Ketahui Makna 6 Rukun Iman Lebih Lengkap

Islam137 Dilihat

6 Rukun Iman – Pengetahuan terkait rukun iman biasanya telah ditanamkan sedari kecil oleh orang tua. Maka, semua umat Islam pasti mengetahuinya. Namun, apakah Anda tahu setiap makna dalam 6 rukun iman tersebut? Untuk mengetahui maknanya, yuk simak ulasan berikut!

6 Rukun Iman

1. Iman Kepada Allah Swt

Bagian  6 rukun iman yang pertama yaitu iman kepada Allah Swt. Sebagai umat muslim, kita harus terlebih dahulu mengenal bahwa tiada Tuhan kecuali Allah.

Menurut Syaikh Muhammad bin Ibrahim bin Abdullah At Tuwaijiri, untuk mengimani tersebut bisa terwujud dalam empat perkara, yaitu iman terhadap keberadaan (wujud) Allah, iman bahwa Allah adalah Tuhan yang Tidak Ada Sekutu Bagi-Nya, beriman dengan Uluhiyyah Allah dan beriman dengan Asma’ (nama-nama) dan sifat-sifat Allah Swt.

2. Iman Kepada Malaikat

Rukun iman yang kedua adalah beriman kepada malaikat-malaikat utusan Allah Swt. Makna dari beriman kepada para malaikat ini berarti mengimani atau meyakini bahwa Allah Swt telah menciptakan para malaikat.

Allah telah menciptakannya dalam keadaan bukan laki-laki ataupun perempuan, tidak makan dan minum, tidak tidur, tidak menikah, tidak memiliki nafsu,  dan malaikat makhluk yang mulia.

Jumlah malaikat Allah tidak terhitung jumlahnya, namun ada 10 malaikat yang wajib diketahui oleh seorang muslim.

3. Iman Kepada Kitab-Kitab Allah

Bagian ketiga rukun iman ada iman kepada kitab-kitab Allah. Beriman di sini bermakna kita harus meyakini dan percaya bahwa Allah telah menurunkan wahyu berupa kitab suci melalui malaikat Jibril kepada para rasul untuk disampaikan kepada umatnya.

Baca Juga:  Tata Cara Sholat Dhuha Serta Segudang Manfaatnya

Jumlah kitab yang Allah Swt telah turunkan berjumlah empat kitab, yaitu al-Quran yang diturunkan untuk Nabi Muhammad SAW, Injil yang diturunkan untuk Nabi Isa, Taurat yang diturunkan untuk Nabi Musa dan Zabur yang diturunkan untuk Nabi Daud.

6 Rukun Iman

4. Iman Kepada Nabi dan Rasul Allah

Setiap muslim wajib meyakini para nabi dan rasul adalah utusan Allah untuk menyampaikan wahyu-Nya. Namun, seorang nabi belum tentu rasul, sedangkan seorang rasul sudah pasti ia seorang nabi.

Maka, jumlah keseluruhan nabi menurut satu riwayat adalah 124.000 Nabi dan para Rasul berjumlah 313 orang. Dari jumlah tersebut yang wajib kita ketahui hanya 25 saja.

5. Iman Kepada Hari Kiamat

Pada hari akhir nanti, seluruh alam semesta akan hancur dan tergantikan dengan kehidupan akhirat yang kekal. Peristiwa ini akan meluluh lantakkan semesta berserta isinya yang terjadi dalam dua fase, yaitu kiamat sugro (kecil) dan kiamat kubro (besar).

Kiamat sugro seperti tsunami, gempa bumi, gunung meletus, banjir. Sementara Kiamat kubro merupakan kiamat sesungguhnya, yaitu proses hancurnya alam semesta beserta seluruh penghuninya.

6. Iman Kepada Qadha dan Qodar

Sebagai seorang mukmin, kita harus mengakui dan meyakini setiap ketentuan yang terjadi di muka bumi ini atas izin Allah. Maka, Anda harus menerima dengan lapang dada semua ketentuan-Nya sesuai dengan makna iman kepada qadha dan qadar.

Itulah makna 6 rukun iman. Semoga dapat menambah wawasan kita semua.