Tips Sederhana Mengenalkan Rukun Iman Dan Islam Kepada Anak

Islam110 Dilihat

Memperkenalkan Rukun Iman Dan Islam kepada Anak – Pastinya sejak duduk di bangku sekolah, anda sudah diajarkan tentang pendidikan Agama termasuk di dalamnya mengenai rukun iman dan Islam. Berperan sebagai pilar syariat Islam, dua rukun di atas tentunya wajib sekali untuk dipahami dan dipercaya semua umat Muslim.

Bukan hanya ditanamkan di dalam diri sendiri saja, namun juga ada kewajiban bagi orang tua menanamkannya kepada sang anak. Pengenalan tentang rukun iman dan rukun Islam yang baik kepada anak membuatnya agar mempunyai prinsip hidup kuat dan teguh. Inilah beberapa tips dasar untuk mengenalkannya kepada anak.

Rukun Iman Dan Islam

1. Lewat Lagu-Lagu Islami

Tips yang juga banyak dilakukan orang tua terhadap anaknya untuk mengenalkan rukun iman serta Islam yaitu dengan melalui lagu yang Islami. Sekarang ada banyak media yang menghadirkan lagu-lagu Islami, misalnya di platform Youtube. Biasanya anak akan lebih mudah mengingat secara visual maupun audio. Anda juga bisa memakai perangkat elektronik lain selain Youtube.

2. Mengenalkan Ibadah Wajib

Dalam mengenalkan rukun iman dan Islam, yakni sebelum mengenalkannya ibadah wajib, pastikan menanamkannya terlebih dahulu bacaan kalimat syahadat. Tak hanya mengajak untuk menjalankan ibadah, namun juga harus tunjukkan arti penting mengapa ia harus melakukannya. Selain itu juga jangan hanya sebaiknya ajak ia menunaikannya bersama-sama, misal dengan temannya, saudara, atau orang tuanya.

3. Belikan Buku Islami

Beri ia buku bacaan Islami yang menyenangkan dan penuh gambar daripada tulisannya. Visualisasi jadi daya tarik untuk anak-anak, sehingga ia juga semangat membacanya. Kegiatan membaca akan membuka lebih luas wawasannya tentang apa yang dibahas.

Baca Juga:  5 Rukun Islam: Pengertian Dan Bentuk Pengamalannya

Rukun Iman Dan Islam

4. Ajak ke Majelis

Walaupun bagi anak-anak ini membosankan, tetapi tak ada salahnya juga anda sebagai orang tua mencoba hal ini. Tunjukkan apa poin menarik kegiatan tersebut kepadanya. Anda juga harus mengetahui cara yang jitu dan jangan biasakan memakai iming-iming ini itu.

5. Ajarkan Sabar dan Tak Mengeluh

Tips terakhir namun tak kalah pentingnya adalah dengan mengajarkannya arti sabar dan tak mengeluh, terutama saat terkena musibah. Itu adalah momen yang menyedihkan dan dapat mengurangi semangat. Perkenalkan ke anak tentang takdir Allah SWT agar jiwa kuatnya dan mentalnya terbangun.

Menanamkan pemahaman tentang apa sebenarnya yang dimaksud Qada dan Qadar kepada anak-anak adalah sebuah keharusan. Dalam hal tersebut, lebih baik langsung ke contoh menerapkannya, karena logika anak-anak masih perlu diluruskan. Sebaiknya juga anak-anak dipenuhi dengan lingkungan yang Islami dan positif. Misalnya dengan menyekolahkannya di instansi berbasis Islam.

Lingkungan jadi salah satu faktor penentu terkait dengan bagaimana anak menjalankan kegiatannya sehari-hari. Orang tua juga bisa melakukan tips tadi dengan cara tersendiri agar anak-anak bisa menerima dengan baik. Itulah 5 tips memperkenalkan rukun iman dan Islam kepada anak-anak, mulai dari lagu-lagu atau video Islami, sampai dengan mengajarkannya agar tak mengeluh di situasi yang sulit.