Kenali Lebih Dalam Tentang Rukun Islam

Islam90 Dilihat

Kenali Tentang Rukun Islam – Apa yang anda ketahui tentang rukun Islam? Selain rukun iman, ada juga istilah rukun Islam yang bisa dilaksanakan oleh seluruh umat muslim. 5 pilar rukun Islam itu meliputi syahadat, shalat, ibadah, puasa, zakat, dan menunaikan haji bagi yang mampu. Namun anda perlu ingat bahwa rukun Islam sebaiknya tidak hanya diucapkan di bibir, melainkan perlu dilaksanakan.

Rukun Islam merupakan salah satu cara bagi umat muslim untuk menjalankan kepercayaannya dengan baik sesuai ketentuan Allah SWT. Berbeda halnya dengan rukun iman yang isinya mengenai kepercayaan dalam membangun pondasi agama. Sayangnya masih banyak umat Islam yang belum mengetahui secara detail tentang rukun dalam Islam. Apa sajakah itu?

Tentang Rukun Islam

Mengucapkan 2 Kalimat Syahadat

Rukun Islam yang pertama dan harus dijalankan oleh semua umat muslim yaitu mengucapkan 2 kalimat syahadat. Jika dilihat dari bahasanya sendiri, syahadat merupakan semacam persaksian yang di dalamnya mengandung makna tiada Tuhan selain Allah. Siapapun orang yang akan memeluk agama Islam, maka wajib untuk mengucapkan 2 kalimat syahadat tersebut.

Dalam 5 rukun Islam, pertama umat muslim juga diwajibkan untuk mengakui Nabi Muhammad SAW sebagai salah satu utusan Allah SWT dan menjadi nabi paling akhir. Memang ada 25 Nabi Rasul Allah sebagai utusan Allah, namun Anda harus percaya Nabi Muhammad SAW merupakan utusan Nabi yang paling akhir.

Menjalankan Shalat 5 Waktu

Sudah tahu tentang rukun Islam yang kedua? Sebagai umat Islam yang taat terhadap segala perintah Allah SWT, maka wajib menjalankan shalat 5 waktu setiap harinya. Shalat merupakan aktivitas yang diawali doa, mengucap takbiratul ihram kemudian baru diakhiri dengan salam. Shalat ternyata bisa menjadi penghubung antara manusia dengan penciptanya Allah SWT.

Baca Juga:  3 Bekal Menunaikan Rukun Islam Ke 5 Bagi Yang Mampu

Tentang Rukun Islam

Berpuasa Saat Bulan Ramadhan

Puasa artinya menahan segala hawa nafsu dari segala hal yang bisa membatalkan puasa mulai dari adzan shubuh hingga tenggelamnya matahari. Berpuasa pada saat Bulan Ramadhan adalah salah satu kesempatan untuk mengumpulkan pahala. Jadi tidak heran banyak umat Islam berbondong-bondong memperoleh amalan.

Menunaikan Zakat

Selain berpuasa, umat Islam juga dianjurkan untuk membayar zakat agar bisa diberikan kepada mereka yang tidak mampu. Ada beberapa istilah zakat dalam Islam meliputi zakat fitrah, zakat perdagangan, zakat mal, dan juga zakat penghasilan. Kalau zakat fitrah biasanya perlu dilakukan setelah umat Islam menjalankan ibadah puasa sampai menjelang shalat Idul Fitri.

Naik Haji Bila Mampu

Haji merupakan salah satu jenis ibadah yang bisa anda jalankan bila mampu. Jika ada orang yang memiliki kemampuan finansial mumpuni, maka sangat disarankan untuk menunaikan ibadah haji. Ibadah naik haji bisa menjadi tempat untuk bertukar ilmu, pandangan, dan memahami segala perbedaan yang ada antar umat. Manakah tentang rukun Islam yang sudah anda jalankan?