Sudahkah Anda Mengenal Urutan Rukun Islam?

Islam131 Dilihat

Mengenal Urutan Rukun Islam – Seperti yang sudah diketahui bahwa rukun Islam wajib diamalkan bagi setiap orang yang beragama Islam sehingga hal ini dapat dijadikan sebagai tanda atau tolak ukur keIslaman bagi seseorang. Rukun Islam sendiri merupakan dasar ilmu agama Islam yang telah diajarkan sejak dini agar umat muslim dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari hari.

Urutan Rukun Islam

Rukun Islam sendiri merupakan sebuah landasan atau fondasi bagi umat Islam yang harus diamalkan agar imannya terjaga selama hidupnya.  Adapun urutan rukun Islam yang perlu diketahui.

Beberapa penjelasan mengenai rukun Islam

Dua kalimat syahadat

Mengucapkan dua kalimat syahadat, apabila Anda seorang muslim. Maka wajib hukumnya untuk mengucapkan dua kalimat syahadat. Karena syahadat yang diucapkan oleh seorang muslim merupakan salah satu bukti keyakinannya dalam memeluk agama Islam dan ikhlas menjalankan syariat yang telah di wajibkan dalam agamanya. Dengan melafazkan syahadat, seseorang juga telah meyakini bahwa Allah SWT merupakan satu satunya Tuhan yang berhak dan wajib disembah serta meyakini bahwa Muhammad SAW adalah utusan Nya.

Sholat

Melaksanakan sholat, mengerjakan sholat merupakan urutan rukun Islam yang kedua. Shalat ini wajib dikerjakan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Mulai dari sholat subuh yang memiliki batasan hingga terbitnya matahari sampai sholat isya yang dilakukan pada malam hari.

Puasa

Menjalankan puasa, salah satu kewajiban yang perlu dilakukan selanjutnya yaitu menjalankan ibadah puasa wajib selama bulan Ramadhan. Puasa berarti menahan diri dari makan, minum, hubungan suami istri dan segalanya yang dapat membatalkan kegiatan puasa tersebut. Ibadah puasa ini dapat dilakukan mulai dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari. Ada banyak hikmah yang dapat diambil dari menjalankan ibadah puasa, salah satunya yaitu melatih diri kita untuk melawan segala hawa nafsu, seperti misalnya makan berlebihan, syahwat hingga amarah.

Baca Juga:  Mengetahui Urutan Rukun Islam Yang Wajib Untuk Diamalkan

Urutan Rukun Islam

Zakat

Memberikan zakat, rukun Islam yang ke 4 yang merupakan zakat ini memiliki dua macam. Yaitu, zakat fitrah atau makanan pokok dan zakat mal atau harta yang mencapai nisob dan haul. Zakat fitrah biasanya dibayarkan selama bulan Ramadhan dan tepat sebelum memasuki Hari Raya idul fitri. Untuk zakat mal sendiri biasanya akan dibayarkan satu kali dalam satu tahun dengan memenuhi nisab yang setara dengan 85 gram emas. Zakat ini dinilai sangat bermanfaat dalam membantu orang yang kurang mampu atau kurang beruntung, sehingga mereka akan dapat terbantu untuk memenuhi kebutuhannya.

Menunaikan ibadah haji

Menunaikan ibadah haji, rukun Islam yang kelima ini yaitu menunaikan ibadah haji. Ibadah ini dapat dilakukan setiap bulan haji atau bulan Zulhijah. Ibadah haji sendiri merupakan suatu kewajiban bagi umat Islam tetapi apabila ia mampu dari segi fisik atau biaya. Urutan rukun Islam ini harus dikerjakan sesuai dengan yang telah disebutkan.