Wajib Tahu Bacaan Wirid Salat Tahajud Lengkap

Islam97 Dilihat

Bacaan Wirid Salat Tahajud Lengkap – Meskipun salat tahajud termasuk amalan sunnah, salat malam ini sangat dianjurkan dalam Islam. Orang yang selalu melaksanakan salat tahajud akan mendatangkan banyak keutamaan dan manfaat. Setelah melaksanakan shalat tahajud, pastikan Anda membaca bacaan wirid sholat thajud agar ibadah Anda lebih maksimal. Lantas, apa sih bacaannya? Yuk, simak berikut ini:

Bacaan Wirid Salat Tahajud

Bacaan Wirid sholat Tahajud

Setelah melaksanakan shalat dianjurkan berwirid sesuai dengan sunnah Nabi Muhammad SAW. Berikut bacaannya:

  1. Bertasbih dengan mengucapkan “Subhanallah” yang memiliki arti Maha Suci Allah. Lakukan wirid ini sebanyak 100 kali.
  2. Membaca kalimat tahmid “Alhamdulillah” yang berarti segala puji bagi Allah, lakukan sebanyak 100 kali.
  3. Bertakbir dengan membaca “Allahu akbar” yang artinya Allah Maha Besar. Lakukan sebanyak 100 kali.
  4. Membaca bacaan istighfar pendek “Astagfirullah” yang berarti aku memohon ampun kepada Allah, sebanyak 100 kali.

Bacaan Wirid Salat Tahajud

Juga membaca istighfar panjang yaitu

  1. Membaca bacaan istighfar panjang “Astaghfirullah hal adzim aladzi laailaha illa huwal khayyul qoyyumu wa atuubu ilaihi”, yang memiliki arti aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung, tiada Tuhan selain-Nya Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat kepadaNya.
  2. Membaca doa wirid sesudah sholat tahajud. Berikut doanya:

Bacaan Wirid Salat Tahajud Lengkap

Manfaat Membaca Wirid Setelah Shalat Tahajud

Dzikir termasuk amalan yang dianjurkan untuk dilakukan setelah shalat, baik dalam shalat wajib maupun sunnah. Melakukan wirid akan memberikan Anda banyak manfaat sebagai berikut:

  1. Dilindungi oleh Allah SWT

Membaca dzikir setelah sholat tahajud dapat menjauhkan Anda dari berbagai keburukan dan bisa mendekatkan pada sesuatu yang baik. Ketika lisan rutin membaca wirid dengan mengagungkan Allah SWT, maka Allah SWT akan senantiasa menjaga orang tersebut dari kejadian buruk.

  1. Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT
Baca Juga:  Tata Cara Sholat Tahajud 4 Rakaat Dan Niatnya

Orang yang membiasakan selalu berdzikir akan ingat kepada Allah SWT, ingat pada kebesaran-kebesaran-Nya dan mengingat kematian yang bisa datang kapan saja. Maka, dzikir dapat mendekatkan kita kepada Allah Swt.

  1. Memberikan Ketenangan Hati dan Pikiran

Berdzikir menjadi amalan setelah sholat tahajud yang dapat mendatangkan ketenangan hati dan pikiran. Apalagi, shalat tahajud dapat mendamaikan hati dan pikiran yang gundah atau risau.

  1. Menghapus Dosa

Orang-orang yang membiasakan lisannya untuk berdzikir, menyebut asma Allah, memuji Allah dan mengingat Allah, maka Allah akan hapuskan dosa-dosanya. Bahkan, Allah juga akan menjaminkan keselamatan bagi orang tersebut.

  1. Membersihkan Hati

Hati dan pikiran manusia akan kotor jika hanya memikirkan kehidupan duniawi saja. Berbeda dengan mereka yang hari-harinya dipenuhi dengan mengingat Allah SWT. Karenanya, berdzikir dapat membersihkan hati dan pikiran dari hal-hal yang kotor dan buruk tersebut.

Itulah bacaan wirid sholat tahajud yang bisa Anda amalkan. Semoga bermanfaat.