3 Bekal Menunaikan Rukun Islam Ke 5 Bagi Yang Mampu

Islam139 Dilihat

Bekal Menunaikan Rukun Islam Ke 5 – Sebagai umat Islam tentu sudah tahun tentang kelima rukun Islam yang perlu dilakukan untuk memenuhi keimanan, sekaligus menjadi ibadah wajib yang harus dilakukan. Akan tetapi, ada satu ibadah yang tidak sepenuhnya wajib karena hanya bagi yang mampu melakukannya yang bisa. Namun, banyak umat muslim yang berbondong-bondong untuk melakukan ibadah tersebut, yaitu rukun islam ke 5.

Ibadah haji, banyak umat Islam yang ingin sekali menunaikannya bahkan rela menabung bertahun-tahun untuk itu untuk menyempurnakan agama. Rukun Islam sendiri tidak hanya ibadah haji, melainkan ada lima perkara yang wajib dilakukan oleh kaum Muslim. Mulai dari mengucap dua kalimat syahadat, mengerjakan sholat, berpuasa, mengeluarkan zakat yang menjadi rukun Islam ke 4, hingga yang kelima.

Rukun Islam Ke 5

Nah, kali ini kita fokus membahas rukun haji ke 5 yang mempunyai beberapa syarat mulai dari beragama Islam, sudah baligh dan berakal sehat, serta mampu dalam finansial atau keuangan. Pergi ke tanah suci yang jauh dari tempat tinggal pun tidak mudah, terlebih di rumah Allah yang sakral tersebut, ada berbagai hal yang perlu Anda ketahui. Ada tiga bekal yang wajib calon persiapkan sebelum haji, nih, sebagai berikut:

Niat yang tulus dan ikhlas

Dalam menunaikan ibadah, pastinya bekal utama yang perlu disiapkan adalah niat yang tulus serta ikhlas bagi para calon jemaah. Sebab, berangkat ke tanah suci bukanlah hal yang mudah, ada banyak tantangan yang harus dihadapi terlebih iman untuk membentengi diri. Dalam menjalankan haji ke tanah suci ini tidak ada lagi niat serta harapan selain berhaji dan untuk memenuhi undangan Allah SWT.

Baca Juga:  Kisah Inspiratif Para Sahabat Nabi Dalam Mengembangkan Islam

Rukun Islam Ke 5

Manasik haji

Haji merupakan ibadah mahdhah yang memiliki ikatan erat dengan aturan baku. Sama halnya dengan melakukan perjalanan ke luar negeri lainnya, begitu pula ke tanah suci. Maka dari itu, sebelum berangkat ada baiknya para calon jemaah mengetahui tentang tanah suci dan memahami tentang manasik haji.

Menjaga kesehatan jiwa dan fisik

Terakhir, tetapi tidak kalah penting dengan yang lainnya. Mempunyai kesehatan fisik dan jiwa yang baik saat dibutuhkan oleh para calon jemaah haji. Haji sendiri merupakan ibadah badaniyah atau ragawi serta qalbiyah atau mental.

Demikianlah tiga bekal wajib yang perlu Anda persiapkan sebelum menunaikan rukun islam ke 5. Hal yang paling penting dalam hal ini adalah kemampuan dalam finansial, untuk rukun yang satu ini terdapat keringanan yang justru mendorong orang-orang untuk menunaikannya dan mengungkap rukun tersebut sebagai penyempurnaan.