Beberapa Amalan Kaya Nabi Sulaiman Yang Perlu Anda Ketahui

Islam91 Dilihat

Beberapa Amalan Kaya Nabi Sulaiman – Apa sajakah amalan kaya Nabi Sulaiman? Nabi Sulaiman memang dikenal sebagai nabi yang sangat kaya raya. Beliau juga bisa menundukkan berbagai makhluk ciptaan Allah, tidak hanya manusia tetapi juga hewan dan jin.

Tentunya, orang biasa mungkin tidak mungkin memiliki kekayaan dan kekuatan sebesar beliau. Namun, tidak ada salahnya jika kita mau berusaha. Selain bekerja keras untuk menghasilkan uang, Anda bisa juga menjalankan beberapa amalan yang dahulu biasa dilakukan oleh Nabi Sulaiman.

Akan tetapi, perlu diketahui pula jika amalan yang kita lakukan haruslah dilakukan dengan mengharapkan ridho dari Allah SWT. Apabila kita sudah rajin dalam menjalankan berbagai amalan Nabi Sulaiman untuk menjadi kaya akan tetapi belum juga dikabulkan, janganlah hal ini membuat kita menjadi berpaling dari iman kepada Allah.

Nah, berikut ini ada doa Nabi Sulaiman dan beberapa amalan lainnya demi memohon kekayaan dari Allah SWT.

Amalan Kaya Nabi Sulaiman

Doa Yang Dipanjatkan Oleh Nabi Sulaiman

Yang pertama adalah doa yang dipanjatkan oleh Nabi Sulaiman. Doa Nabi Sulaiman kepada Allah SWT ini termaktub dalam salah satu ayat di Al Quran. Tepatnya adalah di QS Shad Ayat 35, bunyinya adalah sebagai berikut.

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَهَبْ لِي مُلْكاً لاَ يَنْبَغِي لِأَحَدٍ مِنْ بَعْدِي إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

Rabbighfirlii wahablii mulkan laa yanbaghii li ahadin min ba’dii innaka antal wahhab..

Artinya:

“Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorangpun sesudahku. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi.”

Amalan Kaya Nabi Sulaiman

Makna Doa Nabi Sulaiman

Jika Anda memperhatikan, dalam doa Nabi Sulaiman cepat kaya raya di atas, Nabi memohon agar tidak ada seorangpun sesudahnya memiliki kekayaan seperti dia. Karena doa seorang nabi mustajab, maka mustahil pula jika Allah akan mengabulkan doa yang sama terhadap orang saat ini.

Baca Juga:  Ketahui Makna 6 Rukun Iman Lebih Lengkap

Maka, jika Allah mengabulkan doa Anda, maka kekayaan yang akan Anda miliki tidaklah sama atau lebih besar dari kekayaan Nabi Sulaiman. Sebaiknya, tetap bersyukur atas semua rezeki yang telah dititipkan Allah kepada kita. Sekecil apapun itu, itulah yang terbaik untuk kita.

Jika Anda berhasil menjadi kaya raya, pastikan untuk tetap rendah hati dan tidak sombong. Hal ini juga dicontohkan oleh Nabi Sulaiman ketik ia sudah mendapatkan kekayaan yang sangat besar dari Allah.

Beliau juga tetap beriman dan bertakwa bahkan menggunakan kekayaan dan kekuasaannya untuk berdakwah. Salah satu contohnya adalah ketika beliau memindahkan singgasana Ratu Kerajaan Saba ke kerajaannya.

Kemampuannya ini pada akhirnya mampu meluluhkan hati sang ratu yang sebelumnya tidak menyembah Allah. Ratu Saba kemudian memutuskan untuk bertakwa kepada Allah setelah menyaksikan mukjizat yang ada dalam diri Nabi Sulaiman.

Demikianlah amalan kaya Nabi Sulaiman. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin menambah rezeki melalui jalan Allah.