Mari Tunaikan Kembali Tentang 5 Rukun Islam

Islam109 Dilihat

Tunaikan 5 Rukun Islam – 5 rukun Islam memang wajib diamalkan oleh setiap orang yang beragama Islam. Rukun dalam Islam bisa menjadi tolak ukur keislaman seseorang sehingga perlu dilaksanakan setiap hari bahkan ada juga yang dilaksanakan bila mampu. Sayang sekali masih banyak umat Islam yang belum memahami tentang rukun tersebut bahkan mengabaikannya.

Rukun Islam memang sebaiknya tidak hanya diucapkan di bibir, tetapi dijalankan sesuai dengan syariat Allah SWT. Rukun dalam Islam bisa dijadikan sebagai landasan atau fondasi bagi seluruh umat Islam untuk selalu diamalkan agar imannya selalu terjaga. Mari mengingat kembali tentang rukun Islam kemudian menjalankannya dengan baik agar bisa meningkatkan keimanan.

5 Rukun Islam

Melantunkan 2 Kalimat Syahadat

Rukun iman dan Islam tentu saja berbeda, rukun Islam yang pertama yaitu melantunkan 2 kalimat syahadat. Kalimat syahadat bisa menjadi bukti keyakinan seseorang dalam memeluk agama Islam dan ikhlas menjalankan semua syariahnya. Tidak ada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad SAW merupakan utusan Allah yang terakhir.

Pernah lihat fenomena ada orang meyakini adanya Nabi lain setelah Nabi Muhammad SAW? Nah itulah bentuk penyimpangan pada kalimat syahadat. Seorang muslim harus bisa meyakini bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah paling akhir, bukan Tuhan untuk disembah, dan segala syariahnya perlu dijalankan dalam Islam.

Menunaikan Shalat

Zaman sekarang banyak sekali ditemui orang yang lalai menjalankan shalat, padahal menunaikan shalat 5 waktu merupakan salah satu kewajiban bagi umat muslim. Mereka diwajibkan untuk menjalankan shalat shubuh mulai dari terbitnya matahari sampai shalat Isya’ ketika malam hari tiba. Bagaimana apakah anda termasuk orang yang rajin menjalankan shalat  5 waktu?

Baca Juga:  Doa Sholat Tahajud Dan Witir Beserta Artinya

Berpuasa

5 rukun Islam perlu dijalankan oleh seluruh umat Islam sebagai bukti ketaatannya kepada Allah SWT. Rukun Islam yang ketiga yaitu menjalankan puasa dengan tidak makan minum mulai dari shubuh sampai dengan tenggelamnya matahari. Tidak hanya menahan makan dan minum, tetapi orang puasa juga dilarang melakukan segala hal yang bisa membatalkan puasanya tersebut.

5 Rukun Islam

Membayar Zakat

Lazimnya ada 2 jenis zakat yang penting dibayar oleh umat Islam yaitu zakat fitrah dan zakat mal. Zakat fitrah nantinya bisa anda bayar selama bulan Ramadhan hingga sebelum memasuki shalat Hari Raya Idul Fitri. Lalu bagaimana dengan zakat mal? Zakat tersebut biasanya dibayar satu kali dalam setahun sebagai bentuk pembersihan harta setara dengan 85 gram emas.

Berangkat Haji

Sudah bukan rahasia umum lagi, menunaikan haji membutuhkan biaya yang sangat besar. Maka dari itu, ibadah haji hanya bisa dijalankan bagi mereka yang sudah mampu secara finansial dan mental. Haji ke Tanah Suci bisa dilakukan tiap bulan haji dengan adanya kesiapan fisik dan batin untuk menjalani segala rukunnya. Itulah 5 rukun Islam yang perlu dijalankan umat Islam!