Mengetahui Urutan Rukun Islam Yang Wajib Untuk Diamalkan

Islam106 Dilihat

Urutan Rukun Islam Yang Wajib Diamalkan – Urutan rukun Islam wajib untuk diketahui dan diamalkan oleh para muslim. Seperti yang banyak diketahui, rukun ini merupakan beberapa pokok ajaran dalam Agama Islam dan dianggap sebagai perintah utama dari Allah kepada para pemeluk agama Islam.

Karena itu, merupakan hal wajib para muslimin mengetahui urutan dari rukun islam ini. Selain itu, mengetahui bagaimana cara mengamalkannya sesuai urutannya tersebut dan makna dari mengerjakan perintah utama ini.

Dua Kalimat Syahadat

Dua kalimat syahadat bisa dikatakan sebagai kalimat pernyataan dan kesaksian dari umat muslim. Bukan hanya sekedar kalimat, dua kalimat syahadat merupakan pernyataan yang mengandung makna tidak ada tuhan lain di dunia ini selain Allah SWT.

Selain itu, di dalamnya terdapat pengakuan bahwa Nabi Muhammad SAW merupakan rasul Allah dan merupakan nabi terakhir. Dengan membaca kalimat dengan sungguh-sungguh, maka seseorang akan masuk ke Agama Islam dan mendapatkan kewajiban untuk melaksanakan rukun selanjutnya.

Shalat 5 Waktu Sebagai Ibadah

Urutan rukun islam berikutnya adalah melaksanakan shalat 5 waktu setiap hari dan secara tepat waktu. Shalat bukan hanya sekedar kewajiban yang harus dilakukan oleh para muslim. Namun, sudah menjadi cara manusia untuk berkomunikasi pada Allah SWT.

Shalat ini dilakukan 5 waktu dalam sehari. Dimulai di dini hari dengan Shalat Subuh, kemudian pada siang hari Shalat Dzuhur dan Shalat Ashar. Kemudian, pada petang dan malam hari yaitu Shalat Maghrib dan Shalat Isya.

Puasa di Bulan Ramadhan

Rukun Islam berikutnya adalah menjalankan puasa di sepanjang Bulan Ramadhan. Pada bulan ini, para umat muslim harus menahan lapar dari terbitnya matahari sampai dengan terbenamnya matahari.

Baca Juga:  Tips Sederhana Mengenalkan Rukun Iman Dan Islam Kepada Anak

Tidak hanya sekedar berpuasa saja, Ramadhan sebagai salah satu bulan yang paling suci. Merupakan kesempatan besar bagi para umat muslim untuk mengumpulkan sebanyak-banyaknya pahala.

Urutan Rukun Islam

Membayar Kewajiban Zakat

Rukun Islam yang ke 4 adalah membayar kewajiban Zakat sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Al Quran. Zakat memiliki tujuan agar umat muslim saling membantu pada umat muslim lain yang kekurangan secara ekonomi.

Ada beberapa jenis zakat yang harus dipenuhi umat muslim. Zakat yang paling wajib adalah saat Bulan Ramadhan yaitu zakat fitrah. Kemudian, ada pula zakat mal yang bebas diberikan kapanpun oleh umat muslim.

Urutan Rukun Islam

Naik Haji Jika Sudah Mampu

Naik haji merupakan ibadah yang wajib bagi umat muslim yang sudah memiliki kecukupan finansial. Karena memang untuk pergi ke Mekkah dan menunaikan ibadah haji diperlukan biaya yang besar.

Para umat muslim berdoa dan datang langsung ke Masjidil Haram. Pada ibadah ini segala aspek ibadah terkumpul menjadi satu.

Itulah urutan rukun Islam yang harus diamalkan dan diketahui oleh para umat muslim. Rukun-rukun di atas merupakan pilar yang harus dikerjakan dan ditegakkan oleh setiap umat muslim.