Cara Simpel Tuntunan Sholat Dhuha

Islam95 Dilihat

Cara Simpel Tuntunan Sholat Dhuha – Melaksanakan sholat Dhuha itu hukumnya sunah yang artinya jika dilakukan akan mendapat pahala dan jika tidak dilakukan tidak apa-apa. Dengan melakukan sholat Dhuha akan menambah pahala ibadah Anda, selain itu Anda juga dapat menutupi kekurangan atau dosa yang telah Anda lakukan dengan berbagai amalan sunnah. Lalu bagaimana tuntunan sholat Dhuha? Simak artikel berikut ini.

Tuntunan Sholat Dhuha

Tuntunan Sholat Dhuha

Sholat Dhuha biasa dikerjakan pada waktu pagi hari pada saat matahari naik dengan ukuran sekitar 7 hasta sejak terbit hingga masuknya sholat dhuhur. Pelaksanaan sholat Dhuha dapat Anda lakukan minimal 2 rakaat, untuk batas maksimal tidak ada ketentuan khusus. Jadi Anda dapat melakukan ibadah sholat Dhuha ini tanpa mengganggu kegiatan Anda. Untuk melaksanakan sholat sunah ini  ada tuntunan sholat dhuha yang harus Anda ketahui agar ibadah Anda diterima oleh Allah SWT.

Tuntunan Sholat Dhuha

Tata Cara sholat Dhuha

Berikut adalah tata cara sholat Dhuha yang harus Anda tahu sebelum melakukannya. Dibawah ini adalah caranya yaitu:

  1. Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu bersuci mengambil air wudhu terlebih dahulu sebelum melakukan sholat sunah.
  2. Setelah itu Anda dapat melakukan sholat dhuha dengan membaca doa iftitah lalu bisa di sambung dengan bacaan surat al-fatihah serta surat pendek yang ada pada Al-Qur’an, namun akan lebih baik jika pada rakaat pertama Anda membaca surat Asy-Syam serta pada rakaat kedua surat Al-lail.
  3. Jika sudah selesai maka Anda dapat melakukan ruku dengan membaca ruku’ dan tasbih sebanyak 3 kali
  4. Selanjutnya yaitu iktidal. Ketika melakukan gerakan ini Anda dapat membacanya sesuai dengan bacaan pada sholat fardhu.
  5. Gerakan selanjutnya Anda dapat duduk pada  dua sujud pertama dan membaca bacaan yang ada.
  6. Gerakan selanjutnya Anda dapat melakukan sujud yang kedua kalinya dengan membaca bacaan tasbih sebanyak 3 kali.
Baca Juga:  Mari Mengenal Arsitektur Islam: Keindahan Masjid Dan Bangunan Bersejarah

Tuntunan tersebut dapat Anda lakukan ketika sholat Dhuha. Jika melaksanakan sholat sunah sebenarnya bacaannya sama dengan shalat fardhu hanya berbeda  pada bagian niat. Umat Islam dapat melakukan sholat sunah ini sekitar 4 rakaat dan boleh lebih.pada tata cara pelaksanaan shalat sunnah ini pada rakaat selanjutnya dapat dilakukan sama dengan rakaat pertama.

Ada berbagai manfaat yang akan Anda dapatkan jika melakukan sholat Dhuha salah satunya yaitu rezeki Anda akan selalu dicukupkan oleh Allah SWT, sebagai jembatan untuk pengampunan dosa dan  Anda akan mendapat pahala haji dan umrah. Selain keutamaan tersebut melaksanakan sholat Dhuha dengan rutin akan berdampak baik bagi kesehatan Anda lho. Karena terdapat gerakan yang memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan otot Anda agar tetap sehat.

Hal diatas adalah berbagai tuntunan sholat Dhuha yang dapat menjadi referensi bagi Anda sebelum melaksanakan sholat sunah. Menarik bukan?