Amalan Doa Kekayaan Nabi Sulaiman Dan Cara Mengamalkannya

Islam119 Dilihat

Amalan Doa Kekayaan Nabi Sulaiman – Disebutkan dalam Al Quran bahwa nabi Sulaiman as adalah nabi terkaya dengan kekayaan melimpah. Keturunan nabi Daud as ini pun memiliki istana megah berlapis emas permata. Allah SWT juga memberikan mukjizat kepada Sulaiman untuk bisa berbicara dengan binatang dan jin hingga keduanya tunduk kepadanya. Dalam setiap mukjizat yang diterimanya senantiasa ada amalan doa kekayaan nabi Sulaiman as yang tidak henti dipanjatkan.

Amalan Doa Kekayaan Nabi Sulaiman

Amalan Doa Kekayaan Nabi Sulaiman as

Nabi Sulaiman as mewarisi kerajaan dari ayahnya nabi Daud as saat usianya masih 13 tahun. Nabi Sulaiman merupakan penguasa yang sholeh, pintar, dan kaya raya. Setiap lawan ataupun kawan segan dan takut kepadanya. Meski demikian, Sulaiman juga menjadi pemimpin yang dicintai rakyatnya.

Meski sudah mewarisi kerajaan sang ayah, nabi Sulaiman senantiasa tetap berdoa kepada Allah SWT untuk dikarunai kekayaan. Adapun doa Sulaiman penarik rezeki yang senantiasa dipanjatkan berbunyi:

قَالَ رَبِّ ٱغْفِرْ لِى وَهَبْ لِى مُلْكًا لَّا يَنۢبَغِى لِأَحَدٍ مِّنۢ بَعْدِىٓ ۖ إِنَّكَ أَنتَ ٱلْوَهَّابُ

Artinya: “Dia berkata, ‘ya Rabbku, ampuni aku dan anugerahkan kepadaku kerajaan yang tidak mungkin dimiliki siapapun setelahku, sebenarnya Engkau Yang Maha Pemberi’.” (Q.S Shaad ayat 35)

Kekayaan yang dimiliki Sulaiman tidaklah untuk dinikmati sendiri. Nabi Sulaiman juga dikenal sebagai pemimpin yang dermawan. Sulaiman menggunakan kekayaannya untuk berdakwah dan memberikan kepada yang lainnya yang membutuhkan.

Untuk setiap kemudahan dan kekayaan yang dimilikinya nabi Sulaiman as tahu benar itu semua dari Allah SWT. Karenanya nabi Sulaiman juga selalu memohon agar dapat mensyukuri nikmat yang didapatkan.

Baca Juga:  Ketahui 5 Doa Nabi Sulaiman Pembuka Rezeki Usaha

فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّن قَوْلِهَا وَقَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِىٓ أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ ٱلَّتِىٓ أَنْعَمْتَ عَلَىَّ وَعَلَىٰ وَٰلِدَىَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَٰلِحًا تَرْضَىٰهُ وَأَدْخِلْنِى بِرَحْمَتِكَ فِى عِبَادِكَ ٱلصَّٰلِحِينَ

Artinya:  “Maka dia tersenyum dengan tertawa saat mendengar perkataan semut itu. Dan dia berdoa, ‘ya Rabbku berilah aku ilham untuk senantiasa bersyukur atas nikmat-Mu yang dianugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan untuk mengerjakan amas sholeh yang Engkau ridhoi, dan masukkanlah aku ke dalam golongan hamba-Mu yang sholeh dengan rahmat-Mu.” (Q.S An-Naml ayat 19).

Amalan Doa Kekayaan Nabi Sulaiman

Cara Pengamalan Doa Kekayaan Sulaiman

Amalan doa kekayaan nabi Sulaiman as dapat Anda baca setiap hari dan terutama di saat Anda membutuhkan doa tersebut. Amalan doa memang baiknya tidak putus dipanjatkan terlebih Allah SWT adalah sebaik-baiknya pendengar.

Dalam hal ini ada beberapa ibadah yang bisa dijadikan bagian dari cara pengamalan doa nabi Sulaiman diantaranya:

  • Minta dan berdoa dengan hati yang tulus, khusyuk, ikhlas, dan sebaiknya senantiasa menjaga wudhu.
  • Membaca doa Sulaiman setiap hari selesai melakukan sholat wajib maupun sholat sunnah.
  • Setiap selesai shalat mengulang doa Sulaiman sebanyak 3x.
  • Diiringi membaca bacan tasbih.
  • Dibarengi dengan membaca 3x Al-Fatihah.
  • Dibarengi dengan membaca masing-masin 1x surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas.
  • Selalu istiqomah dalam melantunkan bacaan doa yang dicontohkan nabi Sulaiman as.

Membaca amalan doa kekayaan nabi Sulaiman as yang dibarengi dengan ibadah lainnya akan dikabulkan oleh Allah SWT. Adapun sebagai seorang hamba sudah menjadi tugasnya untuk beribadah, berusaha, dan berdoa. Karena setiap hal yang terjadi pada diri seorang umat adalah atas izin Allah SWT.