Doa Sesudah Mandi Junub Yang Perlu Diketahui

Islam94 Dilihat

Doa Sesudah Mandi Junub – Dalam agama Islam maupun dalam pandangan secara umum, mandi merupakan cara yang dipakai untuk membersihkan dan menyucikan diri. Agama Islam sendiri mengenal mandi wajib juga sebagai kegiatan untuk menyucikan diri dari hadas besar seperti haid atau melakukan hubungan badan. Kali ini, Kami akan bahas tentang doa sesudah mandi Junub untuk Anda yang ingin mengetahuinya.

Doa Sesudah Mandi Junub

Bagaimana Tata Cara Saat Mandi Junub?

Sebelum membahas doa yang dibaca setelah melakukan mandi Junub, Kita akan bahas terlebih dahulu tentang tata cara mandi Junub. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Ucapkan Niat

Perlu diingat kalau membaca niat sangatlah penting dalam agama Islam. Sebab, meski tata cara mandi wajib untuk beberapa hadas besar bisa dikatakan sama, niat yang diucapkan akan berbeda.

Oleh karena itu sesuaikan niat dengan kegiatan yang Anda lakukan Misalnya jika ingin mandi setelah melakukan hubungan suami istri, jangan lupa untuk mengucapkan bacaan mandi wajib setelah berhubungan.

Begitu juga ketika Anda hendak mandi Junub setelah datang bulan, pastikan untuk membaca niat mandi setelah datang bulan terlebih dahulu.

  • Membersihkan Telapak Tangan

Setelah mengucapkan niat, hal pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan telapak tangan Anda sebanyak 3 kali.

  • Membersihkan Bagian Kemaluan

Sesudah telapak tangan, bagian selanjutnya yang perlu dibersihkan adalah kemaluan dan bagian sekitarnya. Jangan lupa untuk melakukannya dengan tangan kiri.

  • Mencuci Tangan

Ingatlah untuk mencuci tangan Anda dengan memakai sabun atau tanah setelah membersihkan bagian kemaluan.

  • Melakukan Gerakan Wudhu

Setelahnya, lakukanlah gerakan wudhu seperti yang biasa dilakukan ketika hendak shalat.

  • Membersihkan Bagian Kepala
Baca Juga:  Islam Dan Media: Membentuk Narasi Positif

Untuk membersihkan bagian kepala, Anda perlu masukkan tangan Anda ke dalam air dan sela pangkal rambut dengan memakai jari tangan. Pastikan kulit kepala Anda juga tersentuh dalam langkah ini.

Siramlah kepala dengan air sampai 3 kali dan ingatlah kalau bagian pangkal rambut juga perlu terkena air.

  • Bilas

Setelah melakukan langkah diatas, maka hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah membilas seluruh tubuh Anda.

Ketika membilas, guyurkan air mulai dari sisi sebelah kanan tubuh Anda baru beralih ke tubuh sebelah kiri.

Jangan lupa juga untuk memastikan semua bagian tersembunyi dan juga lipatan kulit sudah ikut dibersihkan dengan baik.

Doa Sesudah Mandi Junub

Bacaan Doa Setelah Mandi Junub

Setelah tata cara, kini waktunya Anda untuk mengetahui doa sesudah mandi Junub Berikut ini adalah bacaan doa sesudah mandi junub yang bisa Anda baca.

Asyhadu an laa ilaha illallahu wahdahu laa syarika lahu, wa asyhadu anna Muhammadan abduhu wa Rasuluhu, allahumma-jalni minattawwabina, waj-alni minal-mutathahirrina.

Itulah informasi tentang tata cara serta doa sesudah mandi Junub yang bisa Kami bagikan untuk Anda. Semoga bisa menambah wawasan dan memberi manfaat untuk Anda yang membutuhkannya.