja memeluk agama Islam. Setelah mengucap kalimat syahadat, maka mereka wajib melakukan mandi wajib. Sampaikanlah kepada kerabat Anda yang baru saja memeluk Islam untum segera mandi wajib sesuai aturan.

(Nawaitu Guslal Lirof’il Hadaasil Akbari Fardhu Lillaahi Ta’alaa)

  • Doa Mandi Wajib Setelah Hubungan Intim

Bagaimana doa jika setelah melakukan hubungan suami istri? Sebagai pasangan yang baru saja menikah dan berhubungan intim, maka wajib melakukan mandi besar. Bunyi doa atau niat mandi besar untuk junub adalah sebagai berikut.

(Nawaitu Guslal Lirof’il Hadaasil Akbari Minal Janabah Fardhu Lillaahi Ta’alaa)