Bacaan Doa Nabi Sulaiman Yang Kaya Raya Dan Dianugerahi Kekuasaan

Islam113 Dilihat

Bacaan Doa Nabi Sulaiman Yang Kaya Raya – Allah SWT menganugerahkan kekayaan dan kekuasaan kepada nabi Sulaiman as setelah ia berdoa. Kekayaan yang dimiliki konon menjadikan nabi Sulaiman as sebagai orang terkaya di jagat raya ini. Anugerah tersebut nyatanya menjadikan nabi Sulaiman as sebagai sosok yang semakin bertakwa. Kira-kira bagaimana doa nabi Sulaiman yang kaya raya?

Doa Nabi Sulaiman Yang Kaya Raya

Dalil tentang Kekayaan dan Kekuasaan Nabi Sulaiman as

Begitu mudah bagi Allah SWT untuk memberikan kekayaan kepada siapa saja yang dikehendaki-Nya. Allah SWT telah memberikan contoh nyata nabi Sulaiman as sebagai sosok yang kaya raya tanpa tandingan. Nabi Sulaiman as selalu bersyukur atas berkah kekayaan yang dimiliki.

Disebutkan dalam Q.S An-Naml ayat 17 bahwa kekuasaan nabi Sulaiman as meliputi tentara yang terdiri dari jin, manusia, dan juga burung.

وَحُشِرَ لِسُلَيْمَٰنَ جُنُودُهُۥ مِنَ ٱلْجِنِّ وَٱلْإِنسِ وَٱلطَّيْرِ فَهُمْ يُوزَعُونَ

Artinya: ”Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia, dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib.”

Doa Nabi Sulaiman Yang Kaya Raya

Doa Nabi Sulaiman Memohon Kekayaan dan Kekuasaan

Nabi Sulaiman as memanjatkan doa agar Allah SWT berkenan memberikan mukjizat dan kekayaan melimpah. Doa nabi Sulaiman as ini dipanjatkan setelah dia menerima ujian dari Allah SWT. Sungguh tidak ada maksud apapun nabi Sulaiman as memohon kekayaan dan kekuasaan selain untuk kemudahan dalam berdakwah.

Disebutkan kekayaan dan kekuasaan nabi Sulaiman as pernah membuatnya lalai. Pesona kuda-kuda yang dimilikinya membuat terlena hingga nabi Sulaiman melewatkan berdzikir di waktu Ashar. Kemudian Allah SWT memberikan ujian kepadanya berupa sakit keras yang kemudian menghilangkan kekuatannya.

Baca Juga:  Doa Mandi Wajib Setelah Berhubungan Suami Istri Yang Perlu Anda Tahu

Setelah ujian inilah nabi Sulaiman memanjatkan doa yang kemudian disebut sebagai doa nabi Sulaiman yang kaya raya. Doa tersebut berbunyi:

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَهَبْ لِي مُلْكًا لَا يَنْبَغِي لِأَحَدٍ مِنْ بَعْدِي إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

Artinya: “Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkan kepadaku kerajaan yang tidak patut dimiliki oleh seseorang pun setelah aku. Benar-benar Engkau Yang Maha Pemberi.”

Amalan doa kekayaan nabi Sulaiman di atas sebenarnya merupakan bentuk kekhawatiran nabi Sulaiman as akan umat setelahnya. Nabi Sulaiman as khawatir umatnya juga bisa lalai bahkan jauh lebih lalai jika dianugerahi kekayaan melimpah seperti yang Allah SWT anugerahkan kepadanya. Karenanya doa di atas sebenarnya bentuk mukjizat dari Allah SWT yang tentunya bukan termasuk doa yang bisa ditiru orang lain.

Disebutkan kekayaan nabi Sulaiman as begitu melimpah. Akan tetapi, kekayaan dan kekuasaan nabi Sulaiman as tidak ada tandingannya dibanding dengan kekuasaan Allah SWT. Hal inilah yang senantiasa menjadi pengingat nabi Sulaiman as agar bisa selalu rendah hati. Demikian sepenggal kisah dan doa nabi Sulaiman yang kaya raya, semoga dapat diambil hikmah bahwa pemilik segala kekayaan dan kekuasaan adalah Allah SWT.