Tata Cara Shalat Dhuha 4 Rakaat 1 Salam, Silakan Dicoba

Islam84 Dilihat

Tata Cara Shalat Dhuha 4 Rakaat 1 Salam – Dalam agama Islam, selain shalat wajib, ada juga shalat sunnah yang bisa menambah kebaikan bagi yang mengerjakannya. Salah satu yang termasuk dalam shalat sunnah tersebut adalah Shalat Dhuha. Pada umumnya, kebanyakan orang akan melaksanakan shalat Dhuha dengan dua rakaat saja. Tetapi ada juga yang melakukannya dalam 4 rakaat, baik dalam 1 salam maupun dua salam.Kali ini, Kami akan ajak Anda untuk mengenal bagaimana tata cara shalat dhuha 4 rakaat dalam 1 salam.

Tata Cara Shalat Dhuha 4 Rakaat

Niat Shalat Dhuha 4 Rakaat 1 Salam

Hal pertama yang perlu Anda ketahui ketika hendak melakukan shalat dhuha dengan empat rakaat adalah bacaan niat shalat Dhuha. Sebab, niat untuk melaksanakan shalat, baik wajib ataupun sunah bisa berbeda tergantung dengan jenis shalat dan jumlah rakaat yang akan dijalankan.

Karena itulah, jangan sampai lupa untuk membaca niat yang sesuai dengan jumlah rakaat yang Anda akan lakukan.

Tata Cara Shalat Dhuha 4 Rakaat dengan 1 Salam

Setelah niat, selanjutnya Kami akan berikan informasi tentang tata cara shalat Dhuha 4 rakaat dalam 1 salam.

Pertama, adalah membaca niat terlebih dahulu. Jangan lupa sesuaikan dengan jumlah rakaatnya. Selanjutnya, tidak memiliki perbedaan dengan shalat pada umumnya yaitu Takbiratul Ihram serta membaca surat Al-Fatihah.

Setelah surat Al-Fatihah, maka waktunya untuk membaca surat pendek. Ketika melakukan shalat Dhuha, Anda disarankan untuk membaca surat Ad-Dhuha pada rakaat pertama dan untuk rakaat kedua, surat yang disarankan adalah As-Syams.

Gerakan selanjutnya, tidak beda dengan shalat pada umumnya yaitu melakukan rukuk, I’tidal dan sujud dengan tuma’ninah.

Baca Juga:  Hak Asasi Manusia Dalam Islam: Antara Teori Dan Praktik

Setelah sujud, Anda akan melakukan duduk diantara dua sujud dan kembali sujud dengan tuma’ninah.

Sesudahnya, Anda hanya perlu mengulangi gerakan yang sama hingga mencapai empat rakaat.  Kemudian, lakukan posisi Tasyahud akhir dengan tuma’ninah dan salam.

Setelahnya, Anda bisa membaca doa setelah shalat Dhuha.

Tata Cara Shalat Dhuha 4 Rakaat

Apa Manfaat Melakukan Shalat Dhuha?

Anda sudah mendapatkan informasi tentang tata cara shalat dhuha yang dilakukan dengan 4 rakaat. Selanjutnya, Anda tentu ingin tahu apa manfaat yang akan Anda rasakan dengan melakukannya bukan?

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari melakukan shalat Dhuha 4 rakaat

  • Di Surga kelak, akan dibangunkan sebuah rumah
  • Mendapatkan pahala yang setara dengan pahala orang yang melaksanakan ibadah Haji dan Umrah
  • Masuk ke dalam golongan Shalat Awwabin atau golongan salat orang=orang yang taat.
  • Rezeki yang Selalu Dicukupkan
  • Menjadi bagian dari sedekah

Sampai disini dulu informasi yang dapat kami berikan tentang tata cara sholat Dhuha 4 rakaat serta manfaat yang bisa Anda peroleh dengan mengerjakannya. Semoga selain menambah wawasan, informasi ini juga bisa menambah semangat Anda untuk beribadah.