Kenali Makna Pentingnya Rukun Iman Dan Islam Bagi Umat Muslim

Islam168 Dilihat

Makna Pentingnya Rukun Iman Dan Islam – Memahami makna rukun Iman dan Islam sangat penting bagi setiap umat Muslim. Ini lantaran menjadi pedoman dalam menjalani kehidupan. Sebab tanpa meyakini kedua unsur penting yang menjadi fondasi dalam beragama Islam bagi setiap Muslim, maka akan sulit menerima kebenaran tentang ajaran yang disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW. Maka dari itulah, di artikel berikut akan dijelaskan secara detail terkait makna pentingnya rukun Iman dan juga rukun Islam bagi setiap Muslim agar Anda bisa lebih memahaminya.

Rukun Iman Dan Islam

Makna rukun Iman dan rukun Islam

Pada dasarnya, Iman berasal dari kata aamana atau amina yang berarti memberi rasa tenang dan mempercayai sesuatu sehingga dimaknai sebagai keyakinan. Sikap batin dan kepercayaan yang mampu menghubungkan manusia dengan Allah SWT. Rukun Iman terdiri dari Iman kepada Allah SWT, Iman kepada Malaikat, Iman kepada kitab – kitab Allah SWT, Iman kepada Nabi dan Rasul, Iman kepada hari kiamat dan Iman kepada Qada dan Qadar. Dalam hal ini, rukun Iman perlu diamalkan melalui keyakinan hati, lisan dan aktivitas sehari – hari. Bahkan Iman dalam diri manusia juga bisa bertambah maupun berukuran lantaran ketaatan dan kemaksiatan yang dilakukan.

Sementara itu, mengenai rukun Islam sendiri memiliki lima aspek dasar yakni membaca syahadat, menjalankan shalat, zakat, puasa dan rukun Islam yang ke lima sendiri yaitu haji bagi yang mampu. Bisa dikatakan bahwasanya rukun Islam merupakan landasan atau fondasi agar iman seorang Muslim. Sebagai fondasi dapat selalu terjaga dengan baik dalam menjalani kehidupan sosialnya. Terlebih lagi, ada syarat tertentu yang memang perlu dilakukan oleh setiap Muslim untuk menentukan apakah ia beriman ataupun tidak.

Baca Juga:  4 Tujuan Mengamalkan Zakat Rukun Islam Ke 4

Maka dari itulah, setiap orang yang beragama Islam di seluruh dunia diwajibkan untuk memahami dan melaksanakan syarat dan ketentuan tersebut. Adapun makan dari kedua rukun ini penting dipahami. Kemudian perlu diimplementasikan dalam kehidupan sehari – hari bagi setiap Muslim. Tujuannya yakni bukan tanpa alasan agar ketaatan dan ketaqwaan dalam beribadah bisa semakin meningkat sebagai bekal di akhirat kelak.

Rukun Iman Dan Islam

Alasan Mengapa Setiap Muslim Perlu Mengatahui

Jika ditanya mengenai apakah setiap Muslim perlu mengenal rukun Iman dan rukun Islam dalam kehidupanny? Maka jawabannya iya sangat perlu dan wajib untuk dilakukan. Alasannya yakni karena rukun Iman dan rukun Islam tersebut dikatakan sebagai pedoman penting bagi setiap umat Muslim. Terutama saat menjalankan ibadah kepada Allah SWT. Dimana dalam hal ini dikatakan, bahwa rukun Iman merupakan pedoman dalam menjalankan ibadah kepada Allah SWT. Sedangkan rukun Islam merupakan dasar atau fondasi bagi setiap Muslim.

Setelah mengenal lebih jelas terkait makna pentingnya rukun Iman dan Islam di atas, tentu saja bukan tanpa alasan lagi kenapa setiap Muslim perlu mengenal dan memahami kedua keduanya dalam menjalankan kehidupannya sehari – hari.