4 Tujuan Mengamalkan Zakat Rukun Islam Ke 4

Islam107 Dilihat

Tujuan Mengamalkan Zakat Rukun Islam Ke 4 – Sebagai umat Islam pastinya tahu tentang rukun yang wajib dilakukan untuk menjadi seorang muslim yang beriman kepada Tuhannya. Urutan rukun Islam sendiri dimulai dari mengucapkan dua kalimat syahadat, mengerjakan shalat, puasa, zakat, dan ibadah haji bagi yang mampu. Dalam agama Islam diwajibkan untuk melakukan semua rukun tersebut, kecuali ibadah haji yang diperuntukkan bagi yang mampu. Salah satunya zakat rukun islam ke 4 yang memiliki banyak manfaat.

Rukun Islam merupakan lima hal dasar yang diajarkan oleh Islam serta menjadi salah satu cara muslim guna menjalankan pokok kepercayaannya. Dengan kata lain, muslim yang beriman kepada Tuhan dan agamanya wajib melaksanakan ibadah yang telah disebutkan dalam rukun Islam. Ada zakat rukun Islam ke 4 yang memiliki manfaat dalam kesejahteraan kaum, berikut tujuan menunaikannya:

zakat rukun islam ke 4

Menjalankan perintah Allah SWT

Dalam kitab suci Al-Qur’an sudah diterangkan dengan jelas, bahwa menunaikan zakat adalah salah satu rukun Islam yang wajib dipatuhi umat muslim. Tak hanya itu, menunaikan zakat juga meraih pahala yang besar dari Allah SWT. Bahkan, amal jariyah yang termasuk ke dalam zakat menjadi amal yang tetap mengalir selama orang menggunakannya untuk tujuan Islam.

Sebagai bentuk bersyukur

Menunaikan zakat dengan mengamalkan sebagian harta dan memberikannya kepada orang lain yang belum mampu menjadi bentuk menikmati rasa syukur-Nya. Sekaligus sebagai bentuk pengakuan kepada kemurahan Allah dan wujud rasa syukur atas nikmat itu.

zakat rukun islam ke 4

Menyucikan diri dari dosa

Seperti yang terkandung dalam QS. Surat At Taubah ayat 103 yang menyatakan bahwa menunaikan zakat sama dengan menyucikan jiwa. Lantaran zakat merupakan kegiatan memberikan sebagian harta kepada orang lain dengan ikhlas tanpa mengharap imbalan.

Baca Juga:  Cara Mengamalkan Amalan Surat Yusuf Untuk Memikat Wanita

Membersihkan hati dari iri dan dengki

Iri dan dengki menjadi penyakit yang bisa membuat hubungan antar sesama muslim melemah, bahkan berpotensi mematahkan tali persaudaraan yang terjalin. Maka dari itu, dalam Islam hal ini dilarang dan dilakukan berbagai upaya untuk mengatasinya, salah satunya melalui kewajiban berzakat. Untuk orang-orang yang melaksanakan kewajiban ini pun dijanjikan pahala yang dilipatgandakan.

Nah, itulah keempat tujuan mulia dari menunaikan zakat rukun Islam ke 4 yang menunjukkan kebaikan serta kemuliaan hati. Dalam mengamalkan atau memberikan sebagian harta kita kepada orang yang tidak mampu tentu banyak manfaat yang diperolah. Akan tetapi, dibutuhkan adanya kemuliaan dan ketulusan agar amal tersebut bermanfaat dan menjadi ibadah yang baik bagi kita.